Profile
Hamil

Apakah saya hamil,setelah telat haid selama 1minggu 2hari

Apakah saya hamil,setelah telat haid selama 1minggu 2hari
Kalimantan Timur

Sore Dokter, Dok saya belum pernah hamil,2tahun yang lalu saya pernah menggunakan KB suntik yang 1 bulan selama 6bulan lalu saya berhenti sampai sekarang, dan saya mempunyai riwayat haid yang kadang tepat waktu,kadang cepat dan telat 1 hari saja. Nah sekarang saya udah telat haid selama 1 minggu 2hari, haid terakhir saya adalah 11Januari 2013,lalu saya tes pack hasilnya negativ,lalu saya kebidan, bidan tsb bilang kehamilan saya blum jelas, tapi blum bisa di katakan belum hamil, dan saya di beri vitamin,entah apa namanya,berwarna orange. lalu saya ke SPoG untuk memastikan, dan di sana saya di USG, Dr tsb bilang di kantung rahim saya masih kosong, tetapi di luar itu ada darah yang menggumpal,katanya darah haid yang belum keluar. dan saya di kasih obat namanya "MEDIOL" Pertanyaan saya : 1. Apakah saya memang hanya telat haid, dan tidak hamil? 2. Apakah aman saya mengkonsumsi Obat mediol tersebut? Jika Boleh, apakah saya boleh minum bersama Vitamin yang di kasih bidan dok? 3. Apakah ada cara agar saya bisa hamil? 4. Apakah ada efek dari KB tsb dok?? dan adakah kesempatan saya untuk mempunyai baby. terimkasih banyak untuk tanggapannya dokter

Answers

13 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Ibu, telat haid belum tentu hamil, dapat saja karena ada gangguan haid, apalagi riwayat Ibu dengan siklus tidak teratur. Ibu coba ulangi test pack 1-2 minggu kedepan; bila hasil negatif, berarti belum hamil.

    Aman.

    Bila usia pernikahan sudah lebih dari 1 tahun tanpa KB belum hamil, dikatakan tidak subur. Coba Ibu dan suami memeriksakan ke dokter kandungan; suami melakukan pemeriksaan sperma.

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Ibu, telat haid belum tentu hamil, dapat saja karena ada gangguan haid, apalagi riwayat Ibu dengan siklus tidak teratur. Ibu coba ulangi test pack 1-2 minggu kedepan; bila hasil negatif, berarti belum hamil.

    Aman.

    Bila usia pernikahan sudah lebih dari 1 tahun tanpa KB belum hamil, dikatakan tidak subur. Coba Ibu dan suami memeriksakan ke dokter kandungan; suami melakukan pemeriksaan sperma.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Memang ibu belum hamil kalau test packnya negatif. Mediol saya tdk tahu isinya. Saran saya ibu bisa tunggu haidnya sampai 2 minggu tanpa obat. Vitamin boleh diminum. Bila 2 minggu blm haid, kontrol ke dokter. Tdk ada hubungan sulit hamil dg KB yg dulu

  • Dear
    Dr. Alan & Dr.Didi

    Apakah ada penyebabnya mens tidak teratur dok?? apakah itu dari makanan atau rutinitas sehari2??
    Lalu ada apa tidak istilah dari peranakan kering (Rahim kering) yang di sebabkan KB sebelum mempunyai anak dok???

    Terimakasih banyak dok tanggapannya.

  • dok saya haid bln kemarin tgl 28-7-2013, bulan sekarang sekarang saya belum haid dan masa siklus saya 34hari, saya fikir saya tidak hamil karena bln kemarin tgl 28 baru haid dan mungkin bln ini saya hain akan mundur 4-5 hari, tapi dalam 3 minggu terakhir ini saya merasa payudara saya penuh, sering kencing-kencing, mual dan di vagina dalam saya merasa nyeri, saya beranikan beli test pack dan hasil nya 2 garis tapi yang 1 garis berwarna merah dan satunya pink... 3 kali saya test pack hasilnya sama... td saya ke dokter spog dan usg tapi masalahnya td saya lupa tidak bilang saya apakah hamil tp cm tanya masalah haid, hasil usg tidak ada jawaban kalau saya hamil...?? cuma bilang rahim saya normal. saya harus bagaimana dok..?? apakah saya benar-benar hamil... tp usg dokter tidak bilang apa-apa...? makasih banyak tanggapan dari dokter

  • haloo dok saya mau tnya... saya haid terkhri tgl 1 agust, tp sampai skrng ga haid, knp yah? sya cek garis cuma 1.. knp yah dok tq

  • Dok saya mau nanya, saya sudah tidak mens sebulan ini. Tapi saya sering merasakan mual2 yg hebat, buang air kencing terus menerus, sakit pada payudara & vagina. Tp 2 minggu kmrin saya cek k dokter, dokter blg rahim saya membengkak. Apakah saya hamil. Atau tidak ya? Trimakasih

  • User

    Numpang tanya dok...
    Umur saya 38, suami 43.
    Nikah sudah 2 th.
    Haid saya teratur, siklus 26 hari.
    Klo pun meleset perhitungan paling 1 / 2 hari.
    Bulan april haid saya tgl 2 dan 27.
    Klo perhitungannya tgl 22 mei ini saya haid.
    Tapi sudah 7 hari ini gak datang.
    Waktu telat 3 hari saya TP, tapi negatif.
    Tanya2 ke temen katanya klo baru2 telat emang gak kliatan di TP.
    Mesti tgg 1 mgg lebih.
    Rencana mgg depan mau periksa ke dokter.
    Menurut dokter gimana yaa...
    Terimakasih...

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang, Nelly Purnama sari.

    saat ini Anda mengalami gangguan siklus haid haid yang datang tidak teratur atau haid yang sedikit sekali, dalam dunia medis disebut oligomenore. Siklus haid normal yaitu 28 hari dengan periode 5-7 hari. Tetapi pada umumnya tidak semua wanita mengalami menstruasi yang sama karena siklus menstruasi dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi, stress, gaya hidup, dll.

    Oligomenore ini merupakan salah satu dari ganggguan haid. Gangguan haid merupakan perdarahan haid yang tidak normal dalam hal panjang siklus haid, lama haid, dan jumlah darah haid. Gangguan pada haid bermacam-macam yaitu :

    • Amenorrhoea dan Oligomenorrhea : tidak ada atau sedikit darah yang dikeluarkan selama menstruasi terjadi

    • Menorrhagia perdarahan haid yang lebih banyak dari normal (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari)

    • Metrorrhagia ; perdarahan rahim di luar waktu haid.
    Penyebab dari gangguan biasanya disebabkan oleh beberapa tahun menjelang menopause, gangguan indung telur, stress dan depresi, penurunan berat badan berlebihan, sakit kronis, obesitas, olahraga berlebihan seperti atlit serta penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan, aspirin dll. Gangguan haid seperti ini biasanya bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya.

    Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat mengatasi bagaimana agar tidak terjadi gangguan haid:
    1. Konsumsi makanan yang sehat
    2. Menjaga berat badan Anda
    3. Berolahraga
    4. Menghindari dan mengendalikan stress dengan baik
    Namun jika berlangsug terus-menerus sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter Kandungan.

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang, haradityas wurindri

    keakuratan tes kehamilan terutama dengan test pack bisa mencapai 99% jika dilakukan kira2 7-12 hari setelah berhubungan intim pada masa subur. Dan hasil ini dipengaruhi oleh kadar HCG dalam urin.

    Untuk lebih memastikan, anda bisa melakukan pengecekkan kadar hcg dalam darah pada dokter kandungan atau laboratorium, namun tanda pasti kehamilan hanya dapat dipastikan jika sudah terlihat kantung kehamilan dan janin.

    Kehamilan terjadi apabila sel telur (ovum) yang telah matang dibuahi oleh sel sperma dan hal tersebut hanya mungkin terjadi melalui penetrasi seksual. Mungkin saja yang anda alami merupakan suatu tanda premenstrual syndrome/PMS. Pada dasarnya, baik pada menstruasi ataupun kehamilan sama-sama terjadi peningkatan hormon terutama estrogen dan progesteron. Jadi tidak heran jika kedua kondisi tersebut memiliki tanda yang hampir serupa.

    Tanda pasti yang membedakan kedua kondisi tersebut adalah hasil yang positif (+) pada test pack saat terjadi kehamilan serta terdapat gambaran janin pada pemeriksaan USG.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang, wuri vita

    Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh wanita yang terjadi sebagai bentuk persiapan tubuh terhadap kehamilan. Sekitar sebulan sekali, tumbuh lapisan baru (endometrium) pada rahim untuk dibuahi sel telur.

    Ketika tidak ada sel telur yang dibuahi, lapisan rahim tersebut akan luruh. Inilah yang disebut dengan menstruasi. Umumnya, siklus menstruasi terjadi dalam rentang waktu 28 hari, tapi ada juga orang yang mengalami rentang siklus menstruasi selama 21 hari.

    Penyebab Siklus Menstruasi tidak teratur biasanya karena:

    Stres
    Saat stres, tubuh akan menurunkan jumlah hormon gonadotropin-releasing hormone agonist (GnRH) yang bisa menyebabkan terlambat haid. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan solusi mengatasi stres agar menstruasi kembali teratur.

    Sakit
    Penyakit adalah penyebab terlambat haid. Anda tidak perlu khawatir karena hal ini biasanya bersifat sementara saja dan siklus menstruasi akan kembali normal saat Anda sembuh. Namun, jika menstruasi tetap tidak teratur padahal Anda sehat, segera hubungi dokter.

    berikut artikel yang berhubungan dengan keluhan anda.
    http://meetdoctor.com/article/alasan-absen-haid

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang, Rizki Febiyanti

    Beberapa gejala atau tanda kehamilan yang umum dijumpai adalah:

    1. Payudara yang membesar dan (kadang) nyeri. Anda merasakannya seperti saat mendekati menstruasi. Payudara Anda menjadi lebih besar, kadang nyeri jika disentuh. Beberapa wanita bahkan bisa merasakan perbedaannya beberapa hari setelah terjadinya pembuahan.

    2. Mudah lelah. Anda tiba-tiba jadi malas melakukan kegiatan biasanya, ingin tidur seharian, seperti kehabisan tenaga. Jangan coba melawannya, tenang saja, dan biarkan berjalan apa adanya sampai anda membuktikannya nanti.

    3. Mual dan Muntah. Gejala ini identik dengan kehamilan. Perubahan hormon (peningkatan hCG) akan menyebabkan wanita hamil merasa mual dan muntah di pagi hari -dan bahkan di siang dan malam hari. Jika Anda benar-benar positif hamil, tenang saja karena biasanya gejala ini hanya berlangsung di trimester 1.

    4. Penciuman lebih sensitif. Kadang ketika Anda merasa bahwa penciuman menjadi lebih tajam dari biasanya, bisa jadi Anda sedang “mencium” gejala kehamilan. Hal ini mungkin disebabkan karena perubahan hormonal dalam tubuh anda.

    5. Sering Kencing. Perubahan hormon bertanggung jawab penuh atas peningkatan aliran darah, dan juga frekuensi kencing Anda.

    6. Perut kembung. Jika belakangan anda sering merasa perut anda kembung (bloated), bisa jadi perubahan hormon akibat kehamilan adalah penyebabnya.

    7. Tidak haid. Walaupun tidak selalu berarti suatu kehamilan, tapi tidak munculnya haid bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda hamil. Sangat disarankan bagi wanita untuk rajin mencatat tanggal siklus haid mereka.

    8.Kenaikan suhu tubuh. Jika Anda teliti, suhu basal anda (suhu ketika anda baru bangun tidur di pagi hari) akan meningkat hingga 1 derajat semenjak terjadinya konsepsi, dan ini bisa berlangsung terus jika anda memang hamil.

    9. Spotting. Jika Anda sedang mengharapkan kehamilan, dan kalender sudah menunjukkan anda terlambat haid, jangan keburu panik ketika mendapati bercak darah (spotting). Itu bisa saja akibat penempelan embrio pada dinding rahim, dan itu hal yang normal. Yang perlu Anda lakukan adalah beristirahat, dan mungkin berkonsultasi dengan dokter Anda.

    10. Kram ringan. Kram ringan juga dapat dijumpai pada beberapa wanita hamil dan diduga berkaitan dengan proses implantaasi yang sedang terjadi.

    Semua kondisi di atas, sayangnya, tidak selalu merujuk kepada tanda-tanda kehamilan, melainkan juga dapat menjadi tanda adanya penyakit. untuk mengetahui bahwa anda sedang hamil atau tidak sebaiknya terlebih dahulu melakukan test pack karena keakuratan tes kehamilan terutama dengan test pack bisa mencapai 99% jika dilakukan kira2 7-12 hari setelah berhubungan intim pada masa subur.

    Untuk informasi lebih lengkap, dapat Anda simak pada link berikut : http://meetdoctor.com/mobile/article/mengenali-gejala-hamil#/page/1

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Terlambat haid atau menstruasi tidak selalu berkaitan dengan kehamilan.

    Telatnya menstruasi dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena kelelahan atau banyaknya aktivitas, stres, kurang istirahat, pola hidup tak teratur, pola makan tak sehat yang bisa mempengaruhi hormon, dan sebagainya.

    Namun jika siklus menstruasi Anda memang tidak teratur, maka bukan hal yang aneh jika saat ini Anda mengalami keterlambatan haid.

    Siklus menstruasi dikatakan normal jika berada pada rentan 21-35 hari dengan lama sekitar 3-7 hari. Siklus haid yang di bawah maupun lebih dari 35 hari, dapat dikatakan siklus yang tidak teratur.

    Namun jika siklus Anda masih berada di rentang tersebut, maka tentunya masih dapat dikatakan siklus yang teratur. Adanya kemajuan dan kemunduran jika berada pada rentang tersebut, merupakan hal yang normal dan merupakan suatu variasi saja.

    Jika Anda telah melakukan test pack dan hasilnya negatif, maka bisa saja dikatakan telatnya haid bukan karena kehamilan karena keakuratan test pack bisa mencapai 99% .

    Untuk lebih memastikan, anda bisa melakukan pengecekkan kadar hcg dalam darah pada dokter kandungan atau laboratorium, namun tanda pasti kehamilan hanya dapat dipastikan jika sudah terlihat kantung kehamilan dan janin. Tanda pasti yang membedakan kedua kondisi tersebut adalah hasil yang positif (+) pada test pack saat terjadi kehamilan serta terdapat gambaran janin pada pemeriksaan USG.

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Hidrasi Kunci Pulihkan Flu Dengan Cepat Hidrasi Kunci Pulihkan Flu Dengan Cepat Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi