x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Apakah siklus menstruasi/haid yang panjang itu normal?
on 06 Oct 2012

Dok, saya perempuan berusia 22 tahun. Saya mulai haid sejak umur 16 tahun (kelas 3 SMP). Masalah yang saya hadapi adalah siklus haid yang sangat panjang (lebih dari 40 hari), sehingga saya sering merasa minder dengan teman-teman saya. Hal tersebut saya alami secara tidak teratur (terkadang siklus haid 1 bulan, terkadang 40-50 hari). Apakah semua ini normal? Apa yang harus saya lakukan? Apa penyebab dari siklus haid yang panjang ini? Apa dampak dari hal ini bila berkepanjangan? Mohon diberi masukan dan saran, atau obat apa yang harus saya minum?
Sekian terimakasih :)

Seseorang
Surabaya

2 Answers

Selamat siang,

Dari cerita anda, kemungkinan anda mengalami gejalaa oligomenorrhea, dimana siklus haid lebih dari 35 hari. Apakah gejala ini sudah anda alami sejak pertama kali haid atau baru muncul akhir-akhir ini saja?

Jika gejala ini baru muncul, oligomenorhea paling sering disebabkan karena stres dan gangguan emosional lainnya. Biasanya gejala akan berkurang seiring dengan berkurangnya stress.

Penyebab lain dari oligomenorhea adalah seperti :
- Polikistik ovarium sindrom
- Obesitas
- Gangguan hormonal seperti hiperprolaktinemia

Saran saya jika memang ada stress, kurangi stres tersebut. Jika berat anda berlebih, anda dapat mengurangi BB anda secara perlahan. Dan berkonsultasilah dengan dokter spesialis kandungan untuk masalah ini, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan yang mengandung progesteron untuk mengatur siklus anda menjadi normal kembali. Apalagi, jika sekarang anda sudah menikah dan berencana hamil, tentunya anda harus mengatur siklus haid anda menjadi normal dahulu sehingga lebih mudah untuk menghitung masa subur anda.

Semoga membantu.

2 Thanks
on 06 Oct 2012
Surabaya

Menurut perhitungan Body Mass Index, saya tergolong normal. Tinggi badan 151 cm dan berat badan sekitar 45 kg.

Gejala yang saya ceritakan terjadi lebih sering daripada siklus normal, Memang saya tidak selalu mengalaminya namun hal ini sanggat mengganggu bagi saya. Dan saya merasa bahwa saya tipe orang yang tidak mudah stress. Saya masih mahasiswa, dok, belum ada rencana untuk menikah dalam waktu dekat ini..
Mohon diberi saran lagi.

Selamat malam, terima kasih.

Say Thanks
on 06 Oct 2012
in partnership with