Profile
Sexual Health

apakah sperma yang sudah kena air dan sabun masih dapat membuahi jika terciprat ke vagina?

apakah sperma yang sudah kena air dan sabun masih dapat membuahi jika terciprat ke vagina?
Jakarta

saya dan pasangan saya melakukan hubungan. sejauh ini belum sampai merobak selaput dara saya dan sperma selalu dikeluarkan diluar. suatu kali, sperma nya mengenai perut saya tetapi sama sekali tidak terkena vagina saya. saya langsung membersihkannya dengan air dan sabun sesegera mungkin. apakah pada saat saya membersihkan dengan air dan sabun sperma mungkin terciprat ke vagina dan terjadi pembuahan? mohon jawabannya dok.. terimakasih sebelumnya dokter

Answers

7 answers

  • User

    Selamat malam,
    Apabila sperma tersebut masuk ke dalam liang vagina anda dan melewati dinding rahim dan pada saat itu anda dalam masa subur,bisa terjadi kehamilan. Namun bila sperma hanya sampai bibir vagina,tidak akan terjadi kehamilan.
    Demikian,semoga membantu.

  • dok, apakah cairan bening yang keluar satu jam sebelum keluarnya sperma dapat menyebabkan kehamilan?

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat malam,

    Meskipun sperma dibuang diluar, namun apabila anda melakukan senggama terputus,maka bisa menyebabkan kehamilan. Karena sebelum ejakulasi penis sudah mengeluarkan sperma, walaupun dalam jumlah sedikit, namun dapat menyebabkan kehamilan.

    Cairan mani yang bening yang keluar sebelum ejakulasi sudah mengandung sperma dan dapat menyebabkan kehamilan.

  • apakah ada alat yang bisa menghitung masa subur ? Maksud saya karena tgl haid saya kurang teratur semenjak menikah, jadi saya tidak bisa menghitung masa subur saya, apakah ada alat yg bisa menghitung masa subur ?

  • Saya ingin bertanya dok. Saya melakukan gesek2. Lalu saya liat cairan bening atau agak abu2 kluar dikit di luarnya. Apakah sperma yg menempel di labia minora bisa menyebablan kehamilan? Saat itu dicuci dgn air.
    Lalu setelah beberapa jam setelah melakukan, vagina nya mengeluarkan lendir yg bercampur warna coklat, itu ap ya ?
    Tolong dibls secepatnya. Terima kasih.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi, fitri,

    Masa subur adalah siklus pada wanita ketika ovumnya matang dan siap dibuahi. Pada masa subur, kesempatan seorang perempuan untuk hamil lebih tinggi. Perlu diperhatikan oleh para wanita yang mendambakan kehamilan, masa hidup ovum hanya berlangsung selama 12-24 jam dalam sebulannya. Jadi pastikan cara menghitung masa kesuburan yang anda lakukan akurat adanya.

    Metode ini digunakan bagi perempuan yang siklus haidnya tidak menentu. Langkah-langkahnya adalah:

    Catat data haid selama 6-12 bulan terakhir.
    Kurangi 18 hari dari siklus haid tersingkat untuk menentukan awal masa suburnya.
    Kurangi 18 hari dari siklus haid terpanjang untuk menentukan akhir masa subur.

    Contoh : Setelah kita catat selama 6-12 bulan terakhir, ternyata siklus terpanjang adalah 31 hari dan siklus terpendek 26 hari.

    Maka, 31 – 11 = 20. 26 – 18 = 8. Jadi, perkiraan masa subur berlangsung dari hari ke 8 sampai hari ke 20.

    Jika siklusnya teratur, masa subur berlangsung 14+/- 1 hari haid berikutnya artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

    Metode Kalender dengan Menghitung Masa Subur dan Prasubur

    Masa subur = hari terakhir haid +13 hari
    Masa pra subur = masa subur – 3 dan masa subur + 3

    Contoh : jika hari terakhir haid tanggal 10 maka tanggal masa subur adalah 23. Masa prasubur awal tanggal 20 dan masa prasubur akhir tanggal 26.

    Masa subur wanita biasanya terjadi di antara hari ke-11 dan hari ke-14 pada siklus menstruasi yang rata-rata berlangsung selama 28 hari. Saat itulah, ovulasi atau proses pelepasan sel telur ke dalam rahim terjadi.

    Terima kasih telah berkonsultasi bersama meetdoctor. semoga jawaban ini bermanfaat bagi anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi, Andre

    jika seperti itu kemungkinan untuk hamil sangat sedikit sebab Kehamilan dapat terjadi apabila sel telur yang sudah matang dibuahi oleh sperma. Namun pada kasus Anda, Anda sendirilah yang dapat memastikan apakah ada sperma yang masuk ke vagina pasangan Anda.

    Flek berwarna coklat yang Anda maksudkan merupakan flek-flek yang muncul yang bisa jadi merupakan sisa dari darah menstruasi. Warna flek-flek berkisar dari merah, coklat, hingga kehitaman. Flek-flek berwarna kecoklatan yang keluar lewat vagina dapat saja masih normal karena sisa dari menstruasi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Sexual Health ?
Ask Doctor
Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Kenali Penyebab Perut Mulas Kenali Penyebab Perut Mulas