MEETDOCTOR

Profile
Fitness & Exercise

apakah suplemen pembentuk otot baik untuk tubuh?

apakah suplemen pembentuk otot baik untuk tubuh?
I Gusti Bagus Widya Putra
Jakarta

saya ikut fitnes belakangan ini dok tapi banyak yang bilang jika ikut fitnes harus menggunakan suplemen dsb tp saya selama ini belum menggunakan itu,menurut dokter apakah suplemen pembentuk otot tubuh itu baik bagi tubuh dan apakah ada efek sampingnya dikemudian hari??mengingat banyak atlet yang memakai seperti itu juga. jika tidak menggunakan suplemen apakah memungkinkan untuk terbentuk ototnya? mohon penjelasannya dok.

Answers

7 answers

  • Suplemen pembentuk otot mengandung steroid dimana penggunaan jangka panjang berefek pada pengeroposan tulang, rambut rontok, merusak hormon steroid dalam tubuh,dan lainnya. Sebaiknya konsumsi sewajarnya dan tidak dosis tinggi. Memang benar,suplemen tersebut akan membantu pembentukan namun bisabersifat addicted yaitu ketergantungan. Demikian, semoga membantu.

  • bagaimana cara saya memilih suplemen yang baik dok jika ingin menggunakan nya??bagaimana jika sudah ada lisensi dari persatuan dokter,apa jg berdampak??dilain sisi para atlet juga menggunakannya,apakah mereka juga akan terkena dampaknya dikemudian hari?

  • Gunakanlah suplemen yang mengandung protein dalam bentuk asam amino atau whey. Hindari suplemen / obat yang mengandung Steroid / Growth hormon.

    Apabila ini anda lakukan, maka sudah cukup aman.

  • Kalau sudah ada lisensi dokter saya kira sudah baik.
    Para atlet biasanya diimbangi dengan multivitamin dan mineral serta porsi latihan yang disesuaikan serta asupan gizi yang seimbang.

  • Selamat malam..
    Suplemen pembentuk otot baik untuk dikonsumsi bila kita juga melakukan aktivitas fisik yang rutin seperti fitness, karena akan mempercepat proses pembentukan otot seperti yang kita harapkan.
    Akan tetapi kelemahannya bila aktivitas olahraga fisiknya tidak kita lakukan maka otot yang sudah terbentuk akan lebih cepat menjadi kendor...

    jadi saya sarankan untuk lebih rutin dan terarah melakukan aktivitas fisik dalam fitness agar otot yang terbentuk lebih alami dan bertahan lebih lama

    Terima kasih
    Semoga membantu ...

  • lalu menurut dokter makanan apa saja yang bisa menggantikan peran dari suplemen tersebut??tks.

  • Makanan yang bisa dikonsumsi lebih baik yang tinggi nilai proteinnya, seperti telur, daging, ikan, gandum, susu... dan selain itu juga dihindari makanan yang berminyak dan bersantan..

Anda punya pertanyaan seputar Fitness & Exercise ?
Ask Doctor
Pemakaian kawat gigi atau behel gigi tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, pemakaian behel gigi harus berdasarkan diagnosis untuk menentukan jenis, perawatan Pakai Kawat Gigi (Behel Gigi) ? Perhatikan Ini Kesemutan biasa muncul pada tangan, kaki dan telapak kaki. Berikut ini beberapa penyebab kesemutan. Di Balik Gejala Kesemutan