Profile
Tuberkulosis

Apakah TB/Tuberkulosis bisa kambuh?

Apakah TB/Tuberkulosis bisa kambuh?
Seseorang
Jakarta

meetdokter, 6 tahun lalu saya pernah TB, dan mengikuti pengobatan selama hampir 1 tahun. sudah sebulan ini saya batuk-batuk ringan, dan gak sembuh-sembuh meski udah minum obat. saya takut rontgen lagi, karena 2 tahun lalu saya rontgen, dokter bilang masih ada sisa-sia TB di paru-paru atas, tapi tidak berbahaya seperti TB yang 6 tahun lalu. saya mau tanya : 1.Apakah TB bisa kambuh? 2.Apakah badan yang capek bisa memicu TB kembali kambuh? 3.Batuk saya ini harus diapakan ya? Trimakasih atas bantuannya meetdokter.

Answers

1 answers

  • Dari cerita Anda dapat ditarik kesimpulan bahwa kemungkinan hasil foto rontgen dokter yang menyatakan 'sisa TB paru atas, tetapi tidak berbahaya' adalah fibrosis (jaringan parut) akibat penyakit TB Anda. Ini merupakan tanda bahwa TB Anda tidak aktif lg.

    Menjawab pertanyaan Anda:
    1. Ya, TB bisa kambuh.
    2. Badan lelah/capek bisa memicu TB kembali kambuh apabila di sekeliling Anda ada orang yang terjangkit penyakit TB karena penyebaran TB adalah melalui droplet di udara.
    3. Batuk merupakan gejala, dan bukan penyakit. Yang harus diketahui adalah penyebabnya: Apakah dari TB atau ada penyebab yang lain.

    Penting untuk diketahui lagi dan memastikan apakah TB yang dulu Anda derita sudah sembuh benar atau belum. Segeralah periksakan diri Anda ke dokter.

Anda punya pertanyaan seputar Tuberkulosis ?
Ask Doctor
Ejakulasi dini umumnya berkitan erat dengan keluhan psikologis. Kenali penyebabnya dan cara mengatasi ejakulasi dini, simak disini ! Ejakulasi Dini, Ini Cara Mengatasinya Rokok elektrik atau e-cigarette dikembangkan di Tiongkok dan diperkenalkan mulai tahun 2004. Bentuk dan ukuran rokok elektrik beragam Inilah Efek Samping Rokok Elektrik