apakah uci-uci itu sama dengan kanker?
on 08 Mar 2012

dokter,saya usia26 th,ibu 3 anak,masih menyusui.dulu saya pernah di diagnosa terdpt uci-uci aktif di payudara kiri bwh.dan disarankan utk di oprasi kecil katanya.berhub saya masih takut 7th yg lalu saya tdk pernah lge berobat,krn blm ad rasa nyeri yg benar2 bikin saya down,tapi skrg tiba2 rasa nyeri terkdg dtg pergi saya rasa hg bikin saya down/lemah.rambut saya jg mulai byk rontok,klo dingin nyeri terasa kuat sekali di bagian payudara kiri,dada hg blkg,lengan dan tangan seakan spt kram /kesemutan ditusuk jarum,kaki dan tangan dingin,mungkin krn saya menahan rasa nyeri itu ya dok, saya blm s4 ad wktu buat cek/konsul ke puskesmas,ap yg sebaiknya saya lakukan,and ap benar uci2 itu =kanker?ad obt yg bisa sementara sya konsumsi utk anti nyeri nya nggak,thx dok.

Seseorang
Makassar

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat siang Ibu :)

Uci-uci tidak sama dgn kanker. Uci-uci sendiri awalnya merupakan kata dalam Bahwa Jawa, dan merupakan suatu benjolan yang ada pada bagian tubuh kita, bisa berada di bagian mana saja di bagian tubuh kita. Istilah uci-uci kemudian dikembangkan artinya menjadi pembesaran kelenjar getah bening. Karena kelenjar getah bening terdapat di hampir semua bagian tubuh, maka pembesarannya dapat terjadi di bagian mana saja. Hanya yang paling sering terjadi adalah pembesaran di bagian leher, ketiak, serta lipat paha. Namun itu bukan termasuk penyakit, melainkan bisa saja salah satu tanda dari suatu penyakit.

Di antara beberapa penyebab timbulnya benjolan kelenjar getah bening yaitu karena terjadi peradangan, adanya infeksi, atau merupakan tanda dari tumor (jinak maupun ganas). Untuk membedakannya, bisa dilihat dari lama tidaknya proses benjolan membesar. Jika benjolan kelenjar getah bening membesar dalam waktu yang cepat, maka diperkirakan benjolan tersebut merupakan akibat dari peradangan. Selain itu, benjolan yang terjadi akibat peradangan biasanya disertai dengan rasa nyeri dan kemerahan di kulit sekitar benjolan. Dan terkadang, diikuti dengan adanya gangguan fungsi organ tubuh yang terdapat benjolan tersebut.

Untuk mengurangi rasa nyeri/peradangan sementara, ibu dapat mengkonsumsi obat anti nyeri golongan NSAID (non steroid anti inflamation drugs), namun menilik dari gejala2 yang disebutkan Ibu di atas, dan melihat dr waktu dr mulai timbul gejala yg sudah ckp lama ( 7 tahun yg lalu), pemeriksaan payudara lebih lanjut ke dokter spesialis bedah amat diperlukan, dan sebaiknya tdk lagi ditunda2.

Say Thanks
on 08 Mar 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat siang.

Ibu, maaf saya tidak tahu mengenai istilah 'uci-uci'. Kalau dari cerita Ibu, 'uci-uci' mungkin sebuah benjolan (tumor).

Kalau boleh, Ibu deskripsikan lagi mengenai karakteristik 'uci-uci' tersebut. Bentuk, ukuran, konsistensi (apakah kenyal atau keras), apakah dapat digerakkan atau menempel, lalu juga kondisi kulit di sekitar jaringan tersebut, lalu apakah selalu terasa nyeri?

Saya sarankan Ibu untuk segera memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis bedah. Jangan takut, karena tidak semua tumor itu sama dengan kanker, apalagi melihat dari usia Ibu yang baru 26 tahun, kemungkinan lebih kecil untuk terjangkit kanker.

Untuk obat anti nyeri, silahkan Ibu konsultasikan juga karena tergantung seberapa tingkat nyeri yang Ibu rasakan, pun juga obat tersebut tidak dijual bebas.

Say Thanks
on 08 Mar 2012
in partnership with