Profile
Vaginal Cancer

bagaiana mengenali adanya kanker pada benjolan di vagina

bagaiana mengenali adanya kanker pada benjolan di vagina
Surabaya, Indonesia

pada mulut rahim terdapat semacam kutil dengan diameter sekitar 3 cm dengan konidisi kenyal terletak pada mulut vagina. tidak sakit, tidak gatal. Dulu pernah ada lalu menghilang, sekarang muncul lagi. Bagaimana mengetahui bahwa itu beresiko kanker ?

Answers

1 answers

  • Dear,

    Kanker serviks atau dikenal juga dengan Kanker leher rahim adalah terjadinya perubahan struktur sel menjadi suatu keganasan di daerah mulut rahim (biasa disebut sebagai serviks). Semua wanita berisiko terkena kanker serviks. 

    Pada tahap awal, kanker serviks tidak menampakkan gejala. Namun pada kasus kanker serviks stadium lanjut, beberapa gejala dapat muncul seperti: perdarahan, keputihan yang berbau, sulit buang air kecil, dan nyeri panggul.

    Periksa secara teratur kondisi organ reproduksi ke dokter. Sangat disarankan bagi wanita yang telah menikah atau telah aktif secara seksual, untuk secara teratur (setahun sekali) melakukan screening dengan metode pap smear.

    Pencegahan primer meliputi: kegiatan edukasi dan vaksinasi. Vaksinasi dapat diberikan pada wanita mulai usia 10 hingga 55 tahun. Vaksin tersebut dapat memberikan proteksi terhadap infeksi HPV. Pencegahan sekunder meliputi kegiatan screening (dengan metode Pap Smear atau IVA) secara teratur, untuk mendeteksi secara dini apakah ada perubahan di daerah mulut rahim yang mengalami perubahan ke arah keganasan.

    Semoga bermanfaat, terima kasih

Anda punya pertanyaan seputar Vaginal Cancer ?
Ask Doctor

Popular Article

Anda ragu-ragu hamil atau tidak? Ada beberapa gejala yang menunjukkan tanda-tanda kehamilan, di antaranya bercak darah dan kram serta ukuran payudara yang berubah. Tanda-Tanda Awal Anda Hamil Selama masa kehamilan, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan berikut ini. Pasalnya. imun tubuh ibu hamil dan perkembangan janin lebih rentan terkena bakteri. Ibu Hamil, Hindari Makanan Ini