Profile
Bayi

Bagaimana cara melatih anak berjalan diusia 1 tahun?

Bagaimana cara melatih anak berjalan diusia 1 tahun?
Jakarta

Dokter, saya mau bertanya, anak saya usia 1thn brt bdn 8,5 kg dan sbelum bisa berjalan sendiri, duduk pun blm bsa sendiri, jika berdiri msih goyang. apakah normal diusianya sekarang?apa yg harus saya lakukan agar anak saya bisa cepat berjalan?thanks

Answers

5 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat pagi,

    Anak usia 1 tahun, minimal harus sudah dapat duduk sendiri dan merangkak sendiri. Saya sarankan untuk mulai diajarkan untuk berdiri dahulu sambil di topang untuk melatih kekuatan otot kakinya. Hindari pemakaian baby walker.

    Biarkanlah agar dia terbiasa untuk banyak merangkak terlebih dahulu. Kegiatan merangkak penting sekali untuk pembentukan otot punggung dan paha yang berguna untuk menjaga postur anak saat berdiri.

    Semoga membantu. Terima kasih.

  • dok, memang tidak bagus memakai baby walker?anak saya mulai 7 bln sering menggunakan baby walker. jika di baby walker dia mampu berdiri sambil, tetapi jika didirikan dilantai dia tidak berdiri tegak dan badannya goyang2 tidak kuat.tnaks

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Pemakaian baby walker tidak dianjurkan bu. Karena selain rawan kecelakaan bagi bayi, juga menghambat pertumbuhan otot-otonya. Di negara-negara maju, baby walker sudah mulai ditinggalkan.

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Pemakaian baby walker tidak dianjurkan bu. Karena selain rawan kecelakaan bagi bayi, juga menghambat pertumbuhan otot-ototnya. Di negara-negara maju, baby walker sudah mulai ditinggalkan.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    jika anak menggunakan baby walker anak tidak secara sempurna manggunakan otot-otot panggul dan otot-otot tungkai sehingga perkembangan otot-ototnya tidak maksimal dibandingkan dengan anak merangkak atau berjalan dengan dibantu orang tua.
    Selain itu, kelainan kaki yang ditimbulkan adalah pada baby walker anak akan cenderung posisi seperti mengangkang sehingga nantinya anak akan terbiasa jalan seperti bebek atau mengangkang dan faktor lainnya yaitu pada baby walker ukuran tinggi baby walker harus sangat diperhatikan misalnya jika terlalu tinggi anak akan cenderung berjalan jinjit dan akan terbawa sampai dewasa dan jika terlalu rendah kaki anak akan menekuk sehingga dapat menyebabkan kelainan pada pertumbuhan kaki anak.

    Penggunaan baby walker menurut saya kurang baik untuk bayi, alasannya:
    - tidak aman, jika tidak ada yang mengawasi secara intens akan berbahaya untuk anak misalnya anak jadi lebih leluasa untuk mengambil barang-barang seperti gunting, dll dan juga jika lantai licin atau si anak menggunakan baby walker di lantai 2 akan meningkatkan resiko jatuh.
    - selain itu, baby walker sendiri juga akan mengganggu fungsi motorik anak dan juga para ahli menyatakan baby walker juga dapat menyebabkan kelainan kaki pada anak.

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Bayi ?
Ask Doctor
Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Benarkah Transfusi Darah Dapat Mengubah DNA? Benarkah Transfusi Darah Dapat Mengubah DNA?