Profile
Hamil

bagaimana cara mempertahankan kehamilan?

bagaimana cara mempertahankan kehamilan?
Tebing Tinggi

salam dok, saya sudah menikah hampir tiga tahun. setelah setahun pernikahan, saya hamil namun hanya bertahan hingga bulan ketiga, saya keguguran dan mengalami vakum kuretase. 4 bulan kemudian saya hamil lagi, dan mengalami keguguran berulang diusia kehamilan awal 1 bulan...saya dan suami sudah kedokter namun tidak ada masalah di saya, namun dokter berkata terdapat kelebihan darah putih pada sperma suami saya. lalu apa penyebab keguguran berulang saya dan apakah saya masih bisa hamil normal hingga melahirkan? terimakasih dok..

Answers

1 answers

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Malam.

    Ada beberapa hal yang menjadi penyebab keguguran. Keguguran adalah berakhirnya masa kehamilan sebelum usia 20 minggu. Kelainan kromosom pada janin termasuk kondisi yang paling sering menyebabkan terjadinya keguguran sebelum memasuki usia 13 minggu kehamilan. Kondisi lain yang menyebabkan keguguran, yaitu :

    1. Infeksi virus
    2. Infeksi TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes)
    3. Infeksi mulut rahim atau rahim,
    4. Infeksi secara umum, misalnya typus
    5. Kelainan rahim, misalnya mioma
    6. Penyakit yang di derita oleh ibu hamil, misalnya diabetes
    7. Autoimun pada tubuh ibu hamil, karena darahnya mudah membeku

    Umumnya, keguguran ditandai dengan rasa mulas dan perdarahan yang terjadi secara bersamaan. Jika perdarahan tidak disertai rasa mulas, kondisi tersebut belum tentu dikatakan dengan keguguran. Adapun faktor lain yang bisa memicu keguguran, misalnya:
    - Usia ibu hamil
    Sebaiknya Anda mengandung sebelum usia 30 tahun, atau maksimal sebelum usia 35 tahun, karena setelah melewati usia tersebut kandungan Anda akan semakin rawan mengalami keguguran, terutama setelah usia 40 tahun.
    - Gaya hidup tidak sehat
    Misalnya merokok, konsumsi alkohol maupun penggunaan obat-obatan terlarang.
    - Pekerjaan berisiko
    Misalnya pekerjaan yang berhubungan dengan bahan kimia, bisa meningkatkan potensi keguguran.

    Sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap berbagai faktor penyebab dari keguguran ini. lakukanlah kembali konsultasi program kehamilan dan pemeriksaan kesehatan organ reproduksi anda dan juga suami, karena keberhasilan kehamilan juga bisa ditunjang dari kedua belah pihak.

    Sebagai informasi tambahan untuk anda, dapat anda buka link berikut ini :

    http://meetdoctor.com/article/penyebab-keguguran
    http://meetdoctor.com/article/hamil-lagi-setelah-keguguran

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
ibu hamil dengan yogurt Perlukah Ibu Hamil Mengonsumsi Yogurt? Proses melahirkan secara normal bisa dibilang menimbulkan rasa sakit yang sangat hebat. Lalu, adakah cara melahirkan normal yang bisa meminimalkan rasa sakit? Berikut caranya. Senam Hamil Yophytta, Membantu Redakan Nyeri Saat Melahirkan