Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Bagaimana cara mengatasi infeksi telinga?

Bagaimana cara mengatasi infeksi telinga?
Yogyakarta

di dalam telinga saya terlihat adanya penumpukan cairan berwarna hijau yang menyebabkan dengung. apakah saya mengalami infeksi telinga, serta penanganan apa yang harus saya lakukan?

Answers

5 answers

  • Dr. Anthony Evans Dr. Anthony Evans Dokter Umum

    Betul bahwa kemungkinan Anda memang mengalami nfeksi telinga tengah atau yang secara medis disebut sebagai otitis media akut, penanganan yang harus diberikan ialah antibiotik baik secara sistemik maupun topikal apabila telah terjadi robeknya gendang telinga, obat penurun panas dan nyeri, serta obat anti radang bila perlu. Konsultasilah pada dokter ahli THT untuk pemeriksaan lebih lanjut tentang keadaan telinga tengah serta pengobatan yang sesuai.

  • Dok telinga saya terasa nyeri , setelah saya membaca artikel sepertinya saya terkena infeksi telinga. Saya ingin pergi ke dokter tht tapi bukanya masih 2 hari lagi. Apa gak apa apa dok nunggu sampek 2 hari ? Sedangkan saya tidak tahan dengan nyerinya ?
    Bagaimana ya dok ? Tlong jawab ya

  • Dokter telinga saya infeksi gara2 membersih kan telinga pakai chaton bud trus bsok nya kemsukan air,sekarang telinga saya sakit berdenyut2 buat saya gk bisa tidur ,dan kadang bisa mengeluar kn air dok.sdh memakai obat tetes dan mnum obat dri dokter tpii tdk ada reaksi apa2,mohon bantuan ny dok..mkasih

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Sore Sdra Muh.Sultan

    Berikut ini merupakan beberapa penyebab sakit telinga secara umum, antara lain:

    1. Glue Ear. Merupakan penumpukan cairan dalam telinga (disisi dalam gendang telinga). Sering terjadi pada anak-anak dibanding dewasa.

    2. Infeksi atau peradangan pada saluran telinga bagian luar (otitis externa)

    3. Bisul atau folikel rambut yang terinfeksi, pada liang telinga Cedera atau iritasi liang telinga yang disebabkan oleh benda-benda yang masuk ke telinga, seperti cotton buds atau benda tajam

    4. Sumbatan pada liang telinga akibat penumpukan kotoran (tahi) telinga atau benda asing yang terjebak

    5. Infeksi tenggorokan (termasuk tonsilitis) dan pilek yang dapat mempengaruhi telinga

    6. Eksim yang terjadi pada kulit liang telinga (dermatitis seboroik)

    7. Nyeri rahang, yang dikenal sebagai nyeri sendi temperomandibular

    8. Abses gusi atau sakit gigi graham paling belakang yang terletak di dekat telinga, contohnya masalah pada gigi bungsu

    9. Trigeminal neuralgia atau nyeri saraf wajah

    Sehingga untuk mengetahui penyebab pastinya dari keluhan nyeri telinga yang anda alami, maka tetap ada baiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis THT. Untuk sementara mengurangi nyeri pada telinga anda, anda dapat mengkonsumsi paracetamol terlebih dahulu.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat dibuka link berikut ini :

    http://meetdoctor.com/article/3-jenis-infeksi-telinga-tengah

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Sore.

    Mengenai kondisi yang Anda rasakan kemungkinan merupakan suatu peradangan pada telinga. Bagian telinga yang sering mengalami peradangan yakni telinga luar dan telinga tengah. Berbagai kondisi penyakit pada telinga dengan gejala seperti nyeri dan gangguan pendengaran diantaranya :

    - otitis eksterna
    - otitis media
    - keratosis obsturan
    - kolesteatom, dsb

    Jika anda telah memeriksakan kondisi anda kepada dokter dan telah mendapatkan terapi dan belum ada pperubahan yang tepat, maka ada baiknya untuk anda dapat memeriksakan kembali kondisi tersebut kepada dokter kembali atau anda dapat memeriksakan ke dokter spesialis THT lain sebagai second opinion.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat dibuka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/bahaya-mengorek-kuping

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Semakin besar usia kehamilan, perut ibu pun akan semakin membesar. Ini menyebabkan ibu sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Posisi tidur berikut bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil. Posisi Tidur Ibu Hamil Banyak wanita merasa khawatir untuk berhubungan intim saat hamil muda, karena takut terjadi masalah pada janin. Padahal, itu tidak semenakutkan yang dibayangkan. Seks Aman Saat Hamil Muda