bagaimana cara mengatasi kulit yang kering dan kulit wajah yang berminyak?
on 01 Dec 2012

dok, saya memiliki wajah yang berminyak dan kusam, yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya mengurangi produksi kulit berminyak saya??

khamsiah sari
makassar

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Untuk hal ini sebaiknya konsul langsung dengan dokter kulit.

Say Thanks
on 01 Dec 2012

Faktor penyebab kulit berminyak :
1.Sudah pasti pola makan yang buruk akan menjadi penyebab lebihnya kadar minyak, terlalu banyaknya lemak dalam tubuh yang bisa berasal dari makan-makanan yang manis dan berlemak tinggi.
2.Faktor Hormonal yang bisa menjadi salah satu pula mengapa kulit menjadi berminyak, hormon yang tidak seimbang atau pada saat masa puber yang bisa menjadi pemicu.
3.Pemilihan jenis kosmetik yang tidak tepat bisa menjadi kadar minyak di wajah menjadi meningkat.
4.Faktor keturunan bisa dikatakan juga menjadi factor kulit berminyak, biasanya orang tua yang mempunyai masalah kulit berminyak, akan diwariskan juga ke anaknya.
5.Pengaruh obat-obatan seperti obat untuk KB bisa memicu kulit menjadi berminyak.

Cara yang dapat membantu mengurangi produksi minyak pada wajah:
1. menjaga diet makanan rendah lemak.
2. olahraga.
3. Jangan terlalu sering mencuci wajah. Sehari sekali saja mencuci wajah dengan sabun berbusa lembut sudah cukup untuk menghilangkan minyak berlebihan, sementara tetap kelembaban yang melindungi kulit tetap terjaga.
4. Setelah menggosok wajah dengan sabun yang lembut, sebaiknya gunakan pelembab berbahan alami seperti minyal zaitun, almond atau alpukat, dimana kesemuanya dapat melindungi, melembabkan dan membantu kulit tampak indah tanpa memberi efek samping seperti yang disebabkan bahan kimia dan sintetis.
Semoga bermanfaat.

Say Thanks
on 28 Dec 2012
in partnership with