Profile
Kanker Vagina

bagaimana cara mengatasi rasa ingin buang air kecil secara terus menerus?

bagaimana cara mengatasi rasa ingin buang air kecil secara terus menerus?
Bekasi

Pagi dok saya mau tanya, saya sering sekali merasa ingin buang air kecil tetapi saat saya kencing itu hanya sedikit uyang keluar dan itu terasa sakit. bahkan setiap habis buang air kecil saya merasa ingin buang air kecil lagi. saya juga sudah banyak minum namun tetep begitu. 2 minggu yang lalu sudah sempat hilang namun sekarang begini lagi. itu kenapa ya dok? bagaimana saya bisa mengatasinya?

Answers

4 answers

  • User

    Selamat siang,

    Sebelumnya saya perlu mengetahui jenis kelamin serta usia anda, dan apakah keluhan ini disertai demam ? Bagaimanakah warna dan kualitas air seninya, apakah keruh atau disertai dengan adanya pasir? Apakah terdapat warna kemerahan atau darah pada air seni ?

    Mohon kesediaannya untuk menjawab pertanyaan diatas, sehingga saya dapat menjelaskan lebih jauh tentang kemungkinan kondisi yang anda alami.

    Terima kasih.

  • saya perempuan dok.
    warna dari air seni nya kuning muda tapi terkadang kuning gelap. saat buang air kecil itu sakit dan ingin buang air kecil lagi.
    tidak demam dok hanya ingin buang air kecil terus

  • saya perempuan dan usia saya 17 tahun dok.
    warna dari air seni nya kuning muda tapi terkadang kuning gelap. saat buang air kecil itu sakit dan ingin buang air kecil lagi.
    tidak demam kok hanya ingin buang air kecil terus. air seni nya tidak ada pasirnya
    terimakasih dok

  • Selamat siang,

    Setiap hari seseorang pasti buang air kecil untuk mengeluarkan sisa metabolisme dan juga racun dari dalam tubuh. Sebagian besar orang dewasa akan buang air kecil sekitar 4-7 kali dalam sehari. Rata-rata orang tidak akan buang air kecil lebih dari dua cangkir setiap 2 jamnya. Jumlah urine yang dikeluarkan bervariasi tiap orang, hal ini juga dipengaruhi oleh jumlah cairan yang dikonsumsi, kondisi tubuh serta lingkungan sekitar. Namun jika frekuensi buang air kecil lebih sering dari biasanya, maka patut untuk diperhatikan.

    Sedangkan jika cuaca atau udara dingin maka seseorang akan buang air kecil lebih sering. Hal ini karena cuaca atau lingkungan yang dingin bisa menyebabkan otot kandung kemih beraktivitas secara berlebihan (overactivity) dan memicu peningkatan sensor urgensi (mendesak).

    Ada dua kondisi kandung kemih yang menyebabkan seseorang sering pipis, yaitu interstitial cystitis (IC) yang disertai rasa sakit di kandung kemih dan sekitarnya serta overactive bladder yaitu sering mengalami dorongan kuat untuk pipis secara tiba-tiba.

    Selain itu terlalu sering buang air kecil juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan lain seperti pembesaran prostat, diabetes, kehamilan, infeksi saluran kencing, gelisah, cemas atau penggunaan obat-obatan tertentu.

    Bila seseorang buang air kecil lebih dari 8 kali dalam waktu 24 jam, atau buang air kecil lebih dari 2 kali dalam semalam yang dapat mengganggu waktu tidur, maka sebaiknya kondisi ini dikonsultasikan dengan dokter. Begitupula bila frekuensi buang air kecil meningkat diiringi dengan nyeri saat berkemih, demam atau kencing berwarna merah, sebaiknya melakukan pemeriksaan kedokter.

    Sebagai tambahan informasi, silahkan buka link berikut :
    http://meetdoctor.com/article/fakta-mengenai-urine
    http://meetdoctor.com/article/infeksi-sistem-urin-

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Vagina ?
Ask Doctor

Popular Article

Cara mengencangkan payudara secara alami? Wanita pasti menginginkan payudaranya berbentuk bagus dan sempurna. Simak caranya di sini. Tips Mengencangkan Payudara Kendur Salah satu masalah ibu menyusui adalah puting terasa sakit dan lecet. Biasanya disebabkan, karena ibu belum mahir. Berikut tujuh cara menghindari puting lecet dan sakit saat menyusui. Merawat Payudara Saat Menyusui