Profile
Kanker Serviks

bagaimana cara mengetahui gejala penyakit kanker&pencegahannya

bagaimana cara mengetahui gejala penyakit kanker&pencegahannya
Seseorang
Surabaya, Indonesia

saya single,umur 30, tiap bulan pd saat menstruasi saya sering sekali mengalami kram perut,bahkan krn gak kuat nahan sakit pernah sampai pingsan, kadang2 perut bawah trasa sakit saat2 tertentu,dalam keluarga saya ada riwayat penyakit kanker(alm.papa meninggal krn kanker buli) yg ingin tanyakan : bagaimana cr mengetahui&mencegah kanker serviks?,hal apa yg menyebabkan kram pd saat menstruasi(apakah yg saya alami wajar),apakah kita bs kanker apabila kita pembawa gen?mohon jawabnya Dok...Trima kasih

Answers

4 answers

  • Halo, Selamat Malam.

    Kanker cervix adalah kanker tersering kedua yang menyerang wanita di seluruh dunia. Sering sekali gejala dari stadium awal penyakit ini adalah asimptomatik (tanpa gejala). Maka untuk mengetahui dan mencegah secara dini penyakit kanker cerviks, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear secara berkala. Panduan perkumpulan ahli kebidanan dan kandungan di Amerika menganjurkan pada tahun 2009 bahwa Pap smear sudah disarankan bagi wanita mulai umur 21 tahun.

    Karena kejadian kanker cervix erat kaitannya dengan infeksi HPV (Human Papilloma Virus), maka pencegahan yang marak dilakukan adalah dengan imunisasi HPV tipe 6,11,16, dan 18. dengan nama dagang Gardasil. Selain itu secara umum: jalankan pola hidup sehat, dengan gizi seimbang, olah raga secara teratur, serta perilaku seksual yang aman.

    Apakah dapat terkena kanker jika kita adalah pembawa gen? Saat ini melalui pemeriksaan DNA virus papilloma ditemukan pada 90% luka yang diakibatkan kanker cerviks. Oleh karena itu masih belum jelas apakah gen keturunan orang tua berperan pada terjadinya kanker cerviks. Yang sudah terbukti adalah kanker cerviks erat kaitannya dengan pola perilaku seksual. Risiko terkena kanker cerviks akan meningkat pada keadaan :
    - Memulai aktivitas hubungan seksual pada usia sangat muda.
    - Memiliki lebih dari 1 partner seksual.
    - Memiliki pasangan pria yang mempunyai lebih dari 1 partner seksual.
    - Adanya riwayat penyakit menular seksual yang lain.

    Kram dan nyeri saat menstruasi dikenal dengan nama dysmenorhea. Sudah berapa lama gejala ini terjadi? Apakah sudah begitu mulai saat muda, atau baru saja terjadi di umur 30. Keduanya harus dibedakan karena kemungkinan penyebabnya berbeda.

    Semoga bermanfaat, Terima Kasih.

  • Hal lain yang perlu diketahui adalah :
    - Umur berapa anda mulai menstruasi ?
    - Berapa lama dari siklus menstruasi anda ?
    - Apakah di luar masa menstruasi juga terjadi nyeri atau berdarah ?

  • Tambahan panduan praktis guna menghadapi nyeri haid dapat anda lihat di :

    http:// a href="http://meetdoctor.com/article/pantang-ngeri-menghadapi-nyeri-haid" target="_blank">meetdoctor.com/article/pantang-ngeri-menghadapi-nyeri-haid a>

  • dr. Aldika Akbar SpOG dr. Aldika Akbar SpOG Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

    Sebagai tambahan; secara praktis ada beberapa tingkat pencegahan kanker serviks.
    Pencegahan Primer: dengan vaksinasi HPV; dengan ini maka kemungkinan kanker serviks bisa dieliminasi lebih dari 90%. Hal in harus dikerjakan idealnya sebelum wanita berhubungan seksual.
    Pencegahan sekunder (dengan deteksi dini): jika sudah berhubungan seksual dan belum vaksinasi maka lebih baik lakukan pap smear secara rutin (tiap tahun) dimulai 2-3 tahun setelah mulai berhubungan seksual.

    dr. Aldika Akbar SpOG
    Dept/SMF Obgyn RS Dr.Soetomo & RS UNAIR
    Divisi Fetomaternal

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Serviks ?
Ask Doctor
Ciuman bibir memang memiliki manfaat, namun sekaligus juga bisa menularkan berbagai penyakit, di antaranya infeksi saluran napas atas dan infeksi herpes. Ciuman Bibir dan Kesehatan Anda Cara menghilangkan komedo secara alami ? Jangan memencet hidung agar bersih dari komedo, hal ini akan membuat iritasi. Cara Menghilangkan Komedo