Bagaimana cara menghilangkan bengkak pada leher?
on 05 Jun 2012

siang dok.. 1,5 buan lalu sy menjalani test mantoux,kultur pa, dan rontgen karena pembengkakan pada leher bagian kanan (limfadenitis) dari hasil test mantoux saya positif terkena tb kelenjar. setelah 1 bln minum obat secara teratur berangsur2 fisik sdh mulai membaik dan tidak mudah lelah serta pembengkakan mulai turun... hanya saja kesalahan yg saya lakukan adalah luka bekas pengambilan sampel saya bersikan dgn air mandi sehingga luka tsb sampai sekarang masih basah dan ada nanah diikuti dgn pembengkakan dileher mulai sdkt membesar (keras dan kaku) lg.setelah konsultasi ke dokter luka tsb disarankan untuk dibersihkan hanya dengan obat merah. setelah saya jalani 1 minggu luka mulai membaik. yg ingin saya tanyakan knp pembengkakan itu bisa membesar lagi? apakah krn luka yg infeksi? dan apakah meminum obat tb itu seketika bs hilang bengkaknya atau pembengkakan akan turun secara perlahan setelah min 6 bln saya minum oat(saya minum oat rutin)?? dan apa yg harus saya lakukan untuk menghilangkan benjolan pada leher tsb? terimakasih sblmnya atas infonya

Seseorang
Palembang

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Halo, Selamat Siang

Ya, untuk penyembuhan TB kelenjar getah bening di leher yang anda alami, memang anda harus berobat selama minimal 6 bulan secara rutin.

Pembesaran kembali memang bisa disebabkan oleh kuman lain selain kuman TB, namun demikian prioritas saat ini adalah untuk penyembuhan TB nya terlebih dahulu. Anda dapat membersihkannya setiap hari dengan larutan antiseptik seperti larutan povidone iodine yang diencerkan. Bisa saja terjadi infeksi campuran antara TB dan kuman lain, namun yang paling penting sekarang adalah untuk tetap melanjutkan pengobatan TB tersebut ( jangan sampai putus).

Demikian, semoga membantu. Terima Kasih

Say Thanks
on 05 Jun 2012
Palembang

terimakasih dok jawabannya. saya agak khawatir dgn pembengkakan tersebut...

Say Thanks
on 06 Jun 2012
in partnership with