x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
BAGAIMANA CARA MENGURANGI CAIRAN ASITES PADA PERUT
on 07 Jun 2012

Dear Dokter...
ibu saya mempunyai DM dan Hipertensi,dari dulu jarang mau kontrol kesehatannya,tapi seminggu kemarin ada keluhan perutnya makin membesar,,setelah periksa ke dokter Sp. PD diagnosa nya sirosis dan asites,tp ibu saya tidak percaya kalau ada gangguan pd livernya karena merasa tidak ada keluhan apa2 hanya perutnya terasa makin besar dan kadang2 kenceng.
ibu saya menduga kalau sejenis tumor atau kanker..
tes apa yang harus dilakukan untuk memperjelas diagnosa ibu saya?
seandainya benar asites,bagamana cara penanganannya supaya cairannya bisa keluar?
terimakasih dokter...

Seseorang
Tuban, Jawa Timur, Indonesia

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Halo Selamat Malam,

Cirrhosis merupakan jenis penyakit yang menyebabkan penurunan fungsi hati. Hati merupakan organ yang berfungsi memproduksi berbagai macam protein yang berguna untuk menjaga keseimbangan cairan pada tubuh. Hati juga berguna untuk mengolah dan mengeluarkan zat-zat yang sudah tidak dibutuhkan / racun dalam badan.

Ascites/ penumpukan cairan pada rongga perut yang dialami ibu anda disebabkan karena produksi "albumin" oleh hati yang menurun. Diagnosis oleh dokter penyakit dalam bahwa ibu anda menderita ascites biasanya dapat dengan mudah ditegakkan dengan pemeriksaan laboratorium untuk fungsi hati seperti SGOT/SGPT, kadar bilirubin, kadar protein albumin dan globulin dan lain sebagainya. Dapat juga ditambahkan dengan USG abdomen untuk memastikan adanya ascites. Kemungkinan besar, diagnosis dari dokter Sp. PD sudah tepat.

Untuk penanganan cirrhosis ascites, harus terlebih dahulu diperkirakan jumlah cairan yang berada dalam rongga perut dan juga mempertimbangkan kadar albumin dalam darah. Setelah itu dokter penyakit dalam dapat memutuskan apakah perlu transfusi albumin tambahan, atau perlu dilakukan pengeluaran cairan tersebut dengan selang dan jarum (pungsi ascites)_. Untuk penjelasan lebih dalam dan menyeluruh tentang therapi yang akan dijalankan sebaiknya anda kembali berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam anda.

Demikian, semoga membantu. Terima Kasih.

1 Thanks
on 07 Jun 2012
Tuban, Jawa Timur, Indonesia

untuk dietnya apakah masih diperbolehkan mengkonsumsi garam dokter atau benar free? oh ya ibu saya kemarin diberi obat cardisan 5 mg dosis 1x 1/2 tablet, setelah saya cari di internet ternyata obat ini mlah bisa menyebabkan oedem dokter,apakah benar begitu? jika iya apakah saya perlu menghentikan pemberiannya...

Say Thanks
on 07 Jun 2012
in partnership with