Profile
Rheumatoid Arthritis

bagaimana cara menobati sakit d siku dan punggung?

bagaimana cara menobati sakit d siku dan punggung?
Tangerang

sore dok ibu saya sering sakit di lutut kalau habis duduk dan jongkok,apalagi kalau bangun tidur,lutut itu seperti kaku dan sakit kalau mau berjalan? itu gejala apa ya? aku sudah coba beli obat tulang sendi ,tapi masih z sakit? tx

Answers

4 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Hai, Een.

    Sudah berapa lama dirasakan oleh ibu Anda? Apakah hanya di bagian lutut saja atau ada bagian lain yang terkena dan apakah menyerang kedua sisi? Menilai usia ibu Anda yang masih 48 tahun, lebih kecil kemungkinan mengalami osteoarthritis, meskipun tidak tertutup kemungkinan.

    Lalu, apakah nyeri semakin terasa bila ibu Anda habis bekerja atau beraktivitas?

    Saya sarankan untuk memeriksakan ibu Anda ke dokter spesialis ortopedi (Sp. OT) guna dilakukan pemeriksaan maupun terapi terhadap kondisi ibu Anda.

    Obat apa yang sudah Anda berikanpada ibu Anda?

  • yang paling berasa nyeri seh di bagian lutut,kedua sisinya,ku beri ibu obat viostin ds

  • dr. Luki Agustina, SpPD dr. Luki Agustina, SpPD Penyakit Dalam (Dokter Internis)

    Melihat gejala sakit lutut yang menyerang ibu anda, yang sakit pada saat sendi lutut meregang, kemungkinan besar disebabkan oleh elastisitas sendi lutut menurun yang disebabkan oleh bantalan sendi yang terbentuk atas tulang rawan menurun. Kelainan ini disebut osteoarthritis. Hal-hal yang harus dihindari naik /turun tangga, jongkok, mengangkat beban dan berat badan diturunkan. Mohon konfirmasi lebih dulu dengan pemeriksaan rontgen lutut. Mohon segera hubungi dokter Anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    Nyeri lutut merupakan penyakit nyeri sendi yang sering dikeluhkan oleh orang tua, dewasa, maupun anak-anak. Nyeri sendi lutut dapat terjadi segera setelah mengalami trauma atau cedera, atau mungkin muncul sebagai akibat dari penyakit sendi yang kronis. Nyeri pada lutut seringkali disebabkan oleh cedera berat atau akibat melakukan gerakan berulang yang memberikan banyak tekanan pada lutut, misalnya saat berolahraga (lari, bersepeda) atau melakukan pekerjaan rumah (banyak turun naik tangga), dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada lutut.

    Beberapa penyebab nyeri lutut yang harus Anda ketahui.
    -Nyeri Lutut yang disebabkan oleh Cedera atau trauma.
    -Osteoarthritis (OA)
    -Gout
    -Rheumatoid arthritis
    -Berat Badan Berlebih

    Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari cedera pada lutut ialah :

    Menjaga berat badan.
    Karena berat badan berlebih dapat meningkatkan resiko Anda terkena osteoporosis dan berat badan yang ideal dapat mengurangi tekanan pada lutut.
    Pemanasan.
    Selalu lakukan pemanasan dan peregangan sebelum olahraga. Peregangan otot pada bagian depan dan belakang kaki, dapat mengurangi tekanan pada tendon dan lutut.
    Olahraga ringan.
    Misalnya jalan kaki atau berenang. Jarang beraktivitas justru dapat memperparah kondisi tulang. Lakukan olahraga selama empatpuluh lima menit hingga satu jam per hari, empat kali dalam seminggu. Jika ingin menambahkan porsi latihan, tambahkan secara perlahan. Jika merasakan nyeri, Anda dapat menggunakan perban khusus (terbuat dari kain), hindari mengikat lutut terlalu kencang.
    Gunakan pelindung saat berolah raga, misalnya sepatu roda atau sepak bola.
    Hindari menggunakan sepatu hak tinggi.
    Membatasi bobot barang yang dibawa.
    Konsumsi cukup vitamin D dan kalsium.
    Misalnya susu, keju, yoghurt dan sayuran hijau.
    Lakukan terapi fisik.
    Berhenti merokok dan kurangi konsumsi alkohol

    berikut artikel tentang keluhan anda.
    http://meetdoctor.com/article/nyeri-lutut
    http://meetdoctor.com/article/lutut-sering-terasa-sakit-ini-penyebabnya

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Rheumatoid Arthritis ?
Ask Doctor

Popular Article

 p>ASI merupakan asupan terpenting yang dibutuhkan bayi karena ASI mengandung setidaknya 400 senyawa yang sangat berperan untuk tumbuh kembang, kecerdasan… Pengaruh Bentuk Puting Bagi Ibu Menyusui Benarkah Transfusi Darah Dapat Mengubah DNA? Benarkah Transfusi Darah Dapat Mengubah DNA?