Profile
Anemia

BAGAIMANA CARA MENURUNKAN LED YG MENINGKAT?

BAGAIMANA CARA MENURUNKAN LED YG MENINGKAT?
Jakarta

Halo dok, saya wanita single umur 24 tahun, saya ingin bertanya seminggu lalu sy mengikuti medical check up dr kantor, dan stlh hasilnya keluar disitu dilaporkan bahwa LED MENINGKAT, HEMOGLOBIN MENURUN. dan tensi saya normal 110/90 ps saat check up. yg saya ingin tanyakan apakah bahaya kalau LED sy di kisaran 39 ? bagaimana cara menormalkannya kembali ? terimakasih dok

Answers

5 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Hai, selamat pagi.

    LED adalah indikator yang tidak spesifik untuk penanda proses peradangan atau infeksi yang sudah berlangsung lama dalam tubuh Anda, artinya tidak diketahui apa penyebabnya; dapat saja memang ada proses peradangan yang berlangsung lama, penyakit flek di paru, dan sebagainya. Saran saya, konsultasikan hal ini dengan dokter yang menangani atau pun lakukan pemeriksaan tambahan.

  • dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD Penyakit Dalam (Dokter Internis)

    LED meningkat salah satu penyebabnya adalah anemia , jadi sebaiknya anda mencari penyebab anemia dan memperbaikinya.

  • Selamat sore,

    Harus dicari dulu mengapa LED meningkat. Bisa disebabkan karena adanya penyakit kronis yang sedang diderita ataupun darah lebih kental.

    Konsultasikan hal ini dengan dokter spesialis penyakit dalam.

    Smg membantu

  • Dok saya wanita 26 thn dan saat ini saya hamil tapi LED saya tinggi sampai 80 dan saya mengalami batuk selama hamil dan pingang saya terasa nyeri sekali apalagi kalau lagi batuk kira kira saya sakit apa ya dok ?

  • Selamat siang,

    LED yang tinggi hanya menginformasikan bahwa perjalanan penyakit tersebut kronis.

    Gejala batuk-batuk yang lama apalagi bila disertai dahak, biasanya disebabkan oleh infeksi saluran nafas bawah, bisa karena infeksi kuman spesifik (TBC) ataupun kuman non-spesifik. Untuk hal ini, anda dapat berkonsultasi dengan dokter paru. Biasanya beliau akan menyarankan rontgen dada dan pemeriksaan darah lanjutan (IgG TB, PCR TB, hitung jenis leukosit) maupun pemeriksaan dahak (BTA).

    Seringkali TBC dapat menginfeksi tulang belakang sehingga menimbulkan nyeri tulang belakang, terutama bila pasien membungkuk atau menunduk. Dokter juga dapat meminta anda untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti rontgen vertebra maupun CT Scan/MRI.

    Sekian semoga membantu. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Anemia ?
Ask Doctor
Perut Anda terasa lapar dan ingin segera makan? Jangan-jangan itu hanya sinyal palsu. Coba cara ini untuk mengenali sinyal lapar yang sesungguhnya Begini Cara Mengenali Sinyal Lapar Kebanyakan keluhan memang tidak menandakan adanya penyakit serius. Tapi ada beberapa keluhan yang sebaiknya tidak diabaikan. 6 Keluhan yang Tidak Boleh Diabaikan