Bagaimana cara pemulihan stroke ringan?
on 14 May 2012

Ibu saya terkena serangan stroke yg disebabkan oleh penyumbatan darah, bibirnya miring ke kanan, tangan dan kaki nya pun lemas. dan alhamdulillah masih bisa berjalan walaupun dengan tertatih2.setiap hari wajib mengkonsumsi obat2an yg begitu banyak, obat diabet,hipertensi,kolestrol dan beberapa vitamin. begitun dengan fisioteraphy pun sudah dilakukan beberapa kali, tidak terlalu sering krn kendala biaya. pertanyaan saya adalah :
1. apakah mengkonsumsi obat resep dokter terus menerus dlm jangka waktu panjang ada efek tertentu?

2. apakah dengan mengkonsumsi obat bisa menyembuhkan stroke? kira2 berapa lama?

3. metode apa yg dapat menyembuhkan stroke secara cepat?

4. olahraga apa yg dapat dilakukan.

Mohon penjelasannya. Trmksh.

Seseorang
Jakarta, Indonesia

1 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Halo, selamat sore.

Stroke terjadi apabila ada gangguan pada peredaran darah di otak, misalnya tersumbat atau pecah. Yang terbanyak dialami adalah stroke iskemik, dalam hal ini terjadi sumbatan pada pembuluh darah.

Beberapa faktor resiko terjadinya stroke, yaitu:
- tekanan darah tinggi (hipertensi)
- kolesterol
- berat badan berlebih atau gemuk
- merokok
- riwayat stroke dalam keluarga
- usia tua

Karena itu, umumnya obat-obatan yang dikonsumsi adalah untuk mencegah terjadi stroke kembali. Pada kasus ibu Anda, terdapat tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes sebagai faktor resiko sehingga obat yang diberikan untuk mengontrol kondisi tersebut.

Mengenai cepat atau tidaknya 'sembuh', sangat tergantung tingkat keparahan. Harus juga ditanamkan pengertian bahwa mungkin setelah pengobatan atau fisioterapi, fungsi dapat saja tidak dapat kembali seperti sediakala, tetapi setiap tindakan terapi dimaksudkan untuk memperbaiki ke kondisi semula.

Memang untuk pengobatan tidak dapat dicapai dengan instan, harus dilakukan setahap demi setahap.

Untuk penanganannya pun baiknya merupakan koordinasi dengan dokter saraf, rehabilitasi medik, dan fisioterapis. Karena itu, di rumah dapat dilakukan gerakan-gerakan pelemasan pada bagian tubuh yang lemah dibantu oleh anggota keluarga yang lain, baiknya dikoordinasikan dengan fisioterapis.

Demikian dan semoga bermanfaat.

Say Thanks
on 14 May 2012
in partnership with