Profile
Beauty & Skin Care

bagaimana caranya menghilangkan keloid

bagaimana caranya menghilangkan keloid
Bondowoso

saya ada bekas keloid post operasi,bagaimana cara menghilangkannya?

Answers

7 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Halo, selamat sore.

    Adanya keloid tentunya memberikan gangguan kosmetik atau pun memberikan perasaan tidak nyaman pada penderita. Untuk mengurangi atau menghilangkan keloid, sebenarnya harus dilihat dulu kondisi keloid Anda; seberapa besar jaringan parut tersebut. Umumnya, untuk mengurangi ukuran keloid, digunakan suntikan triamcinolone.

    Mengenai metode atau pun cara-cara lain dalam penanganan keloid, baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK).

    Demikian dan semoga bermanfaat.

  • Ini jawaban dokternya gak bisa di-reply lagi ya? Sekedar masukan aja. Mungkin webnya bisa di-update, jawaban dokter bisa dikomentari lagi. Jadi web-nya bisa lebih interaktif dan kalo kita baca, jadinya semacam diskusi gitu.

    Btw saya ada pertanyaan juga buat dokter. Memang gak sama dengan pertanyaan di thread ini, tp mungkin bisa dibilang 'satu kelompok'

    Waktu usia 13 tahun, wajah saya tergores bambu. Goresannya lumayan panjang, mulai dari daerah hidung sampai daerah dagu. Sekarang bekas luka yg memanjang tersebut sangat terlihat jelas. Ada obat untuk ngilangin bekas luka tersebut nggak?

    Terima kasih sebelumnya.

  • Selamat malam, Alisyah.

    Dari cerita yang anda sampaikan, kelainan tersebut dalam bidang medis dikenal dengan scar hiperrofi.
    Perbedaan antara scar hipertrofi dan keloid adalah:

    Contohnya saja diwajah kita terdapat luka goresan berukuran sepanjang 1 cm. Pada scar hipertrofi, pada bekas luka tersebut akan tumbuh jaringan parut yang bentuknya sama dengan bekas luka tersebut. Sedangkan pada keloid, jaringan yang tumbuh dapat meluas melebihi bekas luka tersebut.

    Semoga membantu ;D

  • Untuk pengobatannya sama dengan keloid :D

  • @ dr. Fresia
    Selamat malam juga, Ibu dokter :)

    Pengobatannya apakah hanya melalui suntikan (seperti yg disebutkan dr. Alan Goni) atau ada yang lain?

    Kemudian, di televisi kan ada iklan mengenai produk berupa cream untuk penyakit semacam ini. Yang di tv disebutnya bisa menghilangkan bekas luka operasi. Menurut dokter, itu gimana? Beneran bisa atau cuma produk asal2an?

    Terima kasih.

  • Seiring dengan majunya ilmu kedokteran. Makin banyak obat-obatan yang bisa digunakan untuk menyamarkan bekas luka keloid/scar hipertrofi.

    Menurut ' Standard guidelines of care: Keloids and hypertrophic scars ' , terapi untuk keloid dan scar hipertrofi adalah :

    1. Injeksi kortikosteroid intralesi ( seperti yang disebutkan oleh dr.Alan ). Ini adalah pengobatan yang paling sering digunakan.
    2. Injeksi 5- FU intralesi dikombinasikan dengan insisi/pembedahan pada keloid, jika dengan pengobatan kortikosteroid gagal
    3.Imiquimod 5% krim : sampai sekarang masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk pembuktian efektifitas obat ini pada luka keloid akibat pembedahan.
    4.Silikon ( dalam bentuk krim dan gel ) : berfungsi untuk menyamarkan bekas luka. Sampai sekarang juga masih diperlukan penelitian lebih lanjut dan penelitian pada sekelompok orang yang lebih besar untuk pembuktian efektifitas obat ini pada keloid dan scar hipertrofi.
    Keuntungan dari cream ini : Mudah digunakan, tidak invasif, dan tanpa efek samping.

    Saran saya berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit dan kelamin di kota anda agar mendapat terapi yang tepat untuk anda.
    Semoga membantu.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat malam,

    Memiliki bekas luka yang berujung pada keloid. Keloid dapat muncul pada kulit dengan warna kemerahan dan berbentuk menyerupai kubah. Kehadiran gangguan kulit ini memang tidak menyenangkan namun tetap dapat diatasi.

    Luka atau operasi biasanya akan meninggalkan bekas datar. Terkadang, bekas tersebut dapat berupa hipertropik atau menebal namun tetap berada pada bagian luka. Bedanya, bekas luka hipertropik akan berwarna lebih merah dibandingkan keloid dan dapat hilang dengan sendirinya walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama (bisa hingga tahunan).

    Keloid biasanya muncul dengan warna kemerahan. Warna tersebut dapat berubah menjadi gelap dan cenderung tidak indah untuk dilihat. Keloid juga dapat berkembang dan membesar, namun keloid bukanlah gejala dari suatu penyakit.

    Meski keloid tidak mengganggu kesehatan seseorang, namun jika Anda merasa keloid telah memberikan pengaruh buruk bagi keindahan kulit Anda, maka keloid juga dapat dihilangkan melalui cara-cara berikut ini :

    Penyuntikkan obat kortikosteroid ke dalam keloid
    Suntikan ini tergolong aman dan tidak menyakiti penderita keloid. Keloid akan memudar dan mengempis setelah menerima suntikan maksimal satu kali setiap bulannya

    Operasi
    Hasil bekas operasi Anda juga dapat dihilangkan dengan kembali melakukan operasi. Bedanya, operasi ini dilakukan untuk menghilangkan pemicu terjadinya keloid pada jaringan kulit. Setelah proses operasi dilakukan, biasanya dokter akan memberikan suntikan obat kortikosteroid untuk mendapatkan hasil maksimal. Sayangnya operasi keloid seringkali gagal bahkan dapat memicu pembentukan keloid serupa bahkan lebih besar. Lakukan konsultasi dengan dokter spesialis bedah atau dokter spesialis bedah plastik sebelum Anda memutuskan melakukan tindakan ini


    Sinar laser
    Penggunaan sinar laser juga dapat menjadi solusi bagi keloid pada tubuh Anda. Laser akan sangat berpengaruh dalam membuat keloid menjadi lebih rata dan lebih merah. Pengobatan dengan sinar laser dianggap lebih aman dan lebih murah dibandingkan penanganan dengan operasi. Pengobatan sinar laser cenderung tidak menyakitkan, namun tetap dibutuhkan perawatan pasca pemberian sinar laser. Meski begitu, penanganan ini tergolong relatif mahal

    Gel Silicon
    Silikon dalam bentuk lembaran juga dapat mengecilkan keloid yang terjadi pada tubuh. Selembar silicon gel dapat digunakan selama beberapa jam per hari , dalam jangka panjang mingguan atau bulanan pada daerah keloid. Hasil yang didapatkan saat penggunaan lembaran ini akan bervariasi

    Cryotherapy
    Merupakan salah satu teknik pembekuan keloid dengan menggunakan nitrogen cair. Metode ini dapat meratakan keloid sehingga tampak serupa dengan kulit normal di sekitarnya. Sayangnya cryotherapy dapat menggelapkan bagian keloid sehingga tampak berbeda warna dengan kulit di sekitarnya

    Penyuntikkan Interferon ke dalam keloid
    Interferon merupakan protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh yang membantu tubuh dalam melawan virus atau bakteri. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa suntikan interferon dapat mengurangi ukuran keloid. Meski demikian, hingga kini belum dapat dipastikan berapa lama jangka waktu hasil suntikan tersebut bertahan pada menghilangnya keloid
    Penyuntikkan 5-Fluorourasil (5-FU) ke dalam keloid
    Metode ini berupa pemberian suntikan yang dilakukan sendiri atau bersama-sama dengan steroid sehingga memaksimalkan pengobatan keloid

    Lakukan konsultasi seksama dengan spesialis kulit untuk mengetahui metode terbaik mana yang dapat Anda terapkan. Terkadang dibutuhkan kombinasi dari terapi-terapi yang telah dijelaskan di atas untuk menangani kasus keloid.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Beauty & Skin Care ?
Ask Doctor
Sulit Konsentrasi? Coba Cara Ini Sulit Konsentrasi? Coba Cara Ini 7 Bentuk Payudara Wanita 7 Bentuk Payudara Wanita