x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
bagaimana caranya menghilangkan keloid
on 30 May 2012

saya ada bekas keloid post operasi,bagaimana cara menghilangkannya?

Seseorang
Bondowoso

6 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Halo, selamat sore.

Adanya keloid tentunya memberikan gangguan kosmetik atau pun memberikan perasaan tidak nyaman pada penderita. Untuk mengurangi atau menghilangkan keloid, sebenarnya harus dilihat dulu kondisi keloid Anda; seberapa besar jaringan parut tersebut. Umumnya, untuk mengurangi ukuran keloid, digunakan suntikan triamcinolone.

Mengenai metode atau pun cara-cara lain dalam penanganan keloid, baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK).

Demikian dan semoga bermanfaat.

1 Thanks
on 30 May 2012
Jakarta, Indonesia

Ini jawaban dokternya gak bisa di-reply lagi ya? Sekedar masukan aja. Mungkin webnya bisa di-update, jawaban dokter bisa dikomentari lagi. Jadi web-nya bisa lebih interaktif dan kalo kita baca, jadinya semacam diskusi gitu.

Btw saya ada pertanyaan juga buat dokter. Memang gak sama dengan pertanyaan di thread ini, tp mungkin bisa dibilang 'satu kelompok'

Waktu usia 13 tahun, wajah saya tergores bambu. Goresannya lumayan panjang, mulai dari daerah hidung sampai daerah dagu. Sekarang bekas luka yg memanjang tersebut sangat terlihat jelas. Ada obat untuk ngilangin bekas luka tersebut nggak?

Terima kasih sebelumnya.

Say Thanks
on 30 May 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat malam, Alisyah.

Dari cerita yang anda sampaikan, kelainan tersebut dalam bidang medis dikenal dengan scar hiperrofi.
Perbedaan antara scar hipertrofi dan keloid adalah:

Contohnya saja diwajah kita terdapat luka goresan berukuran sepanjang 1 cm. Pada scar hipertrofi, pada bekas luka tersebut akan tumbuh jaringan parut yang bentuknya sama dengan bekas luka tersebut. Sedangkan pada keloid, jaringan yang tumbuh dapat meluas melebihi bekas luka tersebut.

Semoga membantu ;D

1 Thanks
on 30 May 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Untuk pengobatannya sama dengan keloid :D

Say Thanks
on 30 May 2012
Jakarta, Indonesia

@ dr. Fresia
Selamat malam juga, Ibu dokter :)

Pengobatannya apakah hanya melalui suntikan (seperti yg disebutkan dr. Alan Goni) atau ada yang lain?

Kemudian, di televisi kan ada iklan mengenai produk berupa cream untuk penyakit semacam ini. Yang di tv disebutnya bisa menghilangkan bekas luka operasi. Menurut dokter, itu gimana? Beneran bisa atau cuma produk asal2an?

Terima kasih.

Say Thanks
on 30 May 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Seiring dengan majunya ilmu kedokteran. Makin banyak obat-obatan yang bisa digunakan untuk menyamarkan bekas luka keloid/scar hipertrofi.

Menurut ' Standard guidelines of care: Keloids and hypertrophic scars ' , terapi untuk keloid dan scar hipertrofi adalah :

1. Injeksi kortikosteroid intralesi ( seperti yang disebutkan oleh dr.Alan ). Ini adalah pengobatan yang paling sering digunakan.
2. Injeksi 5- FU intralesi dikombinasikan dengan insisi/pembedahan pada keloid, jika dengan pengobatan kortikosteroid gagal
3.Imiquimod 5% krim : sampai sekarang masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk pembuktian efektifitas obat ini pada luka keloid akibat pembedahan.
4.Silikon ( dalam bentuk krim dan gel ) : berfungsi untuk menyamarkan bekas luka. Sampai sekarang juga masih diperlukan penelitian lebih lanjut dan penelitian pada sekelompok orang yang lebih besar untuk pembuktian efektifitas obat ini pada keloid dan scar hipertrofi.
Keuntungan dari cream ini : Mudah digunakan, tidak invasif, dan tanpa efek samping.

Saran saya berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit dan kelamin di kota anda agar mendapat terapi yang tepat untuk anda.
Semoga membantu.

1 Thanks
on 30 May 2012
in partnership with