Profile
Asupan Makanan dan Diet

Bagaimana diet yang tepat dan cepat menurunkan LDL?

Bagaimana diet yang tepat dan cepat menurunkan LDL?
Bandung

Dok,, menurut hasil pemeriksaan lab. nilai LDL saya tinggi (124 dari 100) tapi nilai kolesterol saya masih normal (184 dari 200). Untuk informasi saya memiliki berat badan 58 kg dengan tinggi badan 164 cm dan bergolongan darah O. Bagaimana ya caranya menurunkan nilai LDL tetapi sekaligus meningkatkan HDL dengan tetap mengkonsumsi makanan yang saya sukai? selama ini saya berdiet sesuai golongan darah.

Answers

2 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat siang,

    Nilai LDL dibawah 100 mg / dL adalah nilai yang optimal. Nilai 124 mg / dl masih dapat dikatakan normal (bukan dikategorikan sebagai tinggi), walaupun tidak optimal. Nilai LDL dinyatakan tinggi apabila lebih dari 160 mg /dl.

    Perbandingan tinggi dan berat badan anda juga masih dalam batas normal (ideal).

    Banyaklah makan buah-bauahan dan sayur mayur. Setiap makanan yang tinggi kadar seratnya dapat membantu memperbaiki status profil lipid anda. Saat ini dengan kadar LDL 124 mg /dL, tidak ada suatu hal yang perlu dikhawatirkan, kecuali bila anda mempunyai faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti:
    merokok, kebiasaan minum alkohol berlebih, dan kegemukan (obesitas).

    Semoga membantu. Terima kasih.

  • Selamat siang,

    Makan makanan rendah kolesterol serta lakukan olah raga teratur, seperti berjalan selama 30 menit setiap harinya. 1 munggu minimal 4x.

    Semoga membantu

Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
Memasuki masa puber, anak perempuan akan mengalami perubahan pada tubuhnya. Sebgai orangtua Anda harus siap memberikan penjelasan kepadanya, termasuk soal menstruasi. Cara Bicara Tentang Menstruasi Pada Anak Selama masa kehamilan, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan berikut ini. Pasalnya. imun tubuh ibu hamil dan perkembangan janin lebih rentan terkena bakteri. Ibu Hamil, Hindari Makanan Ini