Profile
Hamil

kesehatan pada ibu hamil, masa kehamilan, saat ibu hamil

kesehatan pada ibu hamil, masa kehamilan, saat ibu hamil
Balikpapan

salam kenal dok,,, saya ingin menanyakan saya hamil anak pertama usia kehamilan saya baru 6 minggu kebetulan saya sudah cek usg kata dokter yang saya datangi janin saya normal tdk ada masalah,,cuma saya ada keluhan masalah keputihan ,,kebetulan keputihan saya bewarna putih susu tapi klo lagi beraktivitas dikerjaan keputihan saya bewarna putih kekuningan tetapi tdk gatal dan tidak berbau tajam,yang ingin saya tanyakan apakah itu berbahaya,dan membahayakan janin saya dok??? mohon jawabanya dok ,,,thanks,,

Answers

4 answers

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Keputihan ada yg fisiologis/normal jg ada yg patologis. Bila keputihan itu yg patologis memang bisa membahayakan kehamilan krn bisa menginfeksi kehamilan, sehingga dpt menyebabkan persalinan prematur. Saran saya bila keputihan ibu sdh patologis, yaitu berwarna kuning, kehijauan, ada bau atau gatal sebaiknya diberi obat.

  • dr. Aldika Akbar SpOG dr. Aldika Akbar SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Malam Lena...
    Pada kehamilan umumnya lebih sering terjadi keputihan yang normal; ini disebabkan perubahan hormonal yang memacu dikeluarkannya cairan dan sekret dari vagina yang lebih banyak. Yang penting adalah membedakan ini keputihan yang normal atau tidak; dengan ciri yang telah disebutkan dr Didi di atas. Jika abnormal sebaiknya diobati. Semoga bermanfaat.

    dr. Aldika Akbar SpOG
    RS Husada Utama

  • dr.sy juga mengalami keputihan patologis, mendat terapi clindacyn 2 x1 slama 5 hr dan progina care. apakah terapi nya sdh bnr dok?karena tdk terdapat perubhan yg signifikan.

  • Selamat Malam,

    Keputihan atau dalam istilah medis disebut leukorea/fluor albus merupakan gejala keluarnya cairan dari vagina selain darah haid.Keputihan ada yang fisiologik (normal) dan ada yang patologik (tidak normal). Keputihan bukan merupakan penyakit melainkan salah satu tanda dan gejala dari suatu penyakit organ reproduksi wanita
    Keputihan fisiologis berwarna bening hingga keputih-putihan, lendir yang encer, tidak gatal, tidak berbau dan tidak terdapat rasa perih pada vagina. Keputihan ini dapat terjadi karena perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi.
    Sedangkan keputihan patologis biasanya dikarenakan keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat :
    - Infeksi jamur (candidiasis vaginalis)
    - Infeksi bakteri (vaginosis bakterialis)
    - Vaginitis (peradangan vagina)
    - Penyakit menular seksual (gonore, trikomoniasis, klamidia)
    - Penggunaan bahan/produk yang mengiritasi (pembalut, pantyliner, pelumas, kondom, sabun, losion, parfum)
    dan sebagainya
    Keputihan patologis ini memiliki ciri-ciri yaitu jumlahya banyak, warnanya seperti susu basi, cairannya mengandung berwarna kekuning-kuningan sampai hijau, disertai rasa gatal, pedih, terkadang berbau amis dan berbau busuk. Jenis keputihan yang Anda alami termasuk keputihan yang tidak normal. Untuk pengobatannya harus diketahui terlebih dahulu apakah penyebab dari keputihan ini dikarenakan infeksi jamur/bakteri/ parasit. Dengan mengetahui penyebabnya maka dapat diberikan pengobatan secara tepat. Sebaiknya Anda segera ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

    Obat yang Anda maksudkan merupakan antibiotik. Apabila keputihan yang Anda alami disebabkan karen abakteri, maka penggunaan obat ini sudah tepat. Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda periksakan segera ke dokter.
    Berikut ini beberapa cara untuk mencegah keputihan, yaitu
    - Menjaga daerah genital agar tetap bersih dan higienis
    - Hindari mandi / berendam pada kolam umum
    - Menggunakan celana dalam dari bahan katun, tidak menggunakan celana dalam yang ketat
    - Mengurangi stress
    - HIndari pemakaian produk pencuci organ intim secara berlebihan

    Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di :
    http://meetdoctor.com/mobile/article/hindari-penyebab-keputihan

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Posisi Tidur dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan Posisi Tidur dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan Posisi Tidur dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan Posisi Tidur dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan