MEETDOCTOR

Profile
Nasal Polyp (Polip Hidung)

Bagaimana mengatasi alergi debu dan cuaca dingin?

Bagaimana mengatasi alergi debu dan cuaca dingin?
Seseorang
Pekanbaru

Siang Dok, saya penderita alergi terhadap debu dan cuaca dingin, jika alergi saya kambuh, saya akan bersin dan kepala saya akan pusing, bagaimana cara mengatasinya? thanks, GBU :)

Answers

2 answers

  • Penanganannya mencakup 3 hal, yaitu :

    1. Hindari pencetus alergi yang sudah anda ketahui seperti : debu, bulu binatang tertentu, serbuk sari tanaman, serangga dll.

    2. Obat-obatan : kondisi seperti ini biasanya dikendalikan dengan obat-obatan golongan anti-histamin dan dekongestan. Sebelum menggunakan obat-obatan tersebut sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

    3. Imunoterapi : Jenis terapi ini digunakan pada kondisi alergi yang membandel dan sulit dikendalikan dengan obat. Tujuan terapi ini adalah mengurangi sensitifitas (de-sensitifikasi) terhadap faktor pencetus alergi.

    Semoga membantu. Terima kasih.

  • dr. Emmy Pramesthi Soelistijani, Sp THT-KL dr. Emmy Pramesthi Soelistijani, Sp THT-KL Dokter Spesialis Penyakit THT - Kepala Leher

    Dear seseorang,
    Penatalaksanaan alergi adalah aviodance, menghindari alergen penyebab. Baru kemudian penggunaan obat obatan anti alergi.
    Untuk debu, lakukan pembersihan secara basah pada perabot rumah tangga, hindari karpet, tumpukan buku, penggunaan selambu/korden yang banyak lipatan......sehingga debu tidak menumpuk ....
    Salam....

Anda punya pertanyaan seputar Nasal Polyp (Polip Hidung) ?
Ask Doctor

Popular Article

Simak Tips mengajarkan anak berpuasa yang sehat dari dokter spesialis anak agar ibadah puasa di bulan Ramadan dapat berjalan lancar. Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Berikut sepuluh gejala sakit maag yang sering muncul. Sakit Maag, Ini Gejalanya