bagaimana mengatasi biduran ? Mengapa biduran bisa terjadi ?
on 20 Jun 2012

tubuh saya tiba - tiba terasa gatal .awalnya saya kira itu karena terkena bulu ulat karena ada bercak merah besar dan banyak,yang timbul di lengan saya . Saya tak tahu pasti apa penyebabnya . Dan saya takut mengalami hal ini . Karena saya baru kali ini mengalaminya . Lalu bagaimana saya mengatasi biduran ? Karena menurut ibu saya biduran jika diberi obat akan mengakibatkan gendut ? apa benar ? apa saya hanya perlu minum jamu bersih darah saja ?terima kasih

2 Answers

Hai, Selamat pagi Rima,

Urtikaria atau istilah yang biasa dikenal dengan nama biduran adalah reaksi alergi pada kulit, berwarna merah atau berwarna keputihan dan gatal, sebagai akibat pembengkaan antar sel. Hal ini terjadi sebagai akibat pelebaran pembuluh darah dan peningkatan kepekaan pembuluh darah kecil sehingga menyebabkan pengeluaran cairan dari dinding pembuluh darah, akibatnya terjadi bentol pada kulit.

Faktor pencetus reaksi alergi ini dapat berbeda pada setiap orang. Antara lain, jenis makanan tertentu, obat-obatan, gigitan serangga, faktor fisik, faktor cuaca, faktor genetik, bahan-bahan kontak (bahan pakaian, kosmetik, sabun, dll) dan faktor psikis.

Untuk mengatasinya adalah dengan menghindari faktor pencetusnya. Untuk pengobatannya dapat diberikan secara topikal (di permukaan kulit) maupun dengan cara di minum. Untuk pengobatan topikal dapat dipakai bedak yang mengandung asetil salisilat untuk mengurangi gatal, salep yang mengandung antihistamin dan kortikosteroid. Untuk obat minum dapat dipakai golongan antihistamin, namun harus dengan resep dokter. Saya menyarankan untuk tidak mengkonsumsi jamu bersih darah.

Sekian dan terima kasih.

Say Thanks
on 20 Jun 2012

saya sudah terlanjur dibelikan jamu bersih darah oleh ibu saya.. dan hasilnya lgsung sembuh dok.. memang kenapa dengan jamu bersih darah saat biduran?

Say Thanks
on 13 Jul 2012
in partnership with