"Bagaimana mengatasi Flu yang tak kunjung sembuh"
on 17 Sep 2012

dok saya cowok 22 tahun, terserang flu udah sekitar 1 bulanan yang lalu tapi blm kunjung sembuh juga. udah periksa ke dokter katanya "faktor keturunan" setelah d ksh obat dokter blm sembuh juga. akhirnya inisiatif beli obat flu mulai mixagrip, neozep, ultraflu, bodrex dll, trs beli juga vitamin2 seperti pharmathon, c 1000 dll juga blm sembuh juga dok. flu saya tu rentan/ paling parah kumatnya saat pagi dok. saat hidung terkena air (wudhu) setelah bangun pagi/ saat dingin. saya kenapa ya dok? and gmna solusinya.

Muhammad Zamroni
Yogyakarta

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Hai, selamat sore.

Dari cerita Anda, yang dialami bukan flu, melainkan lebih mengarah ke reaksi alergi, yang dinamakan rhinitis alergi.

Bentuk alergi ini, misalnya bersin-bersin di pagi hari apabila terpapar udara dingin, debu, dan lain-lain. Saran saya, Anda coba berobat ke dokter THT.

Pengobatan bervariasi. Untuk di rumah, biasakan bersihkan rumah secara berkala, hindari debu dan udara dingin. Bila menggunakan penyejuk ruangan, bersihkan filter secara berkala. Kenakan masker bila di area berdebu.

1 Thanks
on 17 Sep 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat sore,
Dari riwayat cerita anda, kemungkinan anda menderita rhinitis allergicans chronic yaitu penyakit gangguan hidung seperti flu atau infeksi hidung yang terjadi lebih dari 2 minggu disebabkan karena menghirup alergen (bahan2 yang menyebabkan alergi) berulang-ulang. Hal ini bisa disebabkan faktor herediter atau faktor lain seperti asap rokok,cuaca,kelembaban yang tinggi.
Yang harus anda lakukan adalah hindari bahan2 atau zat yang merangsang alergi tersebut.Pengobatan bisa diberikan antihistamin seperti CTM 3x1 di kombinasi kortikosteroid seperti dexametasone 3x1.
Demikian,semoga membantu.

Say Thanks
on 17 Sep 2012
in partnership with