x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Bagaimana mengatasi kaki bengkak
on 15 May 2012

Kaki kanan saya membengkak seperti kaki orang hamil setelah berpergian dan seakan-akan otot serasa tertarik, dan tangan kanan juga seakan akan menjadi besar ketika digenggamkan. Jika terlalu lama duduk sering terjadi hal demikian pada kaki dan tidak pada tangan. Ketika saya istirahat kaki tersebut biasanya mengempis kembali. Namun kali ini sudah lebih dari dua hari kaki tersebut masih bengkak, namun tangan sudah tidak lagi. Kira-kira apa penyebabnya ya dok, sehingga keadaan tersebut sudah lebih dari dua hari masih seperti itu. Apa tindakan pengobatannya selain minum obat? Terimakasih

Seseorang
Bintaro, Jawa Barat, Indonesia

1 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Halo Selamat Siang. Gejala seperti ini biasanya terjadi akibat adanya gangguan pada pembuluh darah (arteri), namun bisa juga akibat gangguan pada pembuluh darah balik (vena). Apabila terjadi pada daerah betis / kaki biasanya disebut sebagai foot varices/varicosis.

Coba anda tangani kompres dingin (cold/ice packs) selama 10 menit, dua kali sehari. Apabila gejalanya berkurang maka kemungkinan besar yang bermasalah adalah pembuluh darah balik (vena). Bila bertambah nyeri dengan kompres dingin, maka kemungkinan masalahnya ada pada pembuluh darah arteri. Bila demikian anda dapat meredakan nyerinya dengan kompres hangat (hot packs).

Masalah pada pembuluh darah vena juga dapat dibantu dengan mengenakan stocking khusus untuk varices. Sebelum memakainya, periksakan diri anda terlebih dahulu sehingga dapat dipastikan bahwa masalahnya memang ada pada vena dan derajat penyakit varices-nya belum terlalu berat.

Untuk varices/kelainan pembuluh darah berat, therapi yang dianjurkan adalah dengan sclerosing agent (menyumbat / menghilangkan pembuluh darah tersebut) dengan obat khusus, atau dengan operasi kecil.

Demikian, semoga membantu. Terima Kasih.

Say Thanks
on 15 May 2012
in partnership with