bagaimana mengatasi sakit kepala yang berkepanjangan?
on 02 Oct 2012

Dok, maaf saya mau bertanya. Sudah 2 minggu saya mengalami sakit kepala, di bagian belakang dan juga atas. Rasanya seperti ditekan begitu. Saya sudah berkunjung ke dokter dan juga minum berbagai obat, mulai dari bodrex, neuralgin, hingga yang terakhir diberi analsik. Namun, sakitnya hanya hilang kalau saya minum obat. Jika sudah siang dan blum minum obat sama sekali, saya suka sakit lagi. Kata dokter tempo hari, saya mungkin kurang tidur. Tapi, belakangan ini saya sudah perbaiki pola tidur saya dan saya termasuk orang yang selalu tidur siang, bahkan bisa tidur siang sampai2-3 jam. Kira2, saya itu kenapa ya dok? Sakit kepalanya sangat mengganggu aktifitas. Apa mungkin ada hub nya dengan mata juga? Karena minus saya memang kurang lebih mencapai 5. Bagaimana ya dok sarannya? Terimakasih sebelumnya.

Seseorang
indonesia

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat pagi,

Dilihat dari gejalanya, diagnosisnya mengarah ke adanya sakit kepala "tension headache". Sakit kepala ini diakibatkan oleh ketegangan dan gangguan otot-otot belakang kepala dan leher.

Sebagai penanganan pertama, lakukanlah massage (pemijatan) secara teratur otot-otot pundak, leher belakang, dan kepala dengan tetap minum obat yang sudah disarankan oleh dokter anda. Apabila tidak kunjung hilang dalam waktu 3 bulan, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan tambahan berupa CT Scan / MRI.

Visus / gangguan penglihatan bisa juga menjadi pencetus apabila kaca mata yang anda pakai sudah tidak sesuai lagi dengan visus anda. Bisa juga dipengaruhi oleh perbedaan visus yang terlalu besar antara mata kanan dan kiri (berbeda lebih dari 2,5 dioptri antara visus mata kanan dan kiri).

Sebagai alternatif pengobatan anda juga dapat mencoba jenis pengobatan yang dijelaskan pada link ini :
http://meetdoctor.com/topic/chiropractic

Semoga membantu. Terima kasih.

3 Thanks
on 02 Oct 2012
Surabaya

Dok, maaf saya mau bertanya. Sudah beberapa bulan ini saya merasakan sakit kepala dibagian depan sampai samping dan rasa sakitnya tiba-tiba muncul dan hilang. Awalnya sakitnya hanya bagian sebelah kanan saja, dan saya mengira hanya sakit kepala biasa aja yang disebabkan kelelahan atau perut kosong. Perlahan rasa sakitnya muncul di sebelah kiri juga. Rasa sakitnya sama seperti di sebelah kanan terasa kaya ditusuk-tusuk. Karna saya kira mungkin hanya sakit kepala biasa juga jadi saya mengatur pola hidup saya dengan makan jgn sampai telat dan istirahat yang cukup. Tapi,tepatnya sebulan yang lalu gejalanya masih aja muncul hingga mengganggu penglihatan saya. Dan sekarang pusing yang menyebabkan saya hampir roboh.
Selanjutnya apa yang harus saya lakukan Dok,?? Karena sejujurnya saya paling males untuk ke Rumah Sakit, apa lagi jika ini hanya sakit kepala biasa saja.
Terima kasih sebelumnya.

Say Thanks
47 weeks 11 hours ago
in partnership with