Profile
Kesehatan Anak

bagaimana menghilangkan bercak putih pada kulit anak?

bagaimana menghilangkan bercak putih pada kulit anak?
Pemalang

anak saya usia 20 bulan berat badannya14 kg, anaknya aktif, masih ASI dan susu formula,mandi 2 kali sehari dengan air hangat dan memakai sabun baby,yang saya tanyakan kenapa yah dok kulit anak saya ada bercak putihnya (seperti panu) berbentuk bulat kecil di wajah, ditangan jg ada, bagaimana cara menghilangkannya dok?mohon jawabannya. terima kasih dok

Answers

3 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Hai, selamat siang.

    Sudah berapa lama keluhan tersebut dialami? Apakah sedari lahir sudah ada atau baru saja tampak? Apakah disertai keluhan lain, misalnya gatal? Berapa banyak bercak putih tersebut? Apakah hanya pada wajah dan tangan?

    Bercak putih dapat berarti banyak kemungkinan. Kemungkinan paling umum, yaitu pityriasis alba, tinea versicolor (panu), vitiligo, atau nevus depigmentosus (bercak putih yang sedari dulu sudah ada; berlawanan dengan tahi lalat). Mengenai hal ini baiknya diperiksakan ke dokter.

    Demikian dan semoga bermanfaat.

  • dari sejak usia satu bulanan bru saya melihatnya,sepertinya tidak gatal dok soalnya anak saya tidak pernah mengeluh dan menggaruknya, di kaki jg ada tapi agak kecoklatan warnanya.
    terima ksih atas penjelasannya dok

  • Selamat pagi,

    Bercak putih pada kulit bayi dapat disebabkan oleh infeksi jamur, kelainan kulit yang disebut Pityriasis alba serta kelainan kulit vitiligo.

    Bercak putih yang disebabkan oleh infeksi jamur, biasanya tampak bersisik dan menimbulkan gatal. Kedua, untuk Pityriasis alba sampai saat ini tidak diketahui penyebabnya. Lesi yang muncul biasanya adalah bercak berbentuk bulat atau oval, berwarna merah muda dan terlihat kering yang semakin lama akan mengalami hipopigmentasi sehingga kulit berwarna putih.

    Lokasi munculnya bercak putih pada ptyriasis alba ini adalah pipi, leher, lengan, dan tubuh bagian atas. Lesi ini semakin bertambah jelas setelah terpapar sinar matahari. Keluhan ini seringkali muncul pada bayi dengan jenis kulit kering.

    Penyebab lain dari timbulnya bercak putih pada wajah bayi adalah vitiligo. Vitiligo terjadi saat sel yang memproduksi melanin mati dan tidak lagi membentuk pigmen, menyebabkan perlahan membesarnya bercak putih pada kulit. Melanin adalah pigmen yang mengatur warna kulit, mata dan rambut.

    Langkah mengatasi bercak putih pada wajah bayi adalah dengan melakukan pemeriksaan pada dokter untuk memastikan penyebab bercak putih yang muncul pada kulit anak Anda.

    Dokter akan dapat melihat langsung bercak yang dimaksud. Dengan melihat secara langsung dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan, maka dapat ditentukan penyebab bercak putih pada kulit anak Anda. Pengobatan selanjutnya akan berdasarkan penyebab timbulnya bercak putih tersebut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Anak ?
Ask Doctor
Vagina kering adalah kondisi yang dialami wanita sebelum dan sesudah menopause. Istilah lain kondisi ini adalah vaginal atrophy,… Susah Bercinta karena Vagina Kering? Kista payudara diawali benjolan. Berbahayakah? Kista Payudara, Penyebab dan Gejalanya