x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
bagaimana mengobati kepala pusing sebelah disertai otot leher kaku
on 20 Nov 2012

selamat siang pak/bu dokter yang terhormat, sudah 4 bulan saya menderita pusing kepala sebelah kiri dan kadang2 disertai dengan otot leher dan punggung agak kaku. saya sudah mengunjungi beberapa dokter ahli syaraf dan sudah di MRI hasilnya di otak tidak ada masalah, jadi dokter hanya memberikan obat anti sakit, obat penenang, obat tidur dan dolo neurobion. tetapi hanya bertahan sebentar. dan malah sekarang telinga sebelah kiri ada sedikit bunyi bedenging. dan pada bulan yang lalu, pusingnya sudah sangat luar biasa di sertai dengan kondisi badan yang lemah. tiap malam keluar keringat dingin dan tidak bisa tidur. akhirnya saya berobat ke singapore. dokter neurologist and sleep center gleneales hospital. dan dokter di sana hanya lihat hasil MRI yg saya bawa terus di minta isi beberapa pertanyaan, dan selanjutnya di wawancara dan sebagainya seperti yg di lakukan dokter syaraf di indonesia. akhirnya dokter bilang tidak di temukan apa2. dan di berikan obat ginggo biloba, obat vertigo, dan obat buat enak tidur (bukan obat tidur) untuk sebulan. tetapi setelah mengkonsumsi obat2 tersebut tidak memberikan efek sama sekali. akhir saya hanya mengkonsumsi obat ginggo biloba dan obat buat enak tidur. pada hari kedua karena kondisi badan sangat tidak enak alias lemas dan demam. akhirnya saya periksa ke dokter internist RS. setempat. setelah di endoscopy ternyata di usus ada luka yg cukup serius dan ada tumbuh polip. akhirnya polip di buang dengan cara di laser. dan oleh dokter di kasih anti biotik selama 10 hari. cravit 500 mg = 10 biji, levofloxacin (anti virus) = 20 biji, (librax, nexium, probiotics, meteospasmyl) => obat pencernaan selama sebulan. setelah mengkomsumsi obat2 dokter berangsur2 keadaan saya sudah sehat kembali dan kepala sudah tidak terlalu pusing lagi. sekarang semua obat telah habis di minum +/- sdh 1 bulan. tetapi kadang2 saya merasa ada 1 syarat di kepala sebelah kiri sampai ke bahu yg kurang enak. ini tidak membuat sakit tapi sedikit pusing dan cukup menggangu konsentrasi. biasanya seperti ada sesuatu sebesar ibu jari menempel di bagian bawah sebelah kiri kepala dan pelan2 mencair dan menjalar ke bagian sebelah kiri atas dan terjadilah sedikit pusing. kadang2 sampai ke pipi/muka sebelah kiri rasanya gak enak seperti ada semut2 kecil (kalau agak parah) dan telinga pun makin berdeging. saya juga sudah periksa ke THT masalah telinga, lagi2 juga tidak di temukan apa2. jadi saya mohon dok, sebenarnya apa penyebab kepala pusing sebelah? saya harus berobat ke dokter bagian apa? mohon saran dan petunjuk dari pak/ibu dokter. sebagai catatan. saya olahraga teratur, ada konsumsi obat hipertensi intervask 5 mg, cek kolestrol dan asam urat teratur. berat badan 66 kg tinggi 165 cm. terima kasih atas bantuan informasinya. salam

samsudin
jakarta barat

1 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat siang,

Sepertinya Bapak mengalami kondisi gangguan otot, tulang, dan persendian di daerah leher. Gangguan ini memang dapat menyebabkan sakit kepala dan sulit tidur yang berkepanjangan.

Saya anjurkan bapak untuk menjalani fisioterapi guna melemaskan otot dan persendian di daerah leher setelah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter spesialis rehabilitasi medis.

Sebagai alternatif lain, Bapak juga bisa mengatasi keluhan sakit kepala dan leher tersebut dengan terapi Chiropractic. Informasi mengenai terapi Chiropractic dapat dilihat di link berikut ini :

http://meetdoctor.com/topic/chiropractic

Terima kasih.

1 Thanks
on 20 Nov 2012
in partnership with