Profile
Kesehatan Anak

bagaimana mengobati radang gusi ?

bagaimana mengobati radang gusi ?
Semarang

bagaimana mengobati radang gusi ?

Answers

3 answers

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo,

    Radang gusi adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada gusi. Sebagian besar kasus radang gusi termasuk kondisi yang ringan hingga menengah, tetapi sebaiknya diobati sesegera mungkin. Radang gusi yang dibiarkan begitu saja berpotensi berkembang menjadi periodontitis. Komplikasi yang serius ini merupakan inflamasi pada jaringan dalam gusi dan tulang yang umumnya berujung pada gigi yang tanggal.

    Penyebab utama radang gusi adalah penumpukan plak. Plak terbentuk dari kumpulan bakteri dan sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi. Berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang untuk terkena penyakit ini :
    - Kesehatan mulut yang tidak terjaga, misalnya karena malas menyikat gigi.
    - Merokok atau menggunakan tembakau dalam bentuk lain, misalnya tembakau kunyah. Kebiasaan ini akan menyebabkan jaringan gusi sulit untuk beregenerasi.
    - Gigi palsu dengan ukuran yang tidak pas.
    - Kekurangan nutrisi.
    - Mengidap diabetes. Penyakit ini dapat meningkatkan risiko infeksi.
    - Pengaruh usia.
    - Infeksi akibat jamur dan virus tertentu.
    - Memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun, misalnya karena HIV atau kemoterapi.
    - Perubahan hormon, misalnya pada masa pubertas atau kehamilan.
    - Pengaruh obat-obatan tertentu. Ada beberapa jenis obat yang bisa menurunkan produksi air liur.
    - Penggunaan obat-obatan terlarang.

    Untuk pengobatannya, biasanya diperlukan wawancara medis untuk mengetahui penyebab radang gusi pada anda dan setelah itu dilakukan pemeriksaan langsung terhadap gusi anda. Sehingga saran saya ada baiknya anda segera memeriksakan keluhan anda ke dokter gigi agar mendapat penanganan yang tepat.

    Thx, semoga bermanfaat.

  • Dibulan november sy cabut gigi kiri atas (karena sering nyeri) dan dibulan desember di geraham kanan bawah (bukan karena nyeri tapi karena giginya tiba2 bengkok ke arah lidah sehingga sulit makan dan bicara)
    Setelah cabut gigi, gusi kanan bawah sy tdak sakit malah sebaliknya gusi kiri bawah (giginya copot da lama) yang sering sakit ad bengkak,
    Dokter spesialis tadinya beri resep OGB As. Mef dan metronidazol (tidak ada perubahan) berikut ibuprofen dan amoxicillin (tdk ada perubahan) berikut Cataflam (nyerinya hilang cuma bberapa jam)
    Sy baca di internet pengobatan tradisional menghilangkan nyeri gusi dan mencobanya (hilang sesaat dan kembali lagi nyerinya), karena nyerinya sampai dikepala dan otot akhirnya sy Minum Obat Neuralgin, alhamdulillah setidaknya sy bisa beraktifitas, hanya saja hampir tiap malam dalam 1minggu ini nyeri gusi sering kumat. Dan sy minum obat Neuralgin. Pertanyaan apa tidak berbahaya keseringan minum obat Neuralgin?

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat siang,
    Neuralgin merupakan nama dagang atau nama obat paten. Kandungan bahan aktif pada neuralgin cukup banyak. Neuralgin mengandung metamphiron, vitamin B1 (tiamin), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B12 (sianokobalamin), dan kafein (trimethylxanthine). Melihat dari kandungan tersebut, neuralgin mengandung khasiat analgetik dari metamphiron, yakni untuk mengurangi nyeri dan pegal-pegal. Selain itu metamphiron juga memiliki khasian antipiretik, yakni mengurangi demam ringan. Neuralgin juga mengandung vitamin B kompleks yang baik untuk kesehatan saraf, pembentukan sel darah merah, dan sumber tenaga tubuh. Neuralgin juga mengandung kafein yang merupakan zat stimulan. Kafein terkenal dapat membuat seseorang bersemangat, tidak mengantuk. Kafein juga memiliki efek mengurangi rasa nyeri.

    Asal minumnya setelah makan, masih relatif aman. Namun, alangkah baiknya di periksa kan ke dokter Gigi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Anak ?
Ask Doctor
Olahraga bisa dilakukan kapan saja, tapi ada waktu-waktu terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Waktu Terbaik untuk Berolahraga Olahraga bisa dilakukan kapan saja, tapi ada waktu-waktu terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Waktu Terbaik untuk Berolahraga