x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Bagaimana menurunkan kolesterol jahat (LDL)
on 27 Sep 2012

Dok, saya akhir-akhir ini merasakan keluhan nyeri dan cekot-cekot di kepala bagian bawah (tungkak) diatas leher. Kadang nyeri tersebut muncul kadang tidak. Dan kadang2 berpindah,kemarin disebealh kanan sekarang disebelah kiri. Setealha saya check up ternyata hasilnya sbb :
- Uric Acid : 4,5
- Cholesterol : 292
- Trigliserida : 127
- Cholesterol HDL : 45,7
- Cholesterol LDL : 220,9
ternyata LDL saya tinggi diatas angka normal 150
Yang saya mau tanyakan adalah :
1. Bagaimana pandangan Dokter ketika melihat hasil check up saya tsb? Menurut Dokter,bagus atau tidak?
2. Saya tdk memilki faktor turunan dari keluarga utk sakit jantung,darah tinggi maupun diabetes dan obesitas. Tetapi kenapa di usia saya yg msh muda (31th) saya sdh terkena kolesterol? Pola makan saya pun balance antara karbo,protein dan vitamin.Namun memang hari-hari sebelum saya melakukan chek up saya mmg mengkonsumsi seafood dlm kuantitas yg sering (maklum ada jamuan) namun hari berikutnya saya langsung merasa nyeri tsb dikepala bagian bawah. Apakah itu hasil dari timbunan lemak yg dahulu2 atau karena saya terlalu sering konsumsi seafood akhir2 ini?
3. Obat apakah yg bisa dokter sarankan utk saya konsumsi agar kolesterol jahat saya bisa turun? kalau bisa yang herbal dok.
4. Untuk berolah raga, saya harus seberapa sering dalam seminggu? mengingat saya orangnya mobile dan hanya ada waktu luang ketika weekend saja (sabtu-minggu)

Terima kasih atas respon dan waktu Dokter...

3 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat siang,

1. Kadar kolesterol anda memang cukup tinggi. Namun, dilihat dari kadar trigliserida yang normal, dapat saya simpulkan bahwa kemungkinan besar anda tidak menderita kegemukan / obesitas.

2. Adalah pandangan umum yang keliru bahwa pegal-pegal di belakang kepala disebabkan oleh karena kolestrol atau gangguan pada profil lipid. Gejala tersebut biasanya berasal dari gangguan otot, sendi serta persarafan di daerah leher, bukan oleh kenaikan kadar kolesterol.

Kadar kolesterol tinggi di usia muda tidak harus selalu diakibatkan oleh faktor keturunan, bisa juga dari pola hidup, makanan (kurang serat) sehari-hari dan kurangnya aktivitas fisik / olah raga.

3. Silakan anda minum suplemen yang mengandung asam lemak tak jenuh Omega 3. Dari sekarang, anda pun sudah dianjurkan untuk minum obat Simvastatin 10 mg per hari.

4. Cara alami untuk memperbaiki profil lipid dan kolestrol adalah dengan makan banyak sayur mayur, buah-buahan, dan makanan lain yang tinggi serat seperti : oatmeal, agar-agar dll. Lakukan aktivitas fisik / olah raga, 30 menit per hari, 4 kali seminggu.


Semoga membantu. Terima kasih.

1 Thanks
on 27 Sep 2012

Terimakasih atas jawabannya Dok,kemudian ada 1 hal lagi dok..apakah dengan hasil chek up saya tsb saya beresiko terkena jantung koroner? karena saya diberi info oleh teman saya kalau LDL/HDL diatas 3 itu beresiko jantung koroner. Apakah hal tsb benar Dok? terima kasih dan Selamat siang.

Say Thanks
on 27 Sep 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Memang betul, anda memang berisiko untuk terkena penyakit jantung dan pembuluh darah (Cerebrovascular disease /CVD).

Untuk ratio LDL/HDL, memang sebaiknya dibawah 5. Idealnya adalah 3,5.

Nilai ratio LDL / HDL anda = 4,9. Bila dilihat dari sini maka ratio LDL/HDL anda masih dalam batas normal, meskipun tidak ideal.

Namun demikian, American Heart Association (AHA) lebih menganjurkan agar risiko CVD dinilai dari hasil total kolestrol saja, karena lebih representatif untuk menilai risiko CVD. Pada hasil profil lipid anda, nilai untuk kolesterol = 292 mg/dL (tinggi). Untuk itulah saya menganjurkan pengobatan Simvastatin 10 mg per hari dan suplementasi asam lemak tak jenuh Omega 3.

Say Thanks
on 27 Sep 2012
in partnership with