Bagaimana ngobati Rinitis Vasomotor ?
on 07 Jul 2012

Bagaimana menyembuhkan Rinitis Vasomotor? Saya baru tahu kalau alergi dingin ini namanya 'Rinitis Vasomotor'. Saya memang alergi dingin dan dada terasa berat yang terasa berat setelah 3-4 jam di ruang AC. Teman saya juga alergi dingin sejak kecelakaan, dan dia bilang ke saya 'nggak ada obatnya'. :(

Seseorang
DKI Jakarta

3 Answers

Dokter
Kalimantan Timur

Selamat malam

Sebelumnya saya ingin meluruskan, alergi dingin bukan disebut rhinitis vasomotor. Rhinitis vasomotor itu sendiri adalah gangguan
keseimbangan fungsi vasomotor dimana sistem saraf parasimpatis relatif lebih dominan. Keseimbangan vasomotor ini dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berlangsung temporer, seperti emosi, posisi tubuh, kelembaban udara, perubahan
suhu luar, latihan jasmani dan sebagainya, yang pada keadaan normal faktor-faktor tadi tidak dirasakan sebagai gangguan oleh individu tersebut.
Pada umumnya pasien mengeluhkan gejala hidung tersumbat,
ingus yang banyak dan encer serta bersin-bersin walaupun jarang.
Gejala rhinitis vasomotor hampir sama dengan rhinitis alergi, karena itu untuk membedakannya memerlukan pemeriksaan secara langsung.

Rhinitis vasomotor sendiri bisa diatasi dengan dengan menghindari faktor penyebab, obat-obatan, dan jika obat-obatan gagal, dapat dilakukan tindakan operasi. Semua pengobatan ini tergantung dari berat ringannya penyakit anda, dan itu ditentukan oleh dokter yang memeriksa.

Semoga membantu

1 Thanks
on 08 Jul 2012
Dokter Spesialis Penyakit THT - Kepala Leher
Rumah Sakit Husada Utama, Surabaya

Rinitis vasomotor adalh suatu keadaan yang tidak diketahui penyebabnya, tanpa adanya infeksi, alergi, perubahan hormonal ( hamil, hipertiroid), riwayat penggunaaan obat-obatan (kontrasepsi, antihipertensi, aspirin, obat tetes hidung).

Dingin hanyalah faktor pencetus terjadinya gejala dan bukanlah suatu alegen ( penyebab alergi), alergen dapat berupa inhalan ( debu rumah, bulu hewan, tungau, jamur, rerumputan), ingestan (makanan), injektan ( masuk melalui suntikan / tusukan, misalnya injeksi penisillin, gigitan sengatan lebah).

Untuk mengatasinya, anda sebaiknya berolah raga secara teratur di udara terbuka, terutama saat pagi hari. Dengan berolah raga secara teratur diharapkan sistem vasomotor di hidung kita menjadi lebih baik, daya tahan tubuh meningkat.

Semoga bermanfaat.......


1 Thanks
on 09 Jul 2012
Dokter Spesialis Penyakit THT - Kepala Leher

Selamat malam.. Terapi rinitis vasomotor pada dasarnya adalah mengurangi frekuensi kekambuhan dan komplikasi yg mungkin ditimbulkan. Terpi yg ada saat ini konservatif dan bedah. Terapi bedah dimungkinkan bila rinitis vasomotor mengakibatkan gangguan anatomis bentuk rongga dan tonjolan hidung yg istilah medisnya ireversibel. Bila konservatif atau dengan obat2an tergantung derajat buntu hidungnya. Yg paling akhir bisa diberikan oobat spray berisi kortikosteroid selama 6 bulan terapi . Bila gagal maka perlu dipikirkan tindakan bedah. Selain itu juga olahraga yg baik, istirahat cukup, makanan ygsehat, tidak merokok juga bisa mengurangi . Demikian semoga berkenan.

1 Thanks
on 11 Jul 2012
in partnership with