Profile
Hamil

bagaimana penderita kista endometriosis bisa cepat hamil?

bagaimana penderita kista endometriosis bisa cepat hamil?
Semarang

dear dok, saya ibu rumah tangga usia 27 th. setahun yg lalu saya pernah hamil, namun di usia kandungan krg lbh 2bln sy mengalami keguguran. selanjutnya selama 1th ini saya n suami berusaha supaya cpt hamil lagi. sy punya riwayat endometriosis dok.4bulan yg lalu sy cek up ke dokter dari hasil USG ternyata endometriosis saya sudah berkembang menjadi kista endometriosis.dan berukuran krg lebih 6 cm.dokter menyarankan saya untuk melakukan oprasi laparoscopy.saya merasa belum yakin dg hasil USG dokter tsb.lalu saya mencoba berobat herbal lewat dokter herbal.1 bulan ini saya mengonsumsi obat2an herbal.yg saya tanyakan dok, apa masih mungkin bagi saya yg menderita kista endometriosis untuk bisa hamil normal tanpa operasi terlebih dahulu?satu pertanyaan lg,bulan lalu saya haid tanggal 21 september,,setelah itu selama masa subur,saya dan suami melakukan hubungan..bila sekarang saya ingin melekukan tes kehamilan apakah sudah bisa terdeteksi dok?kapan sebaiknya sy melakukan tes?terima kasih..

Answers

4 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Ibu, sebelum merencanakan yang lain, lebih baik ditangani terlebih dahulu kista tersebut sesuai anjuran dokter kandungan.

    Tentang obat herbal, disini saya tidak dapat memberikan opini karena banyak yang belum dibuktikan secara ilmiah.

  • terima kasih dokter,untuk kista endometriosis dg ukuran 6 cm memang harus di operasi ya dok?kira2 berapa estimasi biaya untuk operasi laparoscopy dok?

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Ibu melakukan test kehamilan bila sampai tgl 21 oktober belum mens. Kista endometriosis dg diameter 6 cm sebaiknya dilakukan operasi dg Laparoskopi utk menghindari perlekatan pasca operasi. Dg terapi alternatif biasanya akan sulit mengecil. Dan jangan dilakukan pemijatan2 di bag perut. Saran saya ibu segera operasi Laparoskopi

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat malam,

    Kista dibedakan menjadi 2, yakni kista fisiologis dan patologis. Kista fisiologis adalah kista yang akan menghilang pada saat siklus haid yang akan datang. Disebut patologis jika kista itu tidak menghilang pada siklus haid berikutnya. Salah satu pemicu terjadinya kista adalah makanan berlemak. Subtitusi hormon estrogen dalam tubuh diduga juga dapat memudahkan tumbuhnya kista, miom, dan lainnya.

    Selama tidak mengganggu kehamilan, kista umumnya akan dibiarkan sambil dipantau apakah akan mengecil, menghilang, menetap dengan ukuran tetap, atau malah membesar. Hanya kista yang membesar yang dikhawatirkan dapat menimbulkan komplikasi dan kegawatan pada kehamilan. Pemantauan itu sekaligus untuk mengetahui, apakah ada keganasan pada kista atau tidak.

    Untuk mengetahui apakah suatu kista akan menjadi ganas atau tidak dapat dilakukan lewat pemeriksaan darah atau USG Color Doppler (warna). Dengan alat tersebut dapat diketahui arus darah yang mengalir ke kista. Kista dinyatakan ganas jika disertai ciri-ciri ada arus pembuluh darah yang bertambah ke arah kista tersebut. Juga ada gambaran tertentu seperti dinding yang menebal atau tak beraturan. Untuk memastikan kembali umumnya akan dilakukan pemeriksaan kadar kandungan Ca 125 yang dapat mendeteksi kecenderungan ke arah tumor ganas.

    Sehingga ada baiknya untuk anda dapat memeriksakan kembali kondisi anda saat ini, jika di rasa kista tersebut tidak semkain bertambahn besar dan tidak mengganggu kesehatan reproduksi anda, maka tentunya tindakan operasi tidak perlu dilakukan. namun untuk mengetahui lebih detail mengenai kondisi kista anda, dokter yang memeriksa anda secara langsung tentunya lebih mengetahui akan hal ini.

    Sebagai informasi tambahan, dapat anda buka link berikut ini
    : http://meetdoctor.com/article/obat-penyakit-kista-ini-pilihannya

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan 7 Bentuk Payudara Wanita 7 Bentuk Payudara Wanita