Bagaimana supaya bisa hamil?
on 01 Mar 2012

Hi dok, saya umur 27 thn sdh menikah 1thn lebih dan blm hamil jg. Kmrn ada cek ke dokter, sel telur kiri 2, kanan 2. Kami sekeluarga sel telur sedikit dan susah punya keturunan. Siklus haid saya 24hari. Bulan lalu minum obat blesifen 2x1 selama 5 hari, mens kedua-enam, dan siklus berubah jadi 26hari. Bulan lalu tidak berhasil, jadi bulan ini saya minum lagi karna dikasih obat untuk 3 bulan. Dan karna minum obat, hari pertama haid, perut sangat sakit. Untuk siklus haid saya, kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan supaya bisa hamil? Apakah sel telur saya tidak cukup matang sehingga tidak bisa terjadi pembuahan? Apakah saya memang harus melakukan program insem/ bayi tabung? Ditunggu jawabannya, makasih.

Seseorang
DKI Jakarta

1 Answers

Dokter
Singapore, Singapore

Hi,

Untuk bisa hamil, diperlukan faktor kesuburan dari 2 pihak, jadi Anda dan suami harus memeriksakan diri. Maksudnya dari jumlah dan kualitas sperma apakah baik.

Untuk Anda sendiri, dokter sudah memberi obat untuk membantu pematangan sel telur. Siklus 24-26 hari, berarti masa subur Anda sekitar hari ke 10-12, terhitung hari pertama haid. Di sekitar waktu itu, berarti setelah Anda selesai mens, coba lakukan hubungan seksual tiap 2 hari. Setelah hubungan, coba tetap dalam posisi berbaring selama mungkin (sekitar 15 menit). Jangan terlalu merasa terbebani untuk bisa behasil dalam usaha pertama, karena faktor psikologis seperti perasaan tertekan juga bisa berpengaruh.

Bila Anda sudah melakukan terapi selama kira2 6 bulan dan masih belum beehasil, sebaiknya diskusikan lagi dengan dokter untuk menempuh cara lain, misalnya inseminasi buatan.

Semoga berhasil :)

Say Thanks
on 02 Mar 2012
in partnership with