bartholin
on 10 Oct 2012

dok,dulu saat hamil 7 bulan saya punya benjolan bartholin di vagina yg akhirnya pecah sendiri dan dokter sdh sempat membersihkannya dgn memberi antibiotik. lalu skrg saya merasa benjolan tsb kambuh lg di tempat yg sama. tetapi msh sgt kecil. kata dokter saya,nanti saja stlh bersalin baru bartholin itu diangkat. apakah nanti tdk mempengaruhi jln lahir ya dok? krn saya ingin bersalin normal. apa dampaknya ke janin? pertanyaan kedua,apa ada dampaknya pada janin apabila mengoles balsam otot di kaki bumil? thx.

4 Answers

Selamat sore,

Berapa besar ukuran kista bartholini tersebut?
Ibu tidak perlu khawatir, kista tersebut tidak berbahaya tetapi dapat menimbulkan nyeri serta jika ukurannya besar akan membuat jalan menjadi lebih sulit. Terapinya tergantung dari ukuran kista, apakah sudah terinfeksi, dan usia pasien.

Kista dengan ukuran kecil dapat hanya diobservasi saja dengan diompres air hangat beberapa kali dalam sehari selama 3-4 hari untuk mengurangi nyeri dan agar kista dapat pecah dengan sendirinya. Saat kehamilan, apabila kista tidak menimbulkan keluhan maka kista tidak perlu diterapi, cukup diobservasi/dipantau saja. Hal tersebut dikarenakan aliran pembuluh darah di daerah kemaluan meningkat dikarenakan kehamilan sehingga nantinya dikhawatirkan akan terjadi lebih banyak perdarahan.

Sedangkan untuk balsam otot, apa kandungan balsam tersebut?

Say Thanks
on 10 Oct 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Hai, Malinda.

Ketika dokter kandungan Anda mengatakan hal tersebut pastinya ia sudah membuat pertimbangan dengan melihat kondisi Anda. Memang, baiknya kista Bartholin baru diangkat setelah kelahiran karena bila diangkat sebelum kelahiran dapat memicu kontraksi pada Anda, dan malah dapat merangsang persalinan lebih cepat. Tidak ada dampak pada janin akibat kista tersebut karena tidak berhubungan.

Tidak ada efeknya dengan pengolesan balsam. Konsultasikan juga dengan dokter kandungan yang menangani Anda.

Say Thanks
on 10 Oct 2012

balsem yg saya gunakan adalah balsem otot geliga. biasanya saya oles hanya di kaki saja utk menghilangkan pegal. kandungan balsem yg tertera pd kemasan adl:
per 1 gram contains methyl salicylate 30%, peppermint oil 18,50%,white camphor oil 12,50%,base ad 100%. amankah dok? thx dok.

Say Thanks
on 10 Oct 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Aman bu, Tidak apa-apa.

Say Thanks
on 11 Oct 2012
in partnership with