Profile
Hamil

bartholin

bartholin
Kuta Bali

dok,dulu saat hamil 7 bulan saya punya benjolan bartholin di vagina yg akhirnya pecah sendiri dan dokter sdh sempat membersihkannya dgn memberi antibiotik. lalu skrg saya merasa benjolan tsb kambuh lg di tempat yg sama. tetapi msh sgt kecil. kata dokter saya,nanti saja stlh bersalin baru bartholin itu diangkat. apakah nanti tdk mempengaruhi jln lahir ya dok? krn saya ingin bersalin normal. apa dampaknya ke janin? pertanyaan kedua,apa ada dampaknya pada janin apabila mengoles balsam otot di kaki bumil? thx.

Answers

7 answers

  • Selamat sore,

    Berapa besar ukuran kista bartholini tersebut?
    Ibu tidak perlu khawatir, kista tersebut tidak berbahaya tetapi dapat menimbulkan nyeri serta jika ukurannya besar akan membuat jalan menjadi lebih sulit. Terapinya tergantung dari ukuran kista, apakah sudah terinfeksi, dan usia pasien.

    Kista dengan ukuran kecil dapat hanya diobservasi saja dengan diompres air hangat beberapa kali dalam sehari selama 3-4 hari untuk mengurangi nyeri dan agar kista dapat pecah dengan sendirinya. Saat kehamilan, apabila kista tidak menimbulkan keluhan maka kista tidak perlu diterapi, cukup diobservasi/dipantau saja. Hal tersebut dikarenakan aliran pembuluh darah di daerah kemaluan meningkat dikarenakan kehamilan sehingga nantinya dikhawatirkan akan terjadi lebih banyak perdarahan.

    Sedangkan untuk balsam otot, apa kandungan balsam tersebut?

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Hai, Malinda.

    Ketika dokter kandungan Anda mengatakan hal tersebut pastinya ia sudah membuat pertimbangan dengan melihat kondisi Anda. Memang, baiknya kista Bartholin baru diangkat setelah kelahiran karena bila diangkat sebelum kelahiran dapat memicu kontraksi pada Anda, dan malah dapat merangsang persalinan lebih cepat. Tidak ada dampak pada janin akibat kista tersebut karena tidak berhubungan.

    Tidak ada efeknya dengan pengolesan balsam. Konsultasikan juga dengan dokter kandungan yang menangani Anda.

  • balsem yg saya gunakan adalah balsem otot geliga. biasanya saya oles hanya di kaki saja utk menghilangkan pegal. kandungan balsem yg tertera pd kemasan adl:
    per 1 gram contains methyl salicylate 30%, peppermint oil 18,50%,white camphor oil 12,50%,base ad 100%. amankah dok? thx dok.

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Aman bu, Tidak apa-apa.

  • Dok .. saat ne saya lg hamil 7bln .. keluhan ny sama .. d vagina saya terdapat kelenjar bhartolin .. yg mau saya tanya kn ap saya bisa melahirkan normal ataw kelenjar bhartolin ny harus d operasi dari sekarang .. sebab kalo mau duduk cukup menganggu dok .

    Trims

  • Selamat pagi

    Kista bartolin umumnya tidak berbahaya namun memang mengganggu pastinya. Berapa ukuran benjolan pada anda? Itu yang mempengaruhi bila kecil dan tidak mengganggu umumnya tidak apa apa namun bila cukup besar pastinya akan mengganggu jalan lahir. Untuk lebih tepatnya lagi saya sarankan anda periksakan dahulu ke dokter umum atau spesialis obgyn terdekat untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut

    Terimakasih telah menggunakan meetdoctor. Semoga bermanfaat

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat malam,

    Jika teraba benjolan pada bibir vagina bisa dikarenakan infeksi, kista atau adanya sumbatan kelenjar di sekitar vagina dan masih ada penyebab lainnnya. tapi dari keluhan yang anda sampaikan kemungkinan gejala dari penyakit kista bartholin. Kista bartholini adalah benjolan berbentuk kantung yang mengandung cairan seperti lendir, tertimbun dalam lumen karena saluranrannya buntu.

    pembengkakan atau tonjolan pada satu maupun kedua sisi vagina. Kista dapat terbentuk ketika kelenjar keringat (kelenjar Bartholin) tersumbat. Kista Bartholin yang tidak terinfeksi bisa hilang bahkan tanpa pengobatan sekalipun.

    Kelenjar bartholini gunanya menghasilkan cairan membasahi vagina mulai masa pubertas, yang selain berfungsi untuk melumasi vagina mulai masa pubertas, yang selain berfungsi untuk melumasi vagina pada saat berhubungan juga pada kondisi normal. Adanya peradangan pada kelenjar bartholini yang disebabkan oleh bakteri Gonococcus. Kista bartholini terjadi karena adanya sumbatan pada salah satu duktus sehingga mucus yang dihasilkan tidak dapat disekresi. Sumbatan dapat disebabkan oleh mucus yang mengental, infeksi, trauma atau gangguan congenital. Jika terjadi infeksi pada kista bartholini maka kista ini berubah menjadi abses yang ukurannya dapat meningkat setiap hari dan terasa nyeri.

    gejala kista Bartholin yang tidak terinfeksi biasa berbentuk benjolan tanpa rasa sakit dan dapat teraba lunak.

    Kista yang masih kecil dan tidak menimbulkan gejala apa pun dapat hilang dengan sendirinya. Gejala berat seperti timbul rasa nyeri atau infeksi melakukan pemeriksaan rutin untuk memantau perkembangan kista. .Kista yang terinfeksi dapat diatasi dengan rajin mandi air hangat, menerapkan benda hangat, serta rutin minum antibiotik. Jika langkah‐langkah ini tidak berhasil, maka kista tersebut akan di angkat.

    Kista Bartholin dapat dicegah dengan menjaga kebersihan area alat kelamin dengan baik. terutama saat berhubungan seksual sbaiknya menggunakan kondom untuk menghindari penyakit infeksi menular.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
7 Bentuk Payudara Wanita 7 Bentuk Payudara Wanita Benarkah Transfusi Darah Dapat Mengubah DNA? Benarkah Transfusi Darah Dapat Mengubah DNA?