Batuk hingga nyeri dada
on 02 Jan 2013

Saya 1 bulan yang lalu terkena batuk, setelah ke dokter..ternyata...terjadi hasil analisa menunjukan radang ditenggorokan. Saya diberikan 3 jenis obat 1. untuk batuknya sendiri, 2. untuk antibiotiknya, 3.saya lupa mungkin untuk mengurangi radang.
Setelah obat ke 2 dan ke 3 habis..batuk saya berkurang, hanya sekali kali batuk. tetapi pada saat berkurang itulah timbul nyeri dada sebelah kanan setiap batuk, kadang2 bersin pun jadi ikutan nyeri dada sebelah kanan, dan sekarang pada saat batuk punggung jadi ikutan nyeri..seperti orang keseleo, apakah itu hanya kontraksi otot akibat batuk atau ada hal laen yaa dokter...dan kira2 untuk penanggulangan sementara memakai obat apa yang baik.....terimakasih

Ardyan
Jakarta

3 Answers

Dokter
Jakarta

dear ardyan,

kemungkinan besar memang dari retraksi atau tarikan otot saat batuk kencang, kadang dada akan terasa sakit. sebaiknya anda istirahat dengan cukup dan hindari kelelahan, usahakan beraktivitas jangan sampai menyebabkan sesak. jika terasa nyeri sekali anda bisa menggunakan asam mefenamat atau ibuprofen (3 x 1) untuk mengurangi nyeri bila perlu, pastikan hindari sesak nafas akibat batuk, karena akan menambah rasa nyeri.
saya sarankan untuk istirahat dan tuntaskan batuk anda, gunakan obat batuk yang berisi dekstromethorphan untuk mengurangi refleks batuk. jika nyeri tetap berlanjut, konsultasikan keluhan anda pada dokter terdekat untuk mengecek apakah nyeri berasal dari aspek lainnya.

semoga membantu

1 Thanks
on 02 Jan 2013
Jakarta

Berhubung saya berada di lokasi yang jauh dari apotik ataupun toko obat, hanya ada klinik...obat apa yang boleh saya konsumsi dengan iboprofen..terimakasih banyak...

Say Thanks
on 09 Jan 2013
Jakarta

dok saya sakit TB paru .
saya ingin tau obatnya apa dan cara minum nya .

Say Thanks
39 weeks 15 hours ago
in partnership with