Profile
Teeth & Mouth Health

Bau mulut yang tidak hilang

Bau mulut yang tidak hilang
Tangerang

malam dokter yth. saya karima mempunyai adik lk usia 9 thn, beberapa bulan ini bau mulutnya sangat tajam, padahal sudah sikat gigi 2x sehari dan sesudahnya kumur2 dengan obat kumur. sudah berganti2 obar kumur tapi tidak ada perubahan tetap bau mulut. apa ada penyakit atau semacamnya di mulut dan tenggorokannya? apakah harus segera diperiksakan ke dokter gigi? trims

Answers

4 answers

  • Selamat sore bu Karima :)

    Seperti pd org dewasa, anak kecil juga bisa mengalami yang namanya bau mulut. Bau mulut atau biasa dikenal dengan halitosis. Pada anak kecil, selain krn kurangnya higien/ kebersihan gigi dan mulut, biasanya bau mulut tsb jg dapat disebabkan oleh hal-hal seperti Infeksi sinus kronik, pembesaran pada tonsil/amandel nya, gigi berlubang, mulut kering, mengkonsumsi jenis makanan tertentu yg menyebabkan bau mulut, adanya benda asing di hidung, maupun adanya gangguan saluran pencernaan.

    Sebaiknya ibu memeriksa gigi adik laki2 tsb secara teratur ke dokter gigi untuk memastikan kalau gigi nya sehat dan bersih, dan memastikan apakah cara sikat giginya sudah benar. Apabila setelah melakukan perawatan gigi dan mulut dengan seksama dan masih juga mengalami bau mulut mungkin ada baiknya mengecek apakah ada gangguan pada amandelnya, saluran pencernaannya, atau gangguan pada hidung nya.

    Untuk anak kecil tidak disarankan untuk memberikan mereka cairan pencuci mulut karena cairan tersebut hanya mengatasi masalah bau mulut secara sementara, selain itu memberikan cairan pencuci mulut ke anak Anda memungkinkan anak Anda untuk menelannya secara tidak sengaja. Pastikan saja gigi anak tsb disikat dengan baik dan pastikan anak minum banyak air putih apabila mereka mengalami mulut kering.


  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Bau mulut dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah halitosis.

    Sebagian besar kasus (80-90%) bau mulut, berasal dari rongga mulut itu sendiri, yaitu: lidah (penyebab terbesar), gusi, dan gigi. Namun, bau itu juga bisa berasal dari hidung, amandel, kerongkongan, bahkan rongga perut (terdapat luka pada lambung).

    Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan bau mulut tersebut, tetapi sangat jarang pada masyarakat umum, yaitu: penyakit hati, infeksi saluran pernapasan bawah, kencing manis (diabetes), dan kanker.

    Ada beberapa hal yang dapat dilakukan selain sikat gigi dan berkumur, yaitu:
    - bersihkan permukaan lidah 2x dalam sehari
    - makan permen karet karena akan memicu keluarnya ludah
    - berkumur sebelum tidur


    Apabila setelah melakukan langkah-langkah tersebut, tetapi keluhan masih ada, saya sarankan segera memeriksakan adik Anda ke dokter gigi.

    Salam!

  • saya juga mengalami masalah yang sama.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Untuk mengatasi bau mulut tidak sedap, tentu anda harus mengetahui dahulu apa penyebabnya. Ada beberapa penyebab bau mulut tidak sedap, yaitu:

    • Kebiasaan buruk. Malas menggosok gigi dan merokok dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Partikel-partikel makanan yang tertinggal di dalam mulut akibat tidak menggosok gigi, menyebabkan bakteri berkembang biak diantara sela-sela gigi, pada lidah, dan gusi sehingga mulut berbau tak sedap. Kebiasaan merokok atau mengunyah produk berbahan tembakau juga menyebabkan bau mulut tak sedap, mengurangi kemampuan lidah untuk mengecap rasa, dan dapat menyebabkan iritasi gusi.

    • Masalah rongga mulut. Gigi berlubang dan gusi bengkak bisa menjadi penyebab bau mulut tak sedap.

    • Mulut kering. Kondisi mulut kering atau istilah medisnya xerostomia dapat disebabkan oleh efek samping pengobatan, masalah kelenjar air liur, atau akibat bernafas melalui mulut terus menerus. Mulut kering dapat menyebabkan bau tak sedap. Hal ini karena air liur berfungsi untuk melembabkan dan membersihkan mulut dengan membersihkan mulut dari sel-sel mati dan menetralkan asam yang dihasilkan oleh plak dan bakteri.

    Berhubungan dengan penyakit tertentu. Penyakit sinus, diabetes, bronkitis, liver, dan asam lambung kronis, dapat menyebabkan bau mulut tak sedap.

    Untuk menghilangkan bau mulut tentu hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan rajin membersihkan mulut yaitu menggosok gigi secara teratur minimal 2 kali sehari, membersihkan sela-sela gigi dengan benang pembersih sela-sela gigi, dan berkumur dengan obat kumur bila perlu. Masalah bau mulut tak sedap kebanyakan berasal dari lidah. Nah, bersihkan juga lidah anda ketika menggosok gigi. Minum air minimal 8 gelas sehari dapat membantu mengurangi resiko mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut tak sedap.

    Jika bau mulut tidak juga hilang sebaiknya anda mengunjungi dokter gigi atau megatasi amandel anda ke dokter s[esialis THT-KL

    berikut artikel berhubungan dengan keluhan anda :
    http://meetdoctor.com/article/mengusir-bau-mulut

    Terima kasih telah berkonsultasi bersama meetdoctor. semoga jawaban ini bermanfaat bagi anda

Anda punya pertanyaan seputar Teeth & Mouth Health ?
Ask Doctor
Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan 4 Cara Alami dan Ampuh Samarkan Selulit 4 Cara Alami dan Ampuh Samarkan Selulit