Profile
Bayi

Bayi 10bulan tidak mau makan

Bayi 10bulan tidak mau makan

Selamat malam,Dok saya ingin bertanya saya mempunyai bayi usia 10 bln,BB 7kg.. bayi saya dari usia 6bulan awal di kasih Mpasi sampai sekarang usia nya sudah 10bulan susah sekali kalau makan,mengunci mulut nya dan tidak mau membuka mulut,kalau makan harus saya paksa baru mau buka mulut,badan nya lama lama jadi kurus dan timbangan nya tidak mau naik naik,saya khawatir lama lama mempengaruhi pertumbuhannya,padahal menu makan nya saya sudah ganti setiap hari nya,dan saya sudah kasih vitamin penambah nafsu makan yang saya ingin tanyakan 1.Apakah penyebab nya dok bayi saya tidak mau makan??apa karna dia dari baru lahir sampai sekarang hanya di beri Asi saja,2.Apa yang harus saya lakukan untuk menambah nafsu makan anak saya?3.Apakah perlu di kasih obat cacing,dan apakah baik untuk seusia nya 10bulan sudah saya kasih vitamin?? Terimakasih

Answers

4 answers

  • dr. Fadma Yuliani dr. Fadma Yuliani Dokter Umum

    Selamat malam dear.
    Anak susah makan dialami biasanya pada anak usia lebih dr 10 bulan dimana pertumbuhan melambat kecepatannya dibandingkan proses awal kelahiran.Beberapa penyebab anak malas makan antara lain:
    1. Varian makanan belum bervariasi sehingga anak bosan
    2. Anak lebih banyak memakan cemilan atau lebih sering minum susu
    3. Adanya gangguan pada saluran cerna anak yang menyebabkan nafsu makan turun

    Sebagai orangtua ibu tentu perlu mengenali apa penyebab kurangnya nafsu makan pada anak, apakah anak bosan pada menu yang disajikan, atau mungkin makanan yang diberikan susah untuk dicerna atau tidak sesuai selera anak ibu. Untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak dengan obat penambah nafsu makan anak, ada baiknya ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak. Sebelum itu, ibu dapat mencoba beberapa hal berikut yang mungkin dapat membantu :
    *Menciptakan suasanan makan yang menyenagkan
    *Memberikan menu makanan yang berganti tiap harinya
    *Mengajak anak untuk melakukan aktivitas yang membuatnya banyak membutuhkan kalori, seperti olahraga
    *menyajikan makanan dengan cara yang menarik,dll

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan MeetDoctor.

  • Semua sudah saya lakukan dok,tapi tetap saja bayi saya susah sekali membuka mulut nya.. Apakah perlu di berikan obat cacing?

  • Mau nya hanya minum asi saja,makan nya susah..

  • dr. Fadma Yuliani dr. Fadma Yuliani Dokter Umum

    Selamat siang dear.
    Obat cacing pada umumnya dianjurkan diberikan 4-6 bulan sekali, namun hal ini berlaku untuk orang yang belum terkena cacingan namun beresiko terkena cacingan. Tentu saja apabila anak Anda mengalami cacingan, anak Anda boleh meminumnya sebelum waktu tersebut. Anak di bawah 2 tahun sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter anak sebelum memberikan obat cacing, disarankan tidak mengonsumsi obat cacing sendiri, karena beberapa jenis obat cacing dapat memiliki efek samping. Perlu diketahui bahwa jenis cacingan yang diderita juga mempengaruhi jenis obatnya, walaupun banyak obat cacing yang memiliki spektrum yang luas.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan MeetDoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Bayi ?
Ask Doctor
Rasa manis pada gula membuat penikmatnya kecanduan. Namun, efeknya cukup besar bagi kesehatan. Ini Bahaya Gula bagi Kesehatan Menjaga kulit agar terhindar dari keriput bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Makanan yang Dapat Mencegah Kulit Keriput