bayi 2 bulan suka menangis setiap malam
on 07 Feb 2013

Anak saya baru berusia 2 bulan , setiap malam selalu menangis susah diberhentikan sudah di coba untuk di beri asi tetap saja menangis , dan di coba untuk di berikan sentuhan halus kesuluruhan tubuhnya dgn minyak telon juga tetap menangis , ini terjadi hanya setiap malam aja kira kira kenapa ya ibu/ bpk mohon bantuannya terima kasih

Muhammad Mirzal
pematang siantar

2 Answers

Dokter
Jakarta

dear,

Dua puluh persen bayi usia 2 sampai 4 bulan secara alami mengalami kolik infatil atau menangis berkepanjangan. Tangisan bayi ini biasanya tidak berlangsung sebentar, bahkan terkadang membuat orangtua panik karena bayi menangis seperti tampak kesakitan, sambil meraik kaki ke arah perut, kepalanya bergerak-gerak, wajahnya terlihat kemerahan dan sering disertai dengan kentut atau flatus.
namun sebelum mengarah ke kolik infantil, bayi menangis biasanya disebabkan karena : kesakitan (biasanya tangisannya melengking), lapar, tidak nyaman, mengantuk, dan merasakan kecemasan ibu.
atasilah kemungkinan penyebab tadi. jika memang bukan diantara penyebab diatas, kolik infantil mungkin terjadi pada bayi anda. penyebabnya hingga saat ini belum diketahui, meskipun banyak teori yang menghubungkannya dengan psikologis ibu.
yang dapat dilakukan adalah membuat bayi anda tenang, terutama kondisi ibu juga harus tenang dahulu hindari kecemasan dan kekhawatiran berlebihan (khawatir akan keadaan anak kedepannya seperti sekolah, didikan dan sebagainya), susui lebih sering, dan buatlah kondisi bayi senyaman mungkin.
jika hal ini juga tidak berhasil, konsultasikanlah pada dokter anak terdekat untuk kemungkinan terapi.

semoga membantu

Say Thanks
on 07 Feb 2013
Dokter Spesialis Anak
Rumah Sakit Husada Utama, Surabaya

Kemungkinan besar terjadi kolik abdomen atau kram perut.
Evaluasi adanya alergi susu sapi atau bila masih ASI dari makanan ibu yang
menyebabkan alergi pada bayi.

Temui dokter untuk membantu mengarahkan untuk meredakan kolik.

Say Thanks
on 07 Feb 2013
in partnership with