bekas jahitan saat melahirkan yang sudah lama sobek
on 02 Oct 2012

siang dok, saya mau tanya,pasca persalinan bekas jahitan terbuka semua, kata ibu bidan: gak usah dijahit bu,nunggu kalau melahirkan lagi aja, lah sekarang sudah 4 tahun dok, apakah jahitannya bisa sambung kembali, kan robeknya sudah lama? dan apakah harus menunggu persalinan kedua untuk menjahitnya lagi, terima kasih dok, aq tunggu jawabannya

8 Answers

Selamat sore,

Apakah bekas jahitan tersebut mengeluarkan nanah?

Tidak harus menunggu untuk persalinan kedua untuk penjahitan kembali. Jika luka tersebut terus mengeluarkan nanah atau infeksi, segera konsultasikan dengan dokter bedah terdekat.

Semoga membantu

Say Thanks
on 02 Oct 2012

tidak dok, dulu setelah melahirkan terasa nyeri cuma 1 minggu, tidak ada nanah ato apapun,habis itu tidak terasa sakit, tapi dilihat dari kaca ternyata jahitannya terbuka,dan terasa longgar,trus dibawakebidan katanya tidak usah dijahit ulang nunggu melahirkan anak kedua. dan sekarang sudah 4 tahun berlangsung,apakah kalau dijahit sekarang tidak kadaluarsa/bisa menyatu lagi dok, karena terasa longgar dan ada bagian kecil terasa keluar kalau cebok, dan kata suami jadi kelonggaran, umpama dijahit apkah bisa menyatu lagi dagingnya.trims

Say Thanks
on 02 Oct 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Hai, Dini.

Tentang ini akan dievaluasi oleh dokter kandungan. Sebaiknya Anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter kandungan untuk dinilai seberapa besar robekan, lapisan mana saja yang mengalami robekan. Bila robekan terlampau besar, bahkan bisa mencapai usus belakang dan mempunyai resiko infeksi atau pun hal-hal lain.

Mengenai ini dapat direkatkan kembali, tentunya bukan dengan bidan, melainkan oleh dokter kandungan. Ini dilakukan dengan operasi, mengingat sudah lama sekali jahitan tersebut terbuka, yaitu 4 tahun.

Say Thanks
on 02 Oct 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Seharusnya, ketika jahitan tersebut terbuka, sebaiknya segera kontrol ke dokter kandungan karena harus dilihat sejauh mana robekan tersebut. Bila terlampau besar, bahkan dapat mencapai usus belakang yang langsung berhubungan dengan anus. Pada beberapa kasus juga menimbulkan ketidaknyamanan ketika berhubungan intim dan juga ketika berkemih. Ini juga untuk mengingatkan Anda apabila peristiwa serupa terulang.

Say Thanks
on 02 Oct 2012

oh ya dok, saat ini alhamdulillah sekarang hamil 34 minggu,apakah nanti akan disobek lagi? atau tidak ya dok mengingat sobekan lama masih utuh terbuka?kelihatannya luarnya sih dok kalau dari kaca,dan saya selama ini peiksa di bidan dok,terimah kasih dok

Say Thanks
on 02 Oct 2012

maaf ya dok banyak nanya, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil gmana? soalnya kalau terlentang gak nyaman dok, biasanya lebih sering miring ke kanan dok, tp perunya mesti nendang"/cedut" dok, dan dibawah pinggang kiri kalau habis rebahan bangun mesti nyeri dok, apa berbahaya?terima kasih dok atas infonya....

Say Thanks
on 02 Oct 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Posisi tidur miring ke kiri adalah yang paling baik bagi ibu hamil. Posisi ini lebih baik daripada tidur miring ke kanan.

Luka tersebut dapat diperbaiki oleh dokter kandungan melalui prosedur operasi vagina dan dapat dilakukan saat persalinan, atau kapan saja setelah persalinan.

Say Thanks
on 02 Oct 2012

Dr saya juga mau tanya... mungkin kasusnya juga serupa, bekas jahitan saya juga terbuka Dr. kadang kalau setelah berhubungan dibekas jahitan itu terasa nyeri ( sakit ) ttp kemudian harinya sudah ga lagi, Alhamdulillahnya tidak ada pendarahan ataupun keluar nanah. Dulu waktu dijahit mmg tidak rapat. dan diberi lem untuk merekatkan. sekarang udh 4th berjalan dengan posisi jahitan terbuka. sebaiknya gmn Dr.

Say Thanks
on 19 Dec 2013
in partnership with