Profile
Gigi & Kesehatan Mulut

Bekas Jahitan Tidak Menyatu

Bekas Jahitan Tidak Menyatu
Indonesia

Saya mau nanya dok, sekitar 2 minggu yang lalu saya cabut gigi di doktor bedah mulut karena gigi yang dicabut adalah gigi geraham paling belakang dan tidak tumbuh alias masih di dalam gusi. Setelah dicabut dengan cara dibedah, lukanya lalu di jahit dan minggu kemarin sudah buka jahitan. Nah, kemarin saya lihat, bekas jahitannya itu tidak menyatu. apa itu memang normal? apa saya harus kembali lagi ke dokter tsb untuk minta dijahit ulang?

Answers

3 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Mengenai ini hanya dapat dipastikan lewat pemeriksaan, yaitu lewat penilaian oleh dokter gigi yang bersangkutan. Saran saya, Anda periksa kembali ke dokter gigi.

  • Normalnya setelah 1 minggu itu daging sudah menyatu atau belum sih dok?

  • Selamat malam Velly Angelia W

    Luka pasca odontektomi (operasi pengangkatan gigi bungsu) pada umumnya menutup dalam 2 minggu. Membuka jahitan pasca odontektomi biasanya dilakukan 4-5 hari. Tetapi ada beberapa jenis benang yang memang akan lepas sendiri dan melebur dengan jaringan dalam beberapa hari (benang catgut). Saat kontrol dan bila jahitan belum menyatu, pertama-tama akan dilakukan pembersihan dari luka dengan spooling, dan biasanya tidak dijahit kembali, tetapi gusi dapat tumbuh dari bawah. Apabila lukanya telah terlanjur mengering dan gusi masih terbuka (dry socket) akan dilakukan suatu prosedur untuk merangsang penutupan gusi, biasanya dengan melakukan penetesan zat yang disebut eugenol.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor
Salah satu masalah ibu menyusui adalah puting terasa sakit dan lecet. Biasanya disebabkan, karena ibu belum mahir. Berikut tujuh cara menghindari puting lecet dan sakit saat menyusui. Merawat Payudara Saat Menyusui Cara mengencangkan payudara secara alami? Wanita pasti menginginkan payudaranya berbentuk bagus dan sempurna. Simak caranya di sini. Tips Mengencangkan Payudara Kendur