benang IUD hilang
50 weeks 17 minutes ago

selamat sore,
Saya telah menggunakan kb IUD selama 5 thn, kb tersebut akan saya lepas, saya datang ke dokter, kemudian di USG, IUD masih ada, ketika mau dilepas, benangnya tidak ada, tp IUDnya tertanam di dalam, segala upaya tuk melepas tidak bisa karena tertanam, kemudian dianjurkan tuk lakukan operasi untuk lepas KB,
dok,.. dulu saya melahirkan ceasar, jika lakukan operasi lepas IUD, apakah saya bisa melahirkan lagi, misal bila tak memungkinkan normal, bisa kah melahirkannya secara cesar lagi?
saya dulu menggunakan KB IUD yang jangka waktunya 5 tahun, jika tidak dilepas apakah melewati batas 5 thn apakah IUD masih berfungsi? dan apakan membahayakan bagi rahim saya?
adakah alternatif lainnya untuk mengeluarkan KB IUD dengan benang sudah tak ada, tanpa harus melakukan operasi?
demikian pertanyaan saya, terimakasih

Seseorang
semarang

3 Answers

Dokter
Jakarta

Sebaiknya dikeluarkan, jika tidak dikeluarkan akan semakin sulit nantinya karena sudah melekat, disamping itu efek KB nya sudah tidak efektif lagi karena hormon yang dikeluarkan oleh IUD bertahan dalam jangka waktu 5 tahun jika lebih maka efektivitasnya menurun. Anda masih dapat melahirkan.

Terima kasih

Say Thanks
50 weeks 37 seconds ago
semarang

dok,.. itu berarti harus dilakukan operasi? benangnya sudah tidak ada dan tidak bisa dilepas karena IUD sudah melekat dan sudah berusaha dilepas tapi tidak berhasil.. apakah ada alternatif lain selain dioperasi? terima kasih.

Say Thanks
50 weeks 7 days ago
Dokter
Jakarta

Jika memang tidak bisa dilepas mau tidak mau harus dioperasi. Kalau anda masih belum yakin coba untuk konsultasi dengan dokter kandungan lain sebagai second opinion.

Terima kasih

Say Thanks
50 weeks 7 days ago
in partnership with