Benjolan di Bagian Luar Vagina
on 19 Jan 2013

Dear dokter,
saya baru menyadari ada benjolan tumbuh seperti jerawat/bisul kecil di bagian luar vagina saya kemarin lusa (h1), siangnya langsung memerah, malamnya bengkak, dan pagi hari esoknya pecah bercairan nanah bukan darah (h2). Masih menyisakan kulit vagina perih merah dan bengkak hingga hari ini (h3). Dok, itu penyakit apa? Berbahaya tidak? Apakah ada obat yang bisa dibeli di apotek untuk mengobati penyakit itu? Terimakasih dokter atas segala jawabannya..

Seseorang
Depok

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia



Tampaknya anda mengalami infeksi kelenjar vagina Bartholinitis. Keadaan ini harus diobati dengan menggunakan antiobiotik setelah anda mendapatkan pemeriksaan dari seorang dokter.

Keadaan ini tidak berbahaya apabila infeksinya ringan. Pada keadaan infeksi berat / keadaaan dengan produksi nanah yang berlebihan, terkadang pengeluaran nanahnya harus dibantu dengan prosedur operasi kecil (insisi dan drainase). Namun demikian, tindakan ini tidak selalu dibutuhkan.

Agar dapat dilakukan tindakan yang tepat, sebaiknya kondisi ini diperiksakan ke dokter spesialis kandungan / spesialis kulit kelamin terdekat.

Terima kasih.

Say Thanks
on 19 Jan 2013
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Kemungkinan itu infeksi Bartolinitis yg pecah. Sebaiknya dipencet terus agar nanahnya keluar. Setelah itu minum obat antibiotik Cefuroxim 500 mg 2x1 selama 5 hari, agar infeksinya tuntas

Say Thanks
on 19 Jan 2013
in partnership with