Benjolan di ketiak
on 10 Sep 2012

Dokter, saya perempuan, usia 22 tahun 10 bulan, belum menikah. Saya mendapati adanya benjolan di ketiak sebelah kiri saya, setelah sebelumnya ada benjolan di lengan kiri atas. Benjolan di lengan kiri atas didiagnosis sebagai uci-uci (infeksi), dan sudah dioperasi kecil. Benjolan di ketiak kiri saya ini sudah berjalan sekitar 1 minggu. Rasanya nyeri bila ditekan dan tertekan (apalagi posisinya di ketiak), sangat mengganggu aktifitas. Badan saya terasa cepat capek, dan biasanya sering demam kalau malam hari. Gejala ini hampir sama dengan benjolan di lengan kiri saya dulu ketika awal2 muncul. Sebagai informasi, benjolan di lengan kiri saya ini baru dioperasi kecil setelah berjalan 2 bulan, dan jika diraba sebesar kelereng. Mohon pencerahannya dok. Apakah benjolan di ketiak saya ini juga uci-uci? Perlukah dioperasi? Dan apakah setelah dioperasi masih ada kemungkinan muncul lagi? Terimakasih banyak dokter :)

Seseorang
Jakarta

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Hai, selamat siang.

Uci-uci yang dikenal di masyarakat merupakan pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening ini merupakan salah satu komponen pertahanan tubuh terhadap infeksi. Bila terjadi peradangan atau infeksi di sekitar area tersebut, maka kelenjar tersebut akan membesar.

Untuk mengetahui benjolan tersebut, harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter, dalam hal ini dokter spesialis bedah (Sp.B). Saya sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter bedah; dapat ke dokter yang sebelumnya menangani Anda. Mengenai kemungkinan muncul kembali tetap ada.

Ada baiknya Anda mengkonsumsi suplemen atau multivitamin untuk membantu menjaga kesehatan, disamping menjalani pola hidup sehat.

1 Thanks
on 10 Sep 2012

Selamat siang,

Benjolan di ketiak bisa diebabkan karena infeksi di kelenjar rambut ketiak ataupun pembesaran kelenjar getah bening.

Berapa ukurannya?
Apakah nyeri?
Apakah daeerah sekitarnya terlihat merah?
apakah keluar nanah?
Apakah benjolan semakin membesar?

Untuk memastikan asal benjolan teersebut saya harus melihatnya langsung. Saran saya konsultasikan dengan dokkter terdeekat

1 Thanks
on 10 Sep 2012
in partnership with