Profile
Kanker Payudara

benjolan di payudara kiri bagian bawah

benjolan di payudara kiri bagian bawah
Medan

saya berumur 27 tahun. Sudah hampir 2 tahun ini saya ada benjolan kecil di payudara sebelah kiri bagian bawah. Tidak menonjol. Kalau sedang datang bulan baru terasa sakit. Kalau tidak,, tidak akan terasa apa-apa selama tidak di pegang keras. Apa itu ya? Saya tidak berani ke dokter, lama kelamaan lewat juga sudah hampir 2 tahun. Hingga sekarang saya gunakan rasa sakit ini sebagai pertanda kalau sudah mau datang bulan. and it works every month.

Answers

5 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Sebaiknya diperiksa ke dokter bedah, baiknya dilakukan pemeriksaan USG untuk kondisi ini.

  • Selamat siang,

    Apakah benjolan tersebut dapat digerakkan ? Apakah puting anda terlihat masuk kedalam? Apakah kulit sekitar payudara ada perubahan?

    Kemungkinan benjolan tersebut adalah kista jinak/FAM. Tetapi untuk memastikannya harus dilakukan pemeriksaan langsung.

    Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter bedah untuk masalah ini.

  • thanks dok atas balasannya..
    bisa di gerakkan... tp seperti nya disitu2 aja..gak bisa di gerakkan sampai ke bagian atas payudara. Puting dan kulit tetap seperti biasa. nothing change dok.. Berbahaya gak ya ?

  • Selamat Pagi,

    Dari informasi yang Anda berikan kemungkinan Ibu memiliki Fibroadenoma (FAM). Fibroadenoma (FAM) merupakan suatu tumor yang terdapat pada payudara dengan konsistensi padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya, yang mempunyai bentuk bulat atau lonjong, dan berbatas tegas.
    FAM adalah tumor jinak pada payudara dimana penyebabnya belum secara pasti diketahui. Umumnya menyerang para remaja dan wanita dengan usia di bawah 30 tahun. Benjolan FAM dapat membesar dengan dipengaruhi oleh hormon. Sehingga selama dalam masa reproduktif FAM dapat tumbuh kembali. Sehingga, terkadang FAM akan menjadi besar saat sedang siklus menstruasi, kehamilan atau sedang menyusui. Namun untuk memastikannya sebaiknya Anda periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan secara langsung serta pemeriksaan penunjang lain ( bila diperlukan ) seperti USG payudara, mammografi, MRI mammae, dan pemeriksaan laboratorium.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat malam,

    Fibroadenoma Mammae atau sering disingkat dengan FAM adalah adalah tumor jinak berkarakter tidak nyeri dan dapat digerakkan yang banyak ditemukan pada wanita yang berusia muda. Tumor ini jarang sekali ditemukan pada wanita usia menopause.

    gejala yang muncul biasanya :
    -adanya bagian yang menonjol pada permukaan payudara,
    -benjolan memiliki batas yang tegas dengan konsistensi padat dan kenyal.
    -Ukuran diameter benjolan yang sering terjadi sekitar 1-4 cm, namun kadang dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat dengan ukuran benjolan berdiameter lebih dari 5 cm.
    -Benjolan yang tumbuh dapat diraba dan digerakkan dengan bebas.
    -Umumnya fibroadenoma tidak menimbulkan rasa nyeri atau tidak sakit.

    Penyebab munculnya beberapa fibroadenoma pada payudara belum diketahui secara jelas dan pasti. penyebab lainnya itu adanya kemungkinan yang berhubungan dengan hipersensitivitas jaringan payudara lokal terhadap estrogen, faktor makanan dan faktor riwayat keluarga atau keturunan.

    Secara sederhana fibroadenoma dapat diklasifikasikan menjadi tiga macam:
    1. Common Fibroadenoma.
    Common fibroadenoma memiliki ukuran 1-3 cm, disebut juga dengan simpel fibroadenoma. Sering ditemukan pada wanita kelompok umur muda antara 21-25 tahun. Ketika fibroadenoma dapat dirasakan sebagai benjolan, benjolan itu biasanya berbentuk oval atau bulat, halus, tegas, dan bergerak sangat bebas.

    2.Giant Fibroadenoma
    Giant fibroadenoma adalah tumor jinak payudara yang memiliki ukuran dengan diameter lebih dari 5 cm. Secara keseluruhan insiden giant fibroadenoma sekitar 4% dari seluruh kasus fibroadenoma. Giant fibroadenoma biasanya ditemui pada wanita
    hamil dan menyusui.

    3.Juvenile Fibroadenoma
    Juvenile fibroadenoma biasa terjadi pada remaja perempuan, dengan insiden 0,5-2% dari seluruh kasus fibroadenoma. Sekitar 10-25% pasien dengan juvenile fibroadenoma memiliki lesi yang multiple atau bilateral.

    ada beberapa faktor risiko yang mempengaruhi timbulnya tumor ini antara lain:

    -Umur merupakan faktor penting yang menentukan insiden atau frekuensi terjadinya FAM. Fibroadenoma biasanya terjadi pada wanita usia muda 30 tahun. terutama terjadi pada wanita dengan usia antara 15-25 tahun.

    -Riwayat perkawinan dihubungkan dengan status perkawinan dan usia perkawinan, paritas dan riwayat menyusui anak.

    - Penggunaan Hormon Diperkirakan bahwa fibroadenoma mammae terjadi karena kepekaan terhadap peningkatan hormon estrogen. Penggunaan kontrasepsi yang komponen utamanya adalah estrogen merupakan faktor risiko yang meningkatkan kejadian FAM.

    -Obesitas, Berat badan yang berlebihan (obesitas) dan IMT yang lebih dari normal merupakan faktor risiko terjadinya FAM.

    -Riwayat Keluarga, Tidak ada faktor genetik diketahui mempengaruhi risiko fibroadenoma. Namun, riwayat keluarga kanker payudara pada keluarga tingkat pertama dilaporkan oleh beberapa peneliti berhubungan dengan peningkatan risiko tumor ini.

    -Stress berat dapat meningkatkan produksi hormon endogen estrogen yang juga akan meningkatkan insiden FAM.

    berikut beberapa tips untuk mencegah terjadinya FAM

    -Mencegah terpaparnya dengan zat atau bahan yang dapat memicu berkembangnya sel-sel tumor fibroadenoma, seperti mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan bahan atau zat-zat hormonal, menghindari pemakaian pil kontrasepsi
    dengan komponen utama estrogen. Penggunaan zat tersebut jika dipakai terus menerus akan menyebabkan terjadinya perubahan jaringan pada payudara yang meningkatkan angka kejadian FAM.

    -Menggunakan atau mengkonsumsi zat dan bahan yang dapat menurunkan kejadian FAM antara lain dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Penggunaan alat kontrasepsi oral juga dapat menurunkan risiko terjadinya FAM.

    -Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)

    penatalaksanaan FAM

    Karena fibroadenoma mammae adalah tumor jinak maka pengobatan yang dilakukan tidak perlu dengan pengangkatan mammae. Yang perlu diperhatikan adalah bentuk dan ukurannya saja. Pengangkatan mammae harus memperhatikan beberapa faktor yaitu faktor fisik dan psikologi pasien. Apabila ukuran dan lokasi tumor tersebut menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman pada pasien maka diperlukan pengangkatan.

    untuk mengetahaui lebih lanjut masalah FAM anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis bedah onkologi guna dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, Mammografi, dan USG.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Payudara ?
Ask Doctor
Cara mengencangkan payudara secara alami? Wanita pasti menginginkan payudaranya berbentuk bagus dan sempurna. Simak caranya di sini. Tips Mengencangkan Payudara Kendur Makin Sering Wanita Berhubungan Seks, Makin Kuat Pula Daya Ingatnya Makin Sering Wanita Berhubungan Seks, Makin Kuat Pula Daya Ingatnya