Profile
Kanker Payudara

benjolan di payudara kiri bagian bawah

benjolan di payudara kiri bagian bawah
Medan

saya berumur 27 tahun. Sudah hampir 2 tahun ini saya ada benjolan kecil di payudara sebelah kiri bagian bawah. Tidak menonjol. Kalau sedang datang bulan baru terasa sakit. Kalau tidak,, tidak akan terasa apa-apa selama tidak di pegang keras. Apa itu ya? Saya tidak berani ke dokter, lama kelamaan lewat juga sudah hampir 2 tahun. Hingga sekarang saya gunakan rasa sakit ini sebagai pertanda kalau sudah mau datang bulan. and it works every month.

Answers

4 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Sebaiknya diperiksa ke dokter bedah, baiknya dilakukan pemeriksaan USG untuk kondisi ini.

  • Selamat siang,

    Apakah benjolan tersebut dapat digerakkan ? Apakah puting anda terlihat masuk kedalam? Apakah kulit sekitar payudara ada perubahan?

    Kemungkinan benjolan tersebut adalah kista jinak/FAM. Tetapi untuk memastikannya harus dilakukan pemeriksaan langsung.

    Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter bedah untuk masalah ini.

  • thanks dok atas balasannya..
    bisa di gerakkan... tp seperti nya disitu2 aja..gak bisa di gerakkan sampai ke bagian atas payudara. Puting dan kulit tetap seperti biasa. nothing change dok.. Berbahaya gak ya ?

  • Selamat Pagi,

    Dari informasi yang Anda berikan kemungkinan Ibu memiliki Fibroadenoma (FAM). Fibroadenoma (FAM) merupakan suatu tumor yang terdapat pada payudara dengan konsistensi padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya, yang mempunyai bentuk bulat atau lonjong, dan berbatas tegas.
    FAM adalah tumor jinak pada payudara dimana penyebabnya belum secara pasti diketahui. Umumnya menyerang para remaja dan wanita dengan usia di bawah 30 tahun. Benjolan FAM dapat membesar dengan dipengaruhi oleh hormon. Sehingga selama dalam masa reproduktif FAM dapat tumbuh kembali. Sehingga, terkadang FAM akan menjadi besar saat sedang siklus menstruasi, kehamilan atau sedang menyusui. Namun untuk memastikannya sebaiknya Anda periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan secara langsung serta pemeriksaan penunjang lain ( bila diperlukan ) seperti USG payudara, mammografi, MRI mammae, dan pemeriksaan laboratorium.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Payudara ?
Ask Doctor
Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Bahaya Kematian Mengintai Penderita Sleep Apnea Bahaya Kematian Mengintai Penderita Sleep Apnea