Profile
Kanker Payudara

benjolan di payudara kiri bawah

benjolan di payudara kiri bawah
Padang

siang dok , nama saya dita, umur saya 19 tahun dan saya belum menikah saya mempunyai benjolan di bagian payudara kiri bagian bawah, tidak pernah sakit atau pun bernanah namun benjolan ini tidak dapat bergesar dan sangat keras , apakah ini kanker dok? tolong konfirmasinya ya dok , terima kasih

Answers

7 answers

  • dear dita,
    sebesar apa kira2 ukuran benjolan? apakah tertlihat ada titik hitam ditengah benjolah seperti jerawat?atau nyeri ketika dipegang?
    benjolan pada payudara ada beberapa kemungkinan, dari yang hanya berupa sumbatan kelenjar minyak, tumor jinak, hingga kanker. Dan menentukkan kanker atau tidak dapat hanya dilihat dari ciri keras dan tidak bergerak.
    namun waspadalah saat benjolan mengarah pada tanda keganasan (kanker) seperti : membesar dalam waktu yang singkat, terdapat perubahan pada kulit seperti lecet dan borok, puting berdarah, terlihat seperti kulit jeruk disekitar benjolan, terdapat pembesaran kelenjar getah bening (benjolan) di ketiak, sekitar leher dan tulang selangka, dan yang terpenting adanya gejala tambahan lainnya yang mengarah pada keganasan seperti penurunan berat badan drastis, pusing berlebihan, mual muntah, nyeri tulang, dan lainnya. periksakan benjolan pada dokter terdekat untuk mengetahui dengan jelas tipe dan jenis benjolan pada payudara anda.

    semoga membantu

  • dear dita,

    saran saya adalah periksakan dulu benjolan ke dokter terdekat, memang benjolan jinak sekalipun jika ingin hilang dengan tuntas membutuhkan pembedahan, pembedahan kecil atau tidaknya tergantung dari tipe benjolan yang diperkirakan oleh dokter. saya tanyakan tentang bintik hitam karena ada kemungkinan kista aterom berupa penumpukan minyak karena sumbatan kelenjar, bersifat jinak dan tidak berbahaya, namun jika memang tidak ada, periksakanlah benjolan tersebut untuk menghindari kemungkinan keterlambatan diagnosis.

    semoga membantu

  • maksi bnyak ya dok :)

  • saya juga punya benjolan dok, pertama letaknya di payudara kanan bagian bawah, dulu kalau di pegang besarnya kira-kira sebesar kelereng, sekarang sudah sebesar telur ayam. dan juga bertambah di bagian atas dekat puting dan bagian samping dekat ketiak, tapi masih sebesar kelereng. lebih kurang sudah hampir 1 tahun ini. setelah adanya benjolan tersebut berat badan saya turun 10 kg, setiap hari mual dan pusing, daya tahan tubuh juga berkurang. apakah itu berbahaya dok? dan termasuk dalam golongan apa dok? apakah termasuk kanker atau bukan?

  • User

    sore dok, saya wanita berusia 21 tahun, saya belum menikah..
    saya ingin bertanya, di derah puting payudara saya ada benjolan dok, benjolannya keras dan melebar kesamping tapi membulat, benjoloannya sakit dok , perih jga, tapi puting saya tidak kenapa-kenapa dok, tidaj ada perubahan bahkan mengeluarkan nanah/darah.. itu pertanda apa y dok ??

  • User

    dok, saya wanita berusia 21 tahun, belum menikah, saya ada sedikit masalah dengan benjolan di daerah putimg payudara saya, kejdiannya sekitar semniggu yg lalu, benjolannya keras dan sakit dok, tapi puitng saya tidak ada mengluarkan darah/apapun dok, perubahan payudara jga tidak dok, benjolannya keras dan seperti melebar, merah, perih jga dok.. apap itu suatu pertanda gejla kanker dok ?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    benjolan dipayudara bisa karena kanker payudara atau FAM (Fibroadenoma Mammae ).
    berikut penjelasan tentang FAM dan kanker payuara.

    Fibroadenoma Mammae atau sering disingkat dengan FAM adalah adalah tumor jinak berkarakter tidak nyeri dan dapat digerakkan yang banyak ditemukan pada wanita yang berusia muda. Tumor ini jarang sekali ditemukan pada wanita usia menopause.

    gejala yang muncul biasanya :
    -adanya bagian yang menonjol pada permukaan payudara,
    -benjolan memiliki batas yang tegas dengan konsistensi padat dan kenyal.
    -Ukuran diameter benjolan yang sering terjadi sekitar 1-4 cm, namun kadang dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat dengan ukuran benjolan berdiameter lebih dari 5 cm.
    -Benjolan yang tumbuh dapat diraba dan digerakkan dengan bebas.
    -Umumnya fibroadenoma tidak menimbulkan rasa nyeri atau tidak sakit.

    Penyebab munculnya beberapa fibroadenoma pada payudara belum diketahui secara jelas dan pasti. penyebab lainnya itu adanya kemungkinan yang berhubungan dengan hipersensitivitas jaringan payudara lokal terhadap estrogen, faktor makanan dan faktor riwayat keluarga atau keturunan.

    Secara sederhana fibroadenoma dapat diklasifikasikan menjadi tiga macam:
    1. Common Fibroadenoma.
    Common fibroadenoma memiliki ukuran 1-3 cm, disebut juga dengan simpel fibroadenoma. Sering ditemukan pada wanita kelompok umur muda antara 21-25 tahun. Ketika fibroadenoma dapat dirasakan sebagai benjolan, benjolan itu biasanya berbentuk oval atau bulat, halus, tegas, dan bergerak sangat bebas.

    2.Giant Fibroadenoma
    Giant fibroadenoma adalah tumor jinak payudara yang memiliki ukuran dengan diameter lebih dari 5 cm. Secara keseluruhan insiden giant fibroadenoma sekitar 4% dari seluruh kasus fibroadenoma. Giant fibroadenoma biasanya ditemui pada wanita
    hamil dan menyusui.

    3.Juvenile Fibroadenoma
    Juvenile fibroadenoma biasa terjadi pada remaja perempuan, dengan insiden 0,5-2% dari seluruh kasus fibroadenoma. Sekitar 10-25% pasien dengan juvenile fibroadenoma memiliki lesi yang multiple atau bilateral.

    ada beberapa faktor risiko yang mempengaruhi timbulnya tumor ini antara lain:

    -Umur merupakan faktor penting yang menentukan insiden atau frekuensi terjadinya FAM. Fibroadenoma biasanya terjadi pada wanita usia muda 30 tahun. terutama terjadi pada wanita dengan usia antara 15-25 tahun.

    -Riwayat perkawinan dihubungkan dengan status perkawinan dan usia perkawinan, paritas dan riwayat menyusui anak.

    - Penggunaan Hormon Diperkirakan bahwa fibroadenoma mammae terjadi karena kepekaan terhadap peningkatan hormon estrogen. Penggunaan kontrasepsi yang komponen utamanya adalah estrogen merupakan faktor risiko yang meningkatkan kejadian FAM.

    -Obesitas, Berat badan yang berlebihan (obesitas) dan IMT yang lebih dari normal merupakan faktor risiko terjadinya FAM.

    -Riwayat Keluarga, Tidak ada faktor genetik diketahui mempengaruhi risiko fibroadenoma. Namun, riwayat keluarga kanker payudara pada keluarga tingkat pertama dilaporkan oleh beberapa peneliti berhubungan dengan peningkatan risiko tumor ini.

    -Stress berat dapat meningkatkan produksi hormon endogen estrogen yang juga akan meningkatkan insiden FAM.

    berikut beberapa tips untuk mencegah terjadinya FAM

    -Mencegah terpaparnya dengan zat atau bahan yang dapat memicu berkembangnya sel-sel tumor fibroadenoma, seperti mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan bahan atau zat-zat hormonal, menghindari pemakaian pil kontrasepsi
    dengan komponen utama estrogen. Penggunaan zat tersebut jika dipakai terus menerus akan menyebabkan terjadinya perubahan jaringan pada payudara yang meningkatkan angka kejadian FAM.

    -Menggunakan atau mengkonsumsi zat dan bahan yang dapat menurunkan kejadian FAM antara lain dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Penggunaan alat kontrasepsi oral juga dapat menurunkan risiko terjadinya FAM.

    -Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)

    penatalaksanaan FAM

    Karena fibroadenoma mammae adalah tumor jinak maka pengobatan yang dilakukan tidak perlu dengan pengangkatan mammae. Yang perlu diperhatikan adalah bentuk dan ukurannya saja. Pengangkatan mammae harus memperhatikan beberapa faktor yaitu faktor fisik dan psikologi pasien. Apabila ukuran dan lokasi tumor tersebut menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman pada pasien maka diperlukan pengangkatan.

    untuk mengetahaui lebih lanjut masalah FAM anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis bedah onkologi guna dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, Mammografi, dan USG.

    Gejala-gejala kanker payudara adalah :

    Terdapat benjolan di payudara atau bawah lengan walaupun menstruasi sudah selesai.
    Pembengkakan di ketiak.
    Lekukan dipayudara.
    Perubahan kontur, tekstur dan temperatur pada payudara (kulit menjadi kemerahan atau berbintik seperti kulit jeruk).
    Perubahan pada puting, misalnya, jadi mengarah ke dalam, gatal, rasa terbakar, koreng (adalah gejala dari Paget's disease yang merupakan kanker lokal).
    Keluar cairan dari puting (bening atau merah darah).
    ‘Marble area’ (seperti marmer) dibawah kulit.

    Payudara yang normal, memiliki kelenjar susu yang terkoneksi kepermukaan kulit (puting) melalui pembuluh yang sempit. Kanker payudara awalnya terbentuk oleh tumor kecil, Tumor dapat tumbuh dan menyerang jaringan disekitar payudara, misalnya kulit atau dinding dada. Kanker ini terjadi di jaringan payudara, terutama di saluran susu atau di kelenjar. Kanker dapat menyebar ke paru-paru, hati atau tulang. Kanker payudara juga bisa mengenai pria.

    Faktor pemicu terjadinya kanker payudara diantaranya, meningkatnya usia, faktor keturunan dan hormon.

    beberapa tips buat anda mengetahui secara dini kanker payudara.
    Pemeriksaan sendiri
    (Adalah langkah paling awal dari pemeriksaan). Cek payudara tiap 3 atau 5 hari setelah masa menstruasi selesai.
    Perhatikan jika ada perubahan bentuk payudara atau puting.
    Cara yang paling sederhana adalah saat mandi, gunakan sabun agar permukaan kulit menjadi licin dan perlahan pijat sekitar payudara untuk mengecek kemungkinan adanya benjolan.

    Untuk pencegahan, lakukan pemeriksaan ke dokter, 3 tahun sekali setelah memasuki usia 20 tahun dan 1 tahun sekali setelah memasuki usia 40 tahun. Mammogram Adalah x-rays khusus yang dilakukan untuk melihat perubahan atau pertumbuhan pada jaringan payudara. Breast ultrasound Untuk mengecek apakah benjolan tersebut adalah kista atau gumpalan padat ( kanker).

    untuk kanker payudara sendiri, penatalaksanaan dan pengobatannya sangat tergantung dari stadium yang dialami oleh penderita, stadium ini diketahui dari pemeriksaan fisik, gejala metastasis (penyebaran) dan pemeriksaan penunjang (seperti biopsi, rontgen, USG, atau MRI).

    pengobatan yang ada saat ini yaitu berupa :

    Mastektomi
    Modified Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara, jaringan payudara di tulang dada, tulang selangka dan tulang iga, serta benjolan di sekitar ketiak.
    Total (Simple) Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara saja, tetapi bukan kelenjar di ketiak.
    Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan sebagian dari payudara. Biasanya disebut lumpectomy, yaitu pengangkatan hanya pada jaringan yang mengandung sel kanker, bukan seluruh payudara. Operasi ini selalu diikuti dengan pemberian radioterapi. Biasanya lumpectomy direkomendasikan pada pasien yang besar tumornya kurang dari 2 cm dan letaknya di pinggir payudara.

    Radiasi
    Penyinaran/radiasi adalah proses penyinaran pada daerah yang terkena kanker dengan menggunakan sinar X dan sinar gamma yang bertujuan membunuh sel kanker yang masih tersisa di payudara setelah operasi. Efek pengobatan ini tubuh menjadi lemah, nafsu makan berkurang, warna kulit di sekitar payudara menjadi hitam, serta Hb dan leukosit cenderung menurun sebagai akibat dari radiasi

    Kemoterapi
    Kemoterapi adalah proses pemberian obat-obatan anti kanker atau sitokina dalam bentuk pil cair atau kapsul atau melalui infus yang bertujuan membunuh sel kanker melalui mekanisme kemotaksis. Tidak hanya sel kanker pada payudara, tapi juga di seluruh tubuh Efek dari kemoterapi adalah pasien mengalami mual dan muntah serta rambut rontok karena pengaruh obat-obatan yang diberikan pada saat kemoterapi.
    Sebagai tambahan informasi silakan anda baca artikel berikut
    http://meetdoctor.com/topic/breast-cancer.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Payudara ?
Ask Doctor
Salah satu masalah ibu menyusui adalah puting terasa sakit dan lecet. Biasanya disebabkan, karena ibu belum mahir. Berikut tujuh cara menghindari puting lecet dan sakit saat menyusui. Merawat Payudara Saat Menyusui 6 Manfaat Ajaib Jahe 6 Manfaat Ajaib Jahe