MEETDOCTOR

Profile
Breast Cancer

benjolan di payudara kiri bawah

benjolan di payudara kiri bawah
dita damayanti
Padang

siang dok , nama saya dita, umur saya 19 tahun dan saya belum menikah saya mempunyai benjolan di bagian payudara kiri bagian bawah, tidak pernah sakit atau pun bernanah namun benjolan ini tidak dapat bergesar dan sangat keras , apakah ini kanker dok? tolong konfirmasinya ya dok , terima kasih

Answers

4 answers

  • dear dita,
    sebesar apa kira2 ukuran benjolan? apakah tertlihat ada titik hitam ditengah benjolah seperti jerawat?atau nyeri ketika dipegang?
    benjolan pada payudara ada beberapa kemungkinan, dari yang hanya berupa sumbatan kelenjar minyak, tumor jinak, hingga kanker. Dan menentukkan kanker atau tidak dapat hanya dilihat dari ciri keras dan tidak bergerak.
    namun waspadalah saat benjolan mengarah pada tanda keganasan (kanker) seperti : membesar dalam waktu yang singkat, terdapat perubahan pada kulit seperti lecet dan borok, puting berdarah, terlihat seperti kulit jeruk disekitar benjolan, terdapat pembesaran kelenjar getah bening (benjolan) di ketiak, sekitar leher dan tulang selangka, dan yang terpenting adanya gejala tambahan lainnya yang mengarah pada keganasan seperti penurunan berat badan drastis, pusing berlebihan, mual muntah, nyeri tulang, dan lainnya. periksakan benjolan pada dokter terdekat untuk mengetahui dengan jelas tipe dan jenis benjolan pada payudara anda.

    semoga membantu

  • dear dita,

    saran saya adalah periksakan dulu benjolan ke dokter terdekat, memang benjolan jinak sekalipun jika ingin hilang dengan tuntas membutuhkan pembedahan, pembedahan kecil atau tidaknya tergantung dari tipe benjolan yang diperkirakan oleh dokter. saya tanyakan tentang bintik hitam karena ada kemungkinan kista aterom berupa penumpukan minyak karena sumbatan kelenjar, bersifat jinak dan tidak berbahaya, namun jika memang tidak ada, periksakanlah benjolan tersebut untuk menghindari kemungkinan keterlambatan diagnosis.

    semoga membantu

  • maksi bnyak ya dok :)

  • saya juga punya benjolan dok, pertama letaknya di payudara kanan bagian bawah, dulu kalau di pegang besarnya kira-kira sebesar kelereng, sekarang sudah sebesar telur ayam. dan juga bertambah di bagian atas dekat puting dan bagian samping dekat ketiak, tapi masih sebesar kelereng. lebih kurang sudah hampir 1 tahun ini. setelah adanya benjolan tersebut berat badan saya turun 10 kg, setiap hari mual dan pusing, daya tahan tubuh juga berkurang. apakah itu berbahaya dok? dan termasuk dalam golongan apa dok? apakah termasuk kanker atau bukan?

Anda punya pertanyaan seputar Breast Cancer ?
Ask Doctor
Kehamilan membuat lingkar pinggang perempuan lebih besar. Dengan olahraga dan pola makan yang tepat, bentuk tubuh bisa kembali seperti semula. Perut Ramping Setelah Melahirkan, Ini Caranya Lidah merupakan anggota tubuh yang kecil. Namun, dari lidah kita bisa menemukan tanda-tanda penyakit Tanda Penyakit Pada Lidah