benjolan di sekitar anus
on 02 Jun 2013

dok, beberapa waktu lalu saya mengalami diare hingga +- 1 minggu, kemudian di sekitar anus seperti bengkak dan muncul benjolan. karena takut gejala ambeien saya mengkonsumsi obat ambeien yang mengandung methae herba, euphorbiae prostate herba, zingiberis rhizoma, zyzygii aqueui cortex. baru sekali mengkonsumsi obat tersebut (kebetulan malam hari), esok paginya darah keluar dari anus. darah yang keluar lumayan banyak (menetes terus) dan juga keluar beruba gumpalan darah panjang +- 1,5 cm diameter +- 1 cm. kemudian oleh dokter saya diberi obat baru (saya kurang tahu kandungan dlm obat tersebut) berupa tablet telan dan ada yang seperti peluru yang dimasukkan melalui anus. Darah memang sudah tak keluar banyak seperti sebelumnya, namun benjolan tersebut masih ada. bagaimana solusinya? obat apa yang perlu saya konsumsi? apakah perlu tindakan bedah untuk menghilangkan benjolan tersebut? atau ada rekomendasi lain berupa salep atau sejenisnya? terima kasih.

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Wasir / ambeien/ hemorrhoid adalah kondisi pembuluh darah balik (vena) yang mengalami pembengkakan di wilayah dubur bagian bawah. Kondisi ini adalah salah kondisi yang paling umum ditemui pada gangguan di wilayah dubur dan anus. Sebagian besar kondisi hemoroid dapat sembuh dengan sendirinya atau dengan bantuan obat-obatan serta modifikasi gaya hidup dan diet. Sebagian kecil lainnya memang membutuhkan terapi dengan operasi.

Wasir yang membutuhkan operasi adalah wasir yang letaknya di sekitar anus (hemorrhoid eksterna) dan wasir di bagian dalam dubur (hemorrhoid interna) yang benjolannya keluar hingga ke anus serta tidak bisa dimasukkan kembali atau hanya bisa dimasukkan kembali dengan bantuan jari / tangan (hemorrhoid interna grade 3 atau 4). Bila anda mengalami salah satu dari kedua hal ini, maka memang jenis terapi yang dianjurkan adalah dengan cara operasi. Bila jenis wasir anda jenis selain daripada jenis yang telah disebutkan di atas maka bisa dicoba untuk diobati dengan cara tanpa operasi (dengan bantuan obat-obatan dan perubahan gaya hidup).

Untuk mencegah wasir agar tidak kambuh kembali, usahakanlah agar anda cukup minum air putih minimal 2 hingga 3 liter per hari. Selain itu makanlah cukup dan banyak makanan berserat yang bersumber dari sayur mayur dan buah-buahan. Hal ini akan membantu anda untuk mengurangi gejala wasir dan mengurangi risiko kambuhnya wasir.

Semoga membantu, Terima kasih

Say Thanks
on 03 Jun 2013
indramayu

Siang dok, adik saya di vonis dokter kena fistula ani, untuk pengobatannya bisa ga selain operasi misalnya dengan obat tradisional...? mohon infonya dok. terimakasih.

Say Thanks
3 weeks 4 days ago
in partnership with