Profile
Menstruasi

Hari haid, Menstruasi tidak lancar, Datang bulan tidak teratur

Hari haid, Menstruasi tidak lancar, Datang bulan tidak teratur
Jakarta

dok,mw tanya. Sebenarnya berapa jangka waktu menstruasi seorang wanita? Apakah normal jika hanya menstruasi 3 hari,dan dihari ke-4&5 hanya tinggal bekas/bercak,tidak sebanyak 3 hari sebelumnya. Usia saya 25,dan selalu lancar mens tiap bulan. Dulu waktu SMA,saya mens selama 7hari, pas kuliah 5 hari, dan sekarang jadi 3 hari yang kuantitas darahnya banyak. Apakah normal? Kenapa bisa berkurang spt itu? apa pengaruh kurang olahraga? apa yang harus dilakukan utk kembali 5 atau 7 hari menstruasi? tlg jwb smua ya dok. trims. Gbu

Answers

5 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Kondisi yang Anda alami tidak apa-apa, masih dalam batas normal. Ada banya kemungkinan penyebab terhadap kondisi ini yang semuanya karena perubahan hormon, misalnya karena stress, kelelahan, aktivitas fisik berlebih, perubahan berat badan, dan lain-lain.

  • Selamat siang....

    Jangka waktu menstruasi pada setiap wanita berbeda - beda mulai dari 3 - 10 hari. Apa yang anda alami menurut saya normal - normal saja. Perubahan waktu menstruasi dipengaruhi oleh ketidakseimbangan hormonal seseorang, dan untuk usia muda seperti anda biasanya dipengaruhi oleh aktivitas yang terlalu berat, kelelahan dan stress. Oleh sebab itu diperlukan pola hidup sehat dan teratur, tingkatkan frekuensi olahraga yang sesuai dengan kemampuan anda, istirahat cukup, dan kurangi stress. Untuk mengatur pola haid anda diperlukan obat2an yang mengandung hormon, dan sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan Sp.OG. Sekian dan terima kasih.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Masih normal bu lama haidnya. Tdk perlu cemas. Olahraga teratur akan lebih baik buat kesehatan ibu. Yg penting siklus haid ibu baik dan normal

  • kalo lama haid nya hanya 2 hari saja normal tidak dok?
    karena saya datang mens nya hari sabtu, dan sabtu malam saya minum yang bersoda terus besokan nya dapat cuma hanya sedikit, dan seterus nya saya sudah tidak dapat mens lagi,,
    wajar tidak dok??

  • Selamat Pagi Rina,

    Kondisi tersebut masih normal. Siklus haid normal yaitu 21-35 hari dengan periode 2-7 hari. Tetapi pada umumnya tidak semua wanita mengalami menstruasi yang sama karenasiklus menstruasi dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi, stress, gaya hidup, dll.
    Bila siklus dan periode siklus di luar batas normal maka kemungkinan mengalami gangguan siklus haid. Gangguan haid merupakan perdarahan haid yang tidak normal dalam hal panjang siklus haid, lama haid, dan jumlah darah haid. Gangguan pada haid bermacam-macam yaitu :
    • Amenorrhoea Keadaan di mana tidak terjadinya mentruasi selama 3 bulan berturut-turut.
    • Oligomenorea merupakan suatu kondisi dimana siklus haid lebih panjang, lebih dari 35 hari (nomal: 21-35 hari)
    • Menorrhagia perdarahan haid yang lebih banyak dari normal (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari)
    • Metrorrhagia ; perdarahan rahim di luar waktu haid.
    Penyebab dari gangguan biasanya disebabkan oleh beberapa tahun menjelang menopause, gangguan indung telur, gangguan hormonal yang disebabkan karena stress, depresi, penurunan berat badan berlebihan, obesitas, olahraga berlebihan seperti atlit, kelainan pembekuan darah, gangguan hormon tiroid serta penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan, aspirin dll.
    Ada beberapa hal yang dapat di lakukan untuk mengatasi gangguan haid ini, diantaranya adalah :
    • Menghindari aktifitas fisik yang berlebihan
    • Menghindari stress
    • Mengkonsumsi gizi seimbang
    • Menghindari minuman alkohol , rokok dan minuman soda
    Gangguan haid seperti ini biasanya bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika berlangsung terus-menerus sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter spesialis kandungan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik