Profile
Sexual Health

berapa lama terjadi proses pembuahan

berapa lama terjadi proses pembuahan

biasanya berapa lama terjadi proses pembuahan sampai bisa benar2 dinyatakan seorang perempuan hamil? apa bisa langsung hamil jika baru seminggu pasca pernikahan? memang masa itu sedang masa subur karena tgl 3 november 2012 baru selesai datang bulan.

Answers

5 answers

  • selamat siang

    Pada umumnya, pembuahan mungkin saja terjadi dalam rentang satu minggu setelah calon ibu selesai haid atau 14 hari sebelum siklus haid berikutnya. yang kita biasa sebut sebagai masa subur. pembuahan sendiri dapat berlangsung 24 jam setelah berhubungan (pada masa subur).
    Dalam 7 - 10 hari berikutnya, sel telur yang sudah dibuahi akan "tertanam" (implantasi) pada dinding rahim. Inilah masa kritis agar sebuah kehamilan terjadi dengan sukses.
    seseorang dinyatakan positif hamil jika hormon HCG telah terdeteksi dalam darah urin biasanya dapat diperiksa pada 7-10 hari setelah pembuahan, berarti 1 minggu setelah hub intim. namun demikian pengecekkan melalui urin biasanya dilakukan lagi satu minggu setelahnya, karena kadar hcg dalam urin lebih sedikit dan lebih lambat terdeteksi daripada dalam darah. jika terdapat kenaikan dalam darah darah, berarti positif hamil.
    kadar puncaknya pada kehamilan 10-11 minggu.

    semoga bermanfaat.

    salam

  • jika ketika mau memasukkan penis ke dalam vagina tetapi pasangan kita masih memakai celana ap bisa terjadi pembuahan ?walau pun sperma kluar sedikit

    terima kasih

  • User

    Selamat sore dok,sy mau tanya,tgl 14-15 juli ini sy dan pasangan sy melakukan hubungan,tp sy membuang sperma saya d luar,setelah kami melakukan pasangan sy telat haid,yg biasanya dia haid d tgl 17-20 apakah pasangan sy hamil?atau hanya stres?krna kbetulan sedang bnyakbmasalah....

    Thx

  • Selamat siang,

    Pada prinsipnya kehamilan bisa terjadi bila sperma bertemu dengan sel telur dan hasil pertemuan tersebut dapat menempel di dinding rahim. Petting adalah hubungan intim dengan cara menggesekkan kelamin dan mengeluarkan cairan sperma (ejakulasi) di luar vagina. Bila tidak terjadi masuknya penis ke dalam vagina , dalam hal ini tidak ada cairan sperma yang masuk ke dalam vagina maka tidak akan terjadi kehamilan.

    Petting dapat berpeluang hamil walaupun sangat kecil bila ejakulasi di sekitar vagina, dimana cairan sperma ada kemungkinan sedikit masuk ke dalam liang vagina. Sel sperma memiliki ekor sehingga memungkinkan untuk bergerak.

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.
    Semoga membantu.

  • Selamat siang,

    Kehamilan terjadi bila sperma berhasil membuahi ovum dan hasil pembuahan akan menempel pada dinding rahim. Masuknya sperma kedalam vagina dibantu dengan penetrasi penis kedalam vagina.

    Namun melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kontrasepsi tetap memiliki kemungkinan hamil. Dalam hal ini terjadi penetrasi penis kedalam vagina, namun sperma dikeluarkan diluar. Berikut penyebabnya:
    - Pada saat penetrasi penis di dalam vagina, penis mengeluarkan cairan precum, yaitu cairan bening dan kental yang berfungsi untuk melicinkan dinding saluran penis serta menetralisir asam sisa urin. Cairan precum ini mengandung sedikit sel sperma.
    - Pria tidak dapat mengendalikan diri untuk segera mengeluarkan penis pada saat akan mencapai ejakulasi. Terkadang saat di dalam telah terjadi sedikit ejakulasi sebelum mengeluarkan penis.

    Untuk mengetahui adanya kehamilan, dapat dilakukan tes kehamilan dengan test pack. Hormon kehamilan yaitu beta HCG terdeteksi paling cepat sekitar 7 hari setelah pembuahan.

    Bila hasil negatif, berarti Anda tidak hamil. Namun, untuk memastikannya Anda dapat mengulangi test pack seminggu kemudian. Selain itu untuk mengetahui adanya kehamilan dapat dilakukan dengan USG kandungan atau pemeriksaaan laboratorium yaitu kadar beta-HCG dalam darah.

    Keterlambatan haid yang tidak disebabkan oleh kehamilan, biasanya adalah gangguan hormonal yang dipicu oleh stres, depresi, penurunan berat badan secara drastis, obesitas, atau olahraga berlebihan. Selain itu dapat disebabkan oleh gangguan pada organ reproduksi, efek penggunaan kontrasepsi atau penggunaan obat-obatan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Sexual Health ?
Ask Doctor
Mengenal Penyakit Lupus Mengenal Penyakit Lupus Berat tubuh ideal adalah dambaan semua orang, ini adalah diet dengan hasil yang maksimal dengan waktu singkat. Army diet atau diet militer namanya. Cara Cepat Turunkan Berat Badan Dalam 3 Hari