Profile
Kanker

"berapa ukuran kista normal?"

ukuran kista yang normal berapa?

Answers

4 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Tidak ada ukuran kista yang normal.

  • Selamat malam,

    Berapapun ukurannya, kista adalah benjolan yang tidak normal.

  • siang dok,, apakah kista ovarium suatu saat dapat berubah menjadi penyakit yang lebih serius seperti Tumor atau Kanker??
    saya dinyatakan menderita Kista Ovarium dan kalo nyeri saya disarankan untuk minum Natrium Diklofenak,, yang mau saya tanyakan apakah itu obat yang tepat yang harus saya minum ketika rasa nyeri tersebut timbul??

  • Selamat siang,

    Pada umumnya, kebanyakan kista ovarium tidaklah bersifat kanker. Menurut penelitian, hanya sekitar 6 persen kista yang ditemukan pada ovarium adalah ganas dan memiliki sel kanker. Sehingga masih ada kemungkinan kista tersebut bersifat ganas.

    Ada beberapa jenis kista :
    1. Kista fungsional
    Kista yang berkaitan dengan menstruasi disebut kista fungsional dan terdapat pada sekitar 24 persen kasus. Pada umumnya, kista jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit dan akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan kemudian tanpa perawatan khusus.

    2. Kista jinak
    Kista jenis ini tidak berhubungan dengan siklus menstruasi. Tiap kista jinak berpotensi berkembang menjadi kanker ovarium. Oleh karena itu, umumnya diangkat melalui operasi atau dipantau secara berkala karena ada yang bisa hilang tanpa penanganan medis.

    3. Kista ganas
    Kista ini mengandung sel-sel kanker yang menyebabkan kanker ovarium. Pada umumnya, kista ganas terdiri dari kista jinak yang berubah menjadi ganas karena terlambat untuk diobati.

    Untuk menghilangkan nyeri, Anda dapat mengkonsumsi obat pereda rasa sakit dengan pantauan dokter. Konsultasikanlah keluhan Anda dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

    Penanganan kista ovarium bergantung pada jenis kista, ukuran kista, ada tidaknya gejala dan menopause . Berikut faktor yang dipertimbangkan perlu atau tidaknya pengangkatan kista:
    1. Ada atau tidak adanya gejala. Sekitar empat persen kasus kista akan menyebabkan gejala. Jika gejala terjadi, operasi pengangkatan akan dianjurkan.
    2. Ukuran dan kandungan kista. Kista yang berukuran besar dan yang diperkirakan mengandung sel abnormal perlu diangkat melalui operasi.
    3. Kista terjadi dalam masa menopause. Wanita yang telah mengalami menopause memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita kanker ovarium yang berkembang dari kista.

    Sebagai tambahan informasi, silahkan buka link berikut :
    http://meetdoctor.com/article/mengenali-ciri-ciri-penyakit-kista-ovarium

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kanker ?
Ask Doctor
Cara mengencangkan payudara secara alami? Wanita pasti menginginkan payudaranya berbentuk bagus dan sempurna. Simak caranya di sini. Tips Mengencangkan Payudara Kendur Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi