x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Berat badan pada bayi umur 21 bulan hanya 8 kg,
on 11 Apr 2013

Dok Anak saya umur 21 bulan tetapi berat badannya cuma 8 kg, apa penyebabnya ya dok? bagaimana cara agar anak saya berat badannya bisa normal, dan yang membuat saya bingung kalo di beri susu formula selalu teriak2 tidak mau. Bagaimana cara mengatasinya?

2 Answers

Dokter
Jakarta

Kekurangan berat badan (BB) adalah kekurangan berat dari badan ideal sesuai tinggi badan. Penyebabnya, kebanyakan karena pola pemberian makan yang salah pada masa bayi dan balita, serta penyakit penyertanya, seperti infeks saluran napas, dan gangguan psikologis.

Atasi dengan meningkatkan konsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang sesuai umur. Misalnya, tidak memberikan bubur atau buah pada bayi berumur di bawah 6 bulan. Berikan makanan dalam bentuk yang mudah dicerna, menarik, dan bervariasi.

Jika tidak suka minum susu, kemungkinan si anak diberi makanan yang keliru komposisinya. Misalnya, makanannya terlalu banyak manis-manis sehingga kadar glukosa darahnya sudah terkejar. Akibatnya, ia ogah minum susu dan bahkan, juga menolak kala disuruh makan. Lantaran ia merasa kenyang.

Makanan yang dianjurkan:
Tinggi kandungan gula, karbohidrat, lemak. Misalnya, pasta dicampur keju, dengan bayam dan tomat.
Kacang-kacangan: kacang tanah, almond, kacang mete, kacang polong.
Buah kering seprti kismin, pisang, jagung, kentang, ubi jalar, dan ketela pohon.

Makanan yang dihindari:
Tinggi kandungan energinya tapi “kosong” kalori, sehingga tidak dapat dimanfaatkan tubuh untuk bahan bakar. Contohnya, kerupuk.
Makanan gurih, karena akan menekan selera makan, sheingga anak akan menolak jenis-jenis makanan lainnya, termasuk sayuran dan buah yang lebih baik gizinya.

Terima kasih

Say Thanks
on 11 Apr 2013

terimakasih atas pertanyaannya utk anak usia 21 bln seharusnya berat badannya 10 kg,pola makannya harus porsi kecil tapi serig dan mengenyangkan,misalnya lontong,makaroni dan susu formula hanya pelengkap diganti dgn produk susu yg lain misalnya keju.suasana mkn juga mempengaruhi,dan ibu harus punya byk variasi menu

________________________________
Dari: MeetDoctor <>
Kepada:
Cc: ;

Say Thanks
on 11 Apr 2013
in partnership with